Articles

Kesalahan Para Fresh Graduate Dalam Memilih Pekerjaan (Part 3)

Bekerja Pada Perusahaan yang Memiliki Kredibilitas Adalah Pilihan yang Paling Pas


Tidak hanya perusahaan saja yang berhak menyaring calon karyawan yang dianggap memiliki kredibilitas oke. Setiap pekerja juga memiliki hak yang sama untuk mencari tahu kredibilitas tempat ia bekerja kelak. Mencari informasi di internet atau bertanya pada orang yang masih atau pernah bekerja di sana adalah cara yang baik untuk melihat sejauh mana kredibilitas dari perusahaan tersebut. Dari proses mencari tahu ini kamu bisa menemukan cerita-cerita terkait perusahaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Cari tahu pula apakah perusahaan tersebut memiliki track record yang baik untuk urusan jaminan kesehatan, pembayaran gaji, perlakukan terhadap pekerja, serta hal lainnya. Mengetahui latarbelakang perusahaan dapat membantu kita mengenali lebih awal seperti apa karakteristik perusahaan tersebut.

Pekerjaan yang Baik Harus Punya Job Description yang Jelas, Sehingga Kamu Tahu Seperti Apa Tanggung Jawabmu Nantinya


Pembagian tugas kerja menjadi pertanyaan penting yang harus kamu tahu sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah perusahaan. Menanyakan hal ini pada saat wawancara kerja adalah sebuah hal yang wajar. Dengan menanyakan hal tersebut, kamu menjadi tahu kewajiban-kewajiban yang nantinya harus diemban dan mana bagian pekerjaan yang menjadi tanggung jawab orang lain. Ketika kamu sudah tahu mana kewajibanmu dan mana kewajiban orang lain, kamu bisa lebih fokus mengerjakan suatu hal dengan lebih baik.

Terakhir, Tanyakan Pada Dirimu Sendiri: Bahagiakah Kamu Dengan Rencana Bekerja di Sana?


Tidak ada pekerjaan yang menjanjikan kebahagiaan yang penuh kepada setiap pekerjanya. Setiap pekerjaan, apapun itu, pasti punya tantangan dan kesulitannya tersendiri. Namun perasaan senang yang kamu miliki akan membuatmu lebih tahan banting ketika diterpa tantangan dan kesulitan. Ketika kamu berniat bekerja pada sebuah perusahaan dan mengetahui segala tanggung jawab, kesulitan, dan resiko yang nantinya akan dihadapi cobalah jujur pada dirimu sendiri, sudahkah kamu siap dengan itu semua?

Sebagai seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, kita memang tidak boleh menjadi pribadi yang terlalu pemilih soal pekerjaan. Namun memilih dengan sembarangan juga bukan keputusan yang tepat. Bersikap selektif akan sangat berguna untuk pengembangan karir ke depannya.

Penulis:
Priscilla Silaen

Edited by:
Riblita Damayanti

Uploaded By : Aziz Rasyidin
Last Update : 22/04/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3748
  • Available Position : 40059
  • Total Jobseekers : 458589
  • Total Employer : 11556