Articles

Softskill yang Paling Penting untuk Dimiliki Mahasiswa

Menjadi sukses, baik itu pada bidang akademik saat menjalani masa perkuliahan hingga sukses dalam pekerjaan di masa depan adalah hal wajar untuk dimiliki oleh mahasiswa. Sekilas, kesuksesan dalam bidang akademik mungkin terlihat hanya dapat dicapai oleh individu yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi. Namun, sebenarnya untuk menjadi sukses terdapat faktor lain yang tidak kalah penting, yaitu softskill.

Softskill merupakan karakteristik, sikap, dan tingkah laku yang dimiliki oleh seseorang. Atribut-atribut ini dapat membantu seseorang mengatasi kesulitan, beradaptasi dengan lingkungan baru, hingga mengembangkan hubungan sosial hangat dengan orang di sekitarnya. Pada akhirnya, softskill yang baik diyakini dapat menunjang kesuksesan mahasiswa di bangku perkuliahan yang kemudian dapat bermanfaat saat mahasiswa tersebut memasuki dunia kerja. Lalu, apa sajakah softskill yang paling penting untuk dimiliki oleh mahasiswa? Berikut di bawah ini adalah 9 macam softskill tersebut:

1. Motivasi dan Komitmen

Individu yang memiliki motivasi tinggi memiliki semangat untuk belajar, yang terlihat dari sikap positif dan kerja keras selama menjalani proses pembelajaran di kelas. Mahasiswa yang memiliki motivasi dan komitmen tinggi memiliki disiplin yang dibutuhkan untuk mencapai sukses, serta menunjukan inisiatif dengan seringkali melakukan hal melebihi kewajiban yang diminta oleh pihak dosen (contoh: mempelajari materi yang belum ditugaskan).

2. Antusiasme

Individu yang memiliki antusiasme tinggi mengerti bahwa apa yang mereka pelajari saat ini dapat bermanfaat di masa depan, baik itu saat melanjutkan ke jenjang master, ataupun untuk pekerjaan mereka kelak. Antusiasme pun terlihat saat mereka menanyakan pertanyaan di kelas, hingga mencari sumber lain di luar kelas sehingga lebih mengerti apa yang telah dipelajari sebelumnya.

3. Ambisi & Tujuan

Individu yang memiliki ambisi dan tujuan yang jelas akan merencanakan langkah yang harus diambil untuk mencapai cita-citanya di masa depan. Mereka paham bahwa outcome yang paling penting didapatkan saat mereka menyelesaikan perkuliahan bukanlah gelar, namun segala ilmu yang didapatkan untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Mahasiswa juga akan secara berhati-hati memilih kelas ataupun organisasi di perkuliahan karena mereka ingin apa yang mereka lakukan benar-benar menunjang cita-citanya.

4. Talenta

Masing-masing individu memiliki talentanya masing-masing. Namun, hal yang paling penting selain memiliki talenta tersebut adalah untuk sepenuhnya mengenali talenta dan menggunakannya secara maksimal untuk mencapai tujuan yang dimiliki.

5. Kehadiran

Individu yang berusaha untuk hadir di mayoritas kegiatan atau kelas memberikan kesan bahwa mereka berkomitmen untuk belajar dan tertarik kepada apa yang sedang mereka pelajari. Kehadiran yang penuh juga membuat seseorang tidak tertinggal informasi penting serta memberi mereka kesempatan lebih banyak untuk mengembangkan hubungan yang baik dengan teman bahkan dosennya di kelas.

6. Persiapan

Softskill berikutnya yang sangat penting untuk dimiliki mahasiswa adalah persiapan. Artinya, individu terbiasa mengerjakan sesuatu hingga tuntas, akurat, dan teliti. Setiap kali akan mengikuti sebuah kelas, mereka juga terbiasa mengecek terlebih dahulu materi yang akan mereka pelajari sehingga lebih siap mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.

7. Kemampuan interpersonal

Kemampuan interpersonal yang baik adalah softskill yang sangat penting untuk dimiliki siapapun, tidak terkecuali mahasiswa. Individu dengan kemampuan interpersonal yang baik bersikap ramah, optimis, dan kooperatif saat berinteraksi dengan orang lain.

8. Kemampuan berpikir

Kemampuan berpikir yang baik memungkinkan seseorang menghubungkan pengalaman di masa lalu untuk membantu seseorang menyelesaikan permasalahan yang ditemui saat ini. Individu dengan kemampuan berpikir yang baik juga mau untuk belajar cara berpikir kritis (contohnya untuk menggabungkan, memakai, menganalisis, serta mengevaluasi informasi yang mereka dapatkan). Mereka mengerti bahwa skill ini sangat sangat penting untuk menunjang kesuksesan di bidang akademik hingga pencapaian di masa depan.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat melihat bagaimana softskil-softskill tersebut sangat penting untuk dikembangkan karena dapat menunjang seseorang dalam mencapai apa yang diinginkan. Bagi mahasiswa sendiri, seluruh softskill di atas dapat membantu mereka untuk mencapai prestasi akademik yang baik. Selanjutnya, individu yang memiliki motivasi yang tinggi, antusias, berkomitmen tinggi, memiliki tujuan yang jelas, dan mampu menggunakan talentanya dengan maksimal merupakan individu yang juga dicari dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu, apabila kalian ingin sukses dalam dunia akademik dan juga ingin mendapatkan pekerjaan yang baik di masa depan, mulailah berlatih untuk mengembangkan softskill yang telah dijelaskan di atas.


Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog


Sumber:
Drew C. Appleby, P. (2017, September). The soft skills college students need to succeed now and in the future. Retrieved from American Psychological Association: https://www.apa.org/ed/precollege/psn/2017/09/soft-skills

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/11/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4022
  • Available Position : 40315
  • Total Jobseekers : 472626
  • Total Employer : 11647