Articles

Kesalahan Para Fresh Graduate Dalam Memilih Pekerjaan (Part 1)

Apakah kamu sudah memikirkan mengenai jenis pekerjaan yang kamu inginkan setelah lulus S-1 nanti? Atau kira-kira sudah terbayang belum sih calon perusahaan tempat kamu nanti akan bekerja? Untuk kalian yang awam mengenai dunia kerja, mungkin belum terbayang mengenai hal-hal tersebut. Mungkin kalian hanya akan berpikir

Kerja apa aja deh yang penting kerja
Teman-teman yang lain sudah kerja, masa gue gini-gini aja, yaudah gue kerja di perusahaan Z aja deh

Padahal, bersikap asal tembak dalam memilih pekerjaan tak akan membantumu membangun karir yang berkualitas. Demi masa depan, kamu juga harus bersikap selektif menentukan perusahaan mana yang sekiranya bisa berkontribusi positif pada karirmu nantinya. Nah bagi kamu fresh graduate yang masih bingung menentukan seperti apa sih kriteria perusahaan yang cocok dijadikan tempatmu bekerja nantinya, berikut ini akan diberikan panduan lengkapnya:

Jangan Percaya Kalau Orang Bilang Gaji Itu Nomor Dua. Penghasilanmu Tak Boleh di Bawah Standar Meski Tak Bisa Langsung Belasan Juta.


Sebelum mulai bergabung dengan sebuah perusahaan, carilah dulu berapa besar gaji yang akan kamu terima setiap bulannya. Lalu hitung pula perkiraan standar biaya hidup di kota tempatmu bekerja. UMR atau Upah Minimal Regional di kota itu bisa membantumu menentukan standar. Mengetahui nominal gaji yang akan diterima dan kemudian membandingkan dengan biaya hidup yang dibutuhkan membantu kamu menyeleksi perusahaan mana saja yang kira-kira bisa memberi penghidupan yang layak pada karyawannya. Jangan karena baru bergelar fresh graduate, kamu merelakan diri untuk hidup dengan gaji di bawah standar. Tujuan dari bekerja adalah supaya kamu bisa mandiri. Kalau gajimu yang kecil memaksamu untuk masih minta orangtua, apa bedanya hidupmu sebagai karyawan dengan hidupmu sebagai mahasiswa?

Selanjutnya, Cari Perusahaan yang Memberikan Jam Kerja dan Waktu Istirahat Secara Berimbang. Kamu Terlalu Muda Untuk Jadi Kacung Perusahaan


Ketika sudah merasa tertarik dengan sebuah pekerjaan, hal selanjutnya yang perlu kamu saring lebih jauh adalah bagaimana sistem kerja yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Cari tahu tentang pengaturan waktu istirahat, lembur, shift, dan lain sebagainya. Menurut UU Tenaga kerja, waktu kerja seseorang perharinya berkisar antara 7-8 jam. Jika melebihi dari waktu yang ditetapkan, seorang karyawan berhak menerima upah lembur. Pengaturan waktu kerja di sini tentu dibuat dengan tujuan untuk menjaga keselarasan antara waktu yang dibutuhkan untuk istirahat dan bekerja. Pasalnya perusahaan tidak diizinkan untuk melakukan eksploitasi berlebihan kepada karyawannya. Ada aturan-aturan ketenagakerjaan yang wajib dipatuhi. Mengetahui jam kerja dari sebuah perusahaan membantu kamu memahami seperti apa cara kerja di calon perusahaanmu kelak. Idealnya perusahaan yang baik akan mengatur waktu kerja sesuai dengan UU tenaga kerja yang berlaku.

Gunakan Insting Untuk Mendeteksi Seperti Apa Suasana Kerjamu Nanti. Tes Wawancara Adalah Saat yang Tepat Untuk Mengendus Segalanya.


Suasana kerja yang kondusif akan memberikan kontribusi positif bagi karyawan yang bekerja di sana. Seseorang yang merasa tertekan karena atmosfer pekerjaan akan menjadi kurang produktif. Sebaliknya, suasana bekerja yang menyenangkan akan membantu karyawan mencapai target yang ditetapkan.
Nah: untuk bisa mengetahui seperti apa suasana kantormu nantinya cobalah cari tahu dari orang-orang yang pernah bekerja di sana. Jika tidak memiliki teman yang berpengalaman, jadikan saat tes wawancara untuk mendeteksi segalanya. Pertanyaan seputar suasana kerja, cara orang-orang di kantor itu berinteraksi secara umum, dan lain sebagainya dapat menjadi referensi tambahan yang akan membantumu memutuskan akan bergabung atau tidak dengan perusahaan tersebut nantinya.

Penulis:
Priscilla Silaen

Edited by:
Riblita Damayanti

Uploaded By : Aziz Rasyidin
Last Update : 14/04/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3748
  • Available Position : 40059
  • Total Jobseekers : 458589
  • Total Employer : 11557