Articles

MENENTUKAN KARIR YANG TEPAT

Esther Widhi *)

Worrying is like a rocking chair, it gives you something to do, but it doesn't get you anywhere (Anonymus)

KENYATAAN DALAM DUNIA KARIR

Tahukah Anda bahwa jumlah pengangguran di negara ini untuk tahun 2009 diprediksi meningkat menjadi sekitar 16 juta orang?

Tahukah Anda bahwa terjadi trend penurunan mutu sumber daya manusia, dimana sekitar 60% tenaga kerja Indonesia didominasi oleh pekerja yang berpendidikan dasar ?

Tahukah Anda bahwa ada sekitar 44% dari mahasiswa BINUS yang akan lulus sebentar lagi namun belum menentukan akan bekerja apa kelak ? Artinya mereka ini masih dalam kebingungan yang cukup besar mau apa nanti setelah lulus.

Tahukah Anda, bahwa Anda pun bisa menjadi salah satu dari mereka seperti data di atas bila Anda tidak mempersiapkan karir Anda sejak sekarang ?

Pada kenyataannya profesi seseorang dalam pekerjaannya tidak selalu sesuai dengan cita-citanya. Selain itu pekerjaan seseorang pun juga tidak selalu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Malah ada kalanya antara pekerjaan seringkali bertentang dengan sekolah, cita-cita, atau bidang studi di perguruan tinggi.

Bila demikian kenyataannya, maka penting bagi Anda para calon tenaga kerja yang sekarang masih berkuliah untuk mempersiapkan diri dalam berkarir.

Untuk menentukan karir yang tepat ada 3 hal yang harus dilakukan :

  1. Kenali Area Karir
  2. Kenali Diri Sendiri
  3. Buatlah Perencanaan Karir

•  AREA KARIR

Tentukan area atau bidang karir yang Anda sukai dan Anda cukup kuasai untuk Anda geluti kelak. Seringkali para calon pekerja atau lulusan hanya memikirkan apa yang tidak disukainya atau yang tidak dikuasainya. Bukan berpikir pada apa yang disukainya dan dikuasainya.

Area karir dapat dibagi dalam 4 golongan besar, yaitu :

  1. Formal, biasanya bidang karir yang membutuhkan kapasitas interpersonal yang kuat dan kesukaan terhadap area bisnis. Contohnya : Banker, Sales & Marketing, Human Resource, dll
  2. Profesional Formal, biasanya bidang karir yang membutuhkan keahlian tertentu yang harus dipelajari lewat pendidikan formal, dan bahkan ada yang harus mengikuti ujian sertifikasi. Contohnya : Jurnalis, Psikolog, Pengacara, Akuntan, Programmer, dll
  3. Profesional Non Formal, biasanya bidang karir yang membutuhkan keterampilan khusus tanpa harus melewati pendidikan formal. Contohnya : Artis, Penari, MC, Entertainer, Event Organizer, dll
  4. Non Formal, yaitu Wirausaha. Bisa berupa usaha kecil dan menengah.

Tentukan pilihan Anda berdasarkan area karir yang Anda sukai dan kuasai. Bila masih bingung juga, berikut ini beragam lapangan pekerjaan, antara lain ( Career Guide, 2007) :

  1. Akuntansi
  2. Seni
  3. Banking & Finance
  4. Pertahanan (seperti Polisi dan Tentara)
  5. Pendidikan
  6. Engineering/Keteknikan
  7. Perencanaan Keuangan (seperti Asuransi)
  8. Food & Beverage (Bartender, Koki)
  9. Healthcare (dokter, dokter gigi, perawat)
  10. Hospitality (Pramugari, Front Officer di Hotel, Customer Service)
  11. IT & Telekomunikasi
  12. Media
  13. Layanan Umum (biasanya sebagai Pegawai Negeri)
  14. Layanan Sosial atau LSM
  15. Retail & Consumer Marketing
  16. Olahraga
  17. Pariwisata
  18. Property, Building, dan Constructive

II. KENALI DIRI SENDIRI

Penting sekali untuk mengenal diri sendiri ketika hendak memutuskan pilihan karir. Selain memilih karir berdasarkan kesukaan dan kemampuan Anda, pilihlah bidang karir yang juga sesuai dengan style kepribadian atau ciri khas/karakter Anda. Setidaknya ada 2 penggolongan kepribadian yang saat ini sering digunakan dalam penilaian diri, yaitu :

•  Ekstrovert . Orang tipikal ini cenderung mudah bertindak baru berpikir. Ciri-cirinya antara lain : mudah berinteraksi dengan orang lain termasuk dengan orang baru, komunikatif, ekspresif, dan impulsif. Bidang pekerjaan yang cukup sesuai dengan tipikal Ekstrovert antara lain : Sales & Marketing, bidang hospitality, Media, dan sebagainya.

•  Introvert . Orang tipikal ini cenderung berpikir dulu baru bertindak. Ciri-cirinya antara lain : pendiam, lebih senang menyendiri, senang menganalisa sesuatu, tidak suka keramaian, dan terencana. Bidang pekerjaan yang cukup sesuai dengan tipikal Introvert ini antara lain : Programmer, Akuntan, Peneliti dan bidang yang membutuhkan analisa, dan sebagainya.

Saat Anda mencoba mengenal diri Anda sendiri, cobalah untuk mencari tahu apa sebetulnya cita-cita atau harapan karir Anda, temukan kekuatan dan kelemahan diri, periksa kembali nilai-nilai seperti apa yang Anda pegang selama ini.

III. MEMBUAT PERENCANAAN KARIR

Para praktisi manajemen diri menganjurkan bahwa perburuan karir dimulai sepuluh tahun sebelum karir tersebut bisa diraih. Persiapan karir itu penting, gelar bukan berarti segala-galanya. Apa artinya gelar bila Anda tidak merencanakan karir ke depan dengan matang. Namun tetap tak bisa dipungkiri bahwa gelar juga punya peranan untuk menjalani masa depan.

Berikut ini tabel perencanaan karir yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan karir Anda.

AREA

PERLU DITAMBAH/DIPERBAIKI

CARANYA

KAPAN DILAKSANAKAN

Skill/Knowledge

(Mis : Bahasa Inggris)

(Mis : Kursus)

(Mis : Bulan Depan)

Karakter

(Mis : Tanggung jawab)

(Mis : Buat agenda kerja tugas)

(Mis : Minggu ini)

Relasi (Pertemanan/

Organisasi)

(Mis : Berinteraksi dengan orang-orang yang ahli komputer)

(Mis : Bergabung organisasi komputer di kampus)

(Mis : Semester ini)

 

CITA-CITA/AMBISI KARIR 5-10 TAHUN MENDATANG

(mis : Manager IT di Perusahaan Multinasional)

Isi terlebih dahulu kotak Cita-Cita/Ambisi Karir.... Baru setelah itu Anda isi tabel di atasnya. Dengan cara seperti ini diharapkan Anda bisa memikirkan dengan fokus dan realistis. Kemudian jangan lupa untuk diterapkan. Karena apalah artinya suatu perencanaan bila tidak disertai dengan kerja keras atau usaha.

Semoga Sukses !!

*) Penulis adalah Konsutan Karir BINUS Career

Konsultasi : esther@binus.edu

 

 

Uploaded By : Hans Daniel
Last Update : 22/08/2009

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 6086
  • Available Position : 28931
  • Total Jobseekers : 79041
  • Total Employer : 9788