Articles

Kebiasaan Sepele ini Bisa Membuat Karier Meningkat

Sebagai seorang pekerja, tentunya Anda menginginkan kemajuan pada karier, bukan? Seiring bertambahnya jumlah kebutuhan dan keinginan, membuat Anda harus sesegera mungkin meningkatkan karier, agar gaji yang terima juga meningkat. Tidak sulit untuk meningkatkan karier, karena bisa hanya dari kebiasaan sehari-hari. Jadi, jangan anggap remeh kebiasaan sehari-hari karena sangat berpengaruh pada perkembangan karier Anda.

Jika Anda membiasakan diri bermalas-malasan, apakah wajar menginginkan gaji yang tinggi? Oleh karena itu, jangan anggap sepele kebiasaan sehari-hari dalam bekerja. Lalu kebiasaan sehari-hari apa saja yang bisa dengan cepat menaikkan karier Anda? Simak ulasan berikut ini :

Membuat Daftar Rencana Pekerjaan

Buatlah daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan hari itu, atau cara yang lebih mudahnya adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang belum diselesaikan pada hari sebelumnya. Sesampainya di kantor, Anda langsung tahu apa saja yang harus diselesaikan pada saat itu.

Dengan membuat daftar pekerjaan, Anda akan dengan mudah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Oleh karenanya, biasakanlah diri Anda untuk selalu membuat daftar rencana pekerjaan. Dengan begitu, karier Anda bisa lebih maju dengan cepat. Hal ini tidak lain karena Anda sudah dapat dipercaya perihal tanggung jawab akan tugas yang diberikan. Jadi, jangan malas membuat rencana kerja, ya?

Fokuslah pada Pekerjaan yang Jadi Tugas Anda

Ketika Anda mengerjakan suatu pekerjaan, maka fokuslah pada pekerjaan tersebut. Apalagi bagi yang tidak terbiasa dengan multi-tasking, pasti akan semakin sulit bagi Anda untuk mengatur aktivitas. Jangan terlalu bersemangat untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan sehingga terkesan terburu-buru. Tapi berkonsentrasilah pada setiap tahapan dan bagiannya. Lagipula tidak ada gunanya mengerjakan pekerjaan dengan sangat cepat namun dengan kualitas yang rendah, bukan?

Rajinlah Berdiskusi dengan Rekan kerja

Berdiskusi sangat penting dilakukan untuk kelangsungan karier Anda. Dengan berdiskusi, Anda akan mengetahui ide rekan kerja bahkan memungkinkan untuk saling bertukar pikiran guna menyelesaikan sebuah permasalahan. Apa yang Anda pikirkan bisa saja berbeda dengan yang ada di pikiran orang lain. Bahkan bisa jadi dia memikirkan sesuatu yang sama sekali belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Oleh karena itu, terbukalah dengan rekan kerja Anda, diskusi tentang ide baru atau mengenai permasalahan yang Anda hadapi. Rekan kerja tidak selalu merupakan saingan di tempat kerja, karena Anda juga memang harus bekerja dalam tim dengannya.

Pertimbangkan Waktu untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu haruslah dibiasakan. Jika tidak, Anda akan sering mengalami kesulitan memenuhi pekerjaan yang sudah menjadi tugas tepat waktu. Maka, buatlah batas waktu untuk Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Usahakan Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum batas waktu habis yang diberikan oleh atasan. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu lebih untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin ada. Semakin cepat Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka semakin terlihat antusias juga Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan begitu, citra Anda pun akan semakin baik di mata atasan, sehingga memungkinkan juga bagi karier untuk meningkat pesat.

Jangan Abaikan Waktu Beristirahat

Terus-terusan mengejar deadline tidak akan baik untuk hasil kinerja Anda. Justru, Anda akan bekerja seakan-akan tidak ada waktu tersisa, sehingga harus hari itu juga menyelesaikannya. Jangan terlalu menekan tenaga dan kemampuan Anda. Beristirahatlah selama 15 menit untuk mengembalikan minat dan semangat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Dengan begitu, pikiran Anda juga akan jauh lebih santai dan segar, sehingga ide-ide baru bisa muncul. Mata Anda yang lelah karena seharian memandang layar komputer juga bisa pulih kembali.

Lakukan Hal yang Baik untuk Karier Anda

Banyak orang yang menginginkan karier yang lebih baik namun tidak sejalan dengan perilakunya. Membiasakan diri bertindak sesuka hati terhadap pekerjaan bukanlah hal yang patut lakukan. Terlebih lagi jika memang menginginkan kenaikan pangkat. Fokuslah dan seriuslah akan semua pekerjaan yang dikerjakan saat ini. Jangan membuang-buang waktu dengan bersantai tak menentu. Namun bukan berarti juga Anda harus menyelesaikannya dengan terburu-buru. Santai tapi serius, begitulah kira-kira yang harus Anda lakukan.

Edited By : Zia Bicar


Sumber: https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/18/08/26/pe2hk1415-kebiasaan-sepele-ini-bisa-membuat-karier-meningkat


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 09/11/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1332
  • Available Position : 37910
  • Total Jobseekers : 391732
  • Total Employer : 11354