Articles

CV dan Portofolio, Apa Perbedaannya?

Portfolio adalah kompilasi beberapa material yang menggambarkan kepercayaan, skill, kualifikasi, pendidikan, training, dan pengalaman yang dimiliki seseorang. Adapun portfolio akan membantu seseorang menjelaskan dirinya sendiri secara lebih jelas ketika menjalani sebuah interview. Individu akan mampu mengidentifikasi dengan mudah skill yang dimiliki, yang didapatkan melalui berbagai pengalaman dan bagaimana pengalaman tersebut akan berhubungan dengan karir yang sedang individu tersebut inginkan. Sangat penting bagi seseorang menuliskan pengalaman dengan format yang mudah dipahami, sehingga interviewer dapat menangkap pengalaman yang dimiliki orang tersebut dengan tepat dan mudah.

Sekilas, kita dapat melihat bahwa baik itu portfolio dan cv (curiculum vitae) memiliki persamaan, yaitu sama-sama digunakan untuk menjelaskan skill dan kemampuan yang pembuatannya sendiri ditujukan untuk melamar suatu pekerjaan. Namun, pada nyatanya, CV dan Portfolio adalah dua hal yang berbeda. Lalu apa sajakah perbedaan antara keduanya? Berikut di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara CV dan Portfolio:

1. Informasi yang diberikan

Pada CV, informasi yang diberikan lebih kepada informasi pribadi secara lengkap dan mendetail. Sedangkan, pada portfolio mayoritas informasi yang diberikan adalah mengenai karya yang sudah pernah dibuat. Dalam portfolio, sering juga dicantumkan testimoni dari atasan atau klien sebelumnya. Contohnya saja: ketika kalian melamar sebagai seorang fotografer, pada CV biasanya hanya mencantumkan biodata, pendidikan, dan pengalaman kerja. Sedangkan, ketika kalian membuat protfolio, kalian juga harus mencantumkan contoh-contoh foto yang pernah kalian ambil pada projek yang pernah dikerjakan.

2. Kelengkapan data

Selanjutnya, perbedaan yang ada antara CV dan Portfolio adalah mengenai kelengkapan data. Pada CV, kalian diharapkan memaparkan informasi selengkap-lengkapnya, namun juga seringkas-ringkasnya. Tuliskanlah informasi-informasi yang paling penting untuk diketahui oleh recruiter dalam CV yang kalian buat. Sedangkan, untuk portfolio, kalian diperbolehkan menjelaskan dengan sangat detail karya yang pernah dibuat. Dari portfolio termasuk, kalian diharapkan mampu menunjukkan karakter serta talenta yang kalian miliki. Selain itu, isi portfolio yang kalian buat harus sejalan dengan posisi yang dilamar. Ketika kalian melamar untuk posisi fotografer, hasil foto kalian lah yang dicantumkan, sedangkan ketika kalian melamar untuk posisi penulis, contoh-contoh tulisan kalian lah yang harus dicantumkan.

3. Pemberian bukti

Baik untuk CV beserta portfolio, keduanya merupakan alat yang digunakan untuk memberi bukti. Adapun perbedaannya adalah, pada CV bukti yang diberikan berupa data pribadi yang bersifat khusus, seperti biodata, riwayat pendidikan, ataupun riwayat pekerjaan. Sedangkan portfolio, merupakan alat untuk membuktikan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Pada portfolio, kalian akan menampilkan karya yang sudah pernah kalian kerjakan sehingga calon klien/perusahaan mengetahui keterampilan ataupun kapasitas yang kalian miliki. Karya yang kalian lampirkan pada portfolio juga harus relevan dengan posisi yang dilamar.

4. Umum dan Spesifik

Perbedaan menonjol yang ada pada CV dibandingkan dengan portfolio adalah sifat dari data yang diberikan. Pada CV, data-data yang diberikan bersifat umum. Oleh karena itu, segala kegiatan, pengalaman akademik, serta non-akademik dapat kalian cantumkan pada CV. CV tersebut juga dapat digunakan berkali-kali pada berbagai perusahaan saat kalian melamar pekerjaan. Sedangkan pada portfolio, data atau hal yang kalian cantumkan bersifat spesifik, sesuai dengan posisi yang kalian lamar. Contohnya ketika melamar sebagai fashion designer, karya yang kalian cantumkan hanyalah design pakaian yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Seperti yang telah disampaikan pada poin c, yang terpenting pada portfolio adalah untuk hanya mencantumkan data yang bersifat relevan dengan posisi yang dilamar.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian telah mengetahui perbedaan antara CV dan portfolio. Hal ini diharapkan dapat membantu kalian untuk mendapatkan posisi yang kalian inginkan kelak. Buatlah portfolio sebagai pelengkap CV kalian ketika pekerjaan yang kalian lamar membutuhkan bukti khusus akan karya yang kalian pernah buat.


Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog


Sumber:
Aditya, G. (2019, Juni 25). Jendela360. Retrieved from https://jendela360.com/info/perbedaan-cv-dan-portofolio/

Clarke University. (n.d.). What is a Portfolio? Retrieved from Clarke University: https://www.clarke.edu/academics/careers-internships/student-checklist/resume-writing-and-portfolios/what-is-a-portfolio/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/11/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4022
  • Available Position : 40315
  • Total Jobseekers : 472626
  • Total Employer : 11647