Articles

Mengenal Lebih Dekat FGD (Forum Group Discussion)

Saat mengikuti seleksi beasiswa ataupun kerja, seringkali seseorang harus berhadapan dengan sebuah proses yang bernama Forum Group Discussion (FGD). FGD merupakan proses eksplorasi dan diskusi kelompok mengenai suatu isu atau fenomena untuk mendapatkan kesepakatan bersama. Proses FGD biasanya terdiri dari 4-10 anggota kelompok di dalamnya. Dalam pelaksanaannya, FGD akan dipandu oleh seorang fasilitator yang bertugas mengarahkan diskusi sehingga arah diskusi tidak keluar dari topik yang dituju. Selain itu, fasilitator juga akan menilai performa kalian selama proses FGD berlangsung.

Saat menjalani FGD, kalian tentunya ingin dapat memberikan impresi yang baik pada fasilitator. Sangat penting untuk menjadi menjadi aktif, namun tidak terkesan terlalu mendominasi. Untuk lebih memudahkan, berikut ini adalah beberapa tips ketika kalian melakukan proses FGD:

1. Jangan ragu mengemukakan pendapat

Saat berhadapan dengan orang-orang baru, tentu terdapat perasaan segan untuk mengutarakan pendapat. Namun, hal tersebut lah yang harus kalian hindari. Saat menjalani proses FGD, sangat penting bagimu untuk berani mengemukakan pendapat. Hal yang terpenting adalah kalian memiliki pendapat yang disertai dengan alasan yang kuat. Saat kalian dapat mengutarakan pendapat dengan baik dalam FGD, hal ini pun menunjukkan bahwa kalian adalah pribadi yang adaptif karena memiliki performansi yang baik meskipun berada dengan orang-orang baru sekalipun.

2. Hargai ketika orang lain berpendapat

Hal yang harus dihindari saat melakukan proses FGD adalah memotong dan secara terang-terangan mengatakan bahwa pendapat yang dimiliki oleh orang lain buruk. Apabila kalian memiliki pendapat yang berbeda, sebaiknya tetap apresiasi pendapat rekan anda, lalu disertakan dengan solusi yang anda miliki. Kalian pun bisa menyertakan pendapat dengan menyertakan dampak yang akan terjadi berdasarkan solusi yang kalian tawarkan.

3. Inisiatif

Salah satu indikator yang paling dilihat dalam FGD adalah inisiatif yang dimiliki seseorang. Poin inisiatif bisa didapatkan dengan secara sukarela membuka diskusi atau tidak ragu untuk menyatakan pendapat sebelum diminta secara langsung oleh fasilitator atau rekan kelompok lainnya. Selain itu, kalian juga juga bisa menanyakan pendapat anggota kelompok yang terlihat pasif setelah kalian selesai menyatakan pendapat. Selain memperlihatkan inisiatif yang tinggi, hal ini juga menandakan bahwa kalian pribadi yang peduli dan peka terhadap sekitar.

4. Tulis secara singkat, padat, dan jelas mengenai permasalahan beserta solusinya

Saat kalian mendapatkan kasus untuk didiskusikan pada FGD, tulislah poin-poin penting mengenai kasus tersebut pada secarik kertas disertai dengan poin-poin solusi yang kalian miliki atas kasus tersebut. Dengan melakukannya, kalian dapat menjaga sehingga topik pembicaraan yang diutarakan dalam diskusi tetap sesuai dengan topik yang ditentukan. Apabila kalian berperan sebagai pembuka diskusi, hal ini juga dapat memudahkan kalian ketika menyimpulkan hasil diskusi di akhir FGD.

5. Jangan Terlalu Cepat Setuju dengan Pendapat Orang Lain

Salah satu tujuan dari diadakannya FGD adalah untuk mengetahui kemampuan penyelesaian masalah serta kemampuan berkomunikasi. Saat kalian terlalu cepat menyetujui pendapat yang dimiliki orang lain, hal ini akan membuat fasilitator sulit untuk menilai performa kalian. Ketika kalian memang merasa pendapat yang dimiliki orang lain adalah pendapat yang bagus, kalian bisa menambahkan pendapat tersebut dengan pendapat kalian sendiri. Contoh pernyataan: “Saya setuju dengan pernyataan yang diberikan oleh Saudara ......., namun alangkah baiknya jika ditambahkan.....” atau jika solusi yang diberikan seseorang sudah lengkap anda bisa turut menambah alasan dari pemilihan solusi tersebut.

6. Ingatkan selalu mengenai waktu untuk diskusi

Saat memulai proses FGD alangkah baiknya kita menginfokan kembali waktu yang ada untuk berdiskusi. Setelah proses diskusi berjalan, saat waktu yang tersedia tinggal sedikit, jangan ragu untuk kembali mengingatkan rekan kalian. Hal ini ditujukan agar saat waktu habis kelompok telah berhasil menyimpulkan solusi dari kasus yang diberikan.

Dengan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa terdapat enam tips untuk dapat menjalani proses FGD dengan baik. Keenam hal tersebut adalah berani mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain, berinisiatif tinggi, tulis poin penting permasalahan dan solusi, tidak cepat setuju dengan pendapat orang lain, dan terus memonitor waktu yang tersisa untuk proses FGD. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah untuk memiliki istirahat yang cukup dan berdoa selum proses FGD tersebut dimulai. Semoga sukses!


Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog


Sumber:
Kitzinger, J. (1994). The methodology of focus group interviews: the importance of interaction between research participants. Sociology of Health and Illness, 16, 103-121.

Tips Kerja. (n.d.). Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD (Focus Group Discussion). Retrieved from Tips Kerja: https://www.tipskerja.com/bocoran-tips-dan-trik-cara-lolos-menghadapi-tes-fgd-focus-group-discussion/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/11/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4022
  • Available Position : 40315
  • Total Jobseekers : 472626
  • Total Employer : 11647