Articles

Cara agar Lancar Melewati Hari Pertama Kerja

Hari pertama selalu menjadi sesuatu yang tidak biasa, terutama jika ini berkaitan dengan momen-momen penting di dalam hidup Anda. Bukan hanya ketika akan memasuki sekolah saja, namun hari pertama bekerja juga kerap menjadi momen menegangkan. Kebanyakan orang bahkan memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan di hari pertama mereka bekerja. Perasaan gugup, tidak fokus atau bahkan tidak percaya diri kerap menjadi hal-hal yang sering dirasakan. Sementara di lain sisi, Anda tentu menginginkan kesan yang baik di lingkungan kerja dan rekan-rekan baru, bukan? Di hari pertama bekerja, penting untuk membuat segala sesuatunya berjalan dengan baik, sehingga Anda bisa tetap nyaman dan bisa menikmati hari tersebut dengan menyenangkan. Meski tidak selalu mudah, Anda tentu bisa saja menyiasati segala sesuatunya agar berjalan dengan baik dan lancar.

1. Persiapkan Diri Sehari Sebelum Masuk Kerja

Terburu-buru menjadi salah satu musibah yang sering mengacaukan hari, terutama di hari pertama Anda bekerja. Hindari kondisi seperti ini, sebab hal ini akan sangat berisiko membuat hari pertama menjadi tidak menyenangkan, bahkan berantakan. Siapkanlah segala sesuatunya dengan baik sejak sehari sebelumnya, sehingga Anda tidak akan menghadapi pagi yang kacau keesokan harinya.

Ada beberapa hal yang akan membutuhkan perhatian khusus, seperti pakaian, sepatu, tas kerja dan perlengkapan lainnya. Jika semua ini telah rapi dan siap digunakan, maka Anda bisa tidur dengan nyaman, bukan? Karena Anda sudah mempersiapkannya dan ini akan memudahkan keesokan harinya, ketika menuju kantor baru.

2. Berangkat Tepat Waktu dan Pilih Rute Terbaik

Langkah di atas juga akan membuat Anda berangkat tepat waktu karena segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik sebelumnya. Sehingga resiko terlambat bisa dihindari. Terlambat tiba di kantor pada hari pertama kerja adalah hal yang buruk, dan akan lebih baik tiba lebih awal dari jam masuk kantor. Pilih rute terbaik yang memungkinkan Anda tiba dengan cepat. Untuk itu, memahami rute perjalanan ke kantor menjadi hal penting lainnya yang tak bisa diabaikan, terutama jika Anda akan berangkat bekerja dengan menggunakan kendaraan umum. Jangan sampai terlambat tiba di kantor, hanya karena tersesat atau bahkan salah naik jurusan kendaraan.

3. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Tepat serta Nyaman

Pastikan Anda memiliki penampilan terbaik dan layak di hari pertama bekerja. Tidak harus selalu yang baru, Anda juga bisa tampil dengan pakaian dan sepatu lama yang tentunya masih layak untuk dikenakan bekerja. Selainitu, pertimbangkan juga kenyamanan Anda ketika mengenakan pakaian dan sepatu kerja Anda. Hal ini penting, mengingat Anda akan menjalani hari yang panjang dan mungkin melelahkan di hari pertama kerja Anda.

4. Jangan Lupa Sarapan dan Bawa Bekal Makan Siang

Mengingat ini hari pertama Anda bekerja, tentunya akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menghadapainya. Maka jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu agar bersemangat dan segar. Hindari kerepotan mencari kantin atau tempat makan lainnya di sekitar kantor. Selain beresiko membuang banyak waktu istirahat. Membawa bekal makan siang sendiri adalah pilihan terbaik di hari pertama bekerja.

5. Bersikap Ramah dan Nyaman pada Lingkungan Sekitar

Apapun kondisi lingkungan dan budaya kerja yang akan Anda hadapi, pastikan tetap besikap ramah kepada semua orang. Berikan senyuman termanis dan nikmati lingkungan kerja dengan senyaman mungkin. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah berbaur dan merasa tenang selama menjalani hari pertama di tempat kerja karena Anda memberikan kesan pertama yang hangat.

6. Fokus dan Cermati Setiap Arahan dari Atasan

Di hari pertama bekerja, penting untuk selalu fokus pada pekerjaan dan juga lingkungan sekitar. Dengarkan arahan yang diberikan atasan atau rekan kerja, agar Anda bisa melakukan berbagai tugas dengan baik dan lancar. Jika ada hal yang tidak Anda pahami, maka bertanya adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Hindari sikap sok tahu, cuek dan menggurui, sebab hal ini bisa membuat Anda tidak diterima dengan baik di lingkungan kerja tersebut.

7. Nikmati Hari Pertama Kerja dengan Menyenangkan

Hari pertama bekerja sering menjadi hal yang menegangkan bagi sebagian orang. Nah, bagi Anda yang baru akan merasakannya, pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal. Bersikap tenang dan fokus akan membuat Anda lebih siap untuk menikmati hari pertama bekerja yang menyenangkan dan nyaman.


Sumber: https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/18/08/26/pe2766415-cara-agar-lancar-melewati-hari-pertama-kerja


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 09/11/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1332
  • Available Position : 37871
  • Total Jobseekers : 391732
  • Total Employer : 11354