Articles

Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa memberikan kamu berbagai tanggung jawab, baik itu untuk tugas dari mata kuliah hingga organisasi. Belum lagi,apabila kamu memiliki hobi ataupun pekerjaan sampingan di luar kegiatan perkuliahan yang juga membutuhkan waktu untuk melakukannya. Apabila kamu tidak memiliki manajemen waktu yang baik, kamu harus siap untuk menghadapi hari tanpa tidur, penyelesaian tugas yang tidak maksimal, hingga tidak mampu mengumpulkan tugas pada waktu yang telah ditentukan. Penelitian yang dilakukan oleh Nasrullah & Khan pada tahun 2015 juga membuktikan bahwa manajemen waktu pada mahasiswa bisa berpengaruh pada level stres karena berhubungan dengan proses penyelesaian tugas dan achievement yang ingin mereka capai.

Berdasarkan ilustrasi di atas, kita bisa mengetahui bahwa manajemen waktu yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan di masa perkuliahan. Manajemen waktu yang baik, memberikan kamu kesempatan untuk mengerjakan tugas secara bertahap, menghindari deadline tugas menumpuk, dan mengatasi stress yang dapat ditimbulkan oleh beban perkuliahan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips manajemen waktu untuk mahasiswa:

1. Rencanakan dari jauh hari dan tentukan prioritas

Merencanakan secara matang kegiatanmu dapat menghindarkan kamu dari kelalaian mengerjakan tugas. Rencanakanlah dari jauh hari langkah yang akan kamu lakukan dalam penyelesaian tugas tersebut. Selain itu, kamu juga harus membuat daftar prioritas dari tugasmu. Berarti, kamu harus dapat menentukan manakah tugas/hal yang paling penting untuk dikerjakan terlebih dahulu dan mana tugas/hal yang dapat ditunda untuk dikerjakan. Contohnya: ketika kamu memiliki deadline membuat essay dalam tiga minggu dan presentasi dalam satu minggu, pilihlah untuk mengerjakan presentasi tersebut terlebih dahulu.

2. Buatlah checklist

Membuat list kegiatan dan tugas dari setiap kelas yang diikuti dapat menolongmu untuk mengingat segala hal yang perlu untuk diselesaikan. Memberikan warna pada tugas-tugas yang lebih utama untuk dikerjakan terlebih dahulu juga dapat membantumu mengingat manakah tugas yang menjadi prioritasmu.

3. Selesaikan tugas yang mudah secara langsung

Apabila kamu memiliki suatu tugas yang mudah dalam penyelesaiannya, kerjakanlah secara langsung, jangan ditunda. Hal ini menghindarkan kamu dari distraksi ketika sedang mengerjakan tugas yang lebih sulit.

4. Ketika menghadapi tugas yang sulit/membosankan, bagi tugas tersebut ke dalam beberapa bagian

Seringkali, ketika kita menghadapi sesuatu yang sulit atau membosankan, di awal kita menghadapi tugas kita sudah merasa lelah atau malas karena membayangkan betapa sulitnya menyelesaikan tugas tersebut. Tips untuk menanggulangi hal ini adalah dengan membagi tugas tersebut ke beberapa bagian yang lebih kecil dan selesaikan bagian-bagian tersebut satu persatu. Dengan menjalankan hal ini, kamu menjadi merasa bahwa tugasmu lebih ringan dan akan lebih mudah untuk menyelesaikannya.

5. Hindari menunda pekerjaan

Banyak orang memiliki kebiasaan menunda-nunda. Padahal, menunda suatu pekerjaan akan membuat pekerjaan kita semakin menumpuk dan akan semakin berat untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, segeralah menyelesaikan pekerjaan yang kamu miliki.

6. Carilah waktu luang untuk bersantai sejenak

Buatlah waktu khusus untuk beristirahat sejenak, baik itu untuk bermain bersama teman, menjalankan hobi, atau benar-benar beristirahat di rumah. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindarkan dirimu dari stress, terutama ketika sedang memiliki banyak tugas kuliah. Namun, hal ini harus dilakukan dengan tetap memperhatikan waktu sehingga tidak mengganggu kegiatan lainnya.

Itulah beberapa tips manajemen waktu bagi mahasiswa. Kesimpulannya, cobalah sebisa mungkin untuk mengatur waktumu secara lebih baik, yang dapat dimulai dengan melakukan tips-tips di atas. Dengan melakukan tips sederhana tersebut, diharapkan kamu dapat mengerjakan tugas lebih baik karena tidak terburu-buru. Selain itu tips di atas juga diharapkan dapat menghindarkan kamu dari stres yang dapat timbul karena menghadapi tugas yang sangat banyak dalam waktu yang bersamaan, karena tidak terlebih dahulu merencanakan dengan baik. Selamat mengatur waktu dengan lebih baik!


Penulis: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog


Sumber:
Nasrullah, S., & Khan, M. S. (2015) The Impact of Time Management on Students’ Academic. Journal of Literature, Languages and Linguistics.

https://ruangmahasiswa.com/tips/tips-manajemen-waktu-untuk-mahasiswa/ diakses pada 17 September 2019 pukul 14.45 WIB

http://www.ucd.ie/artspgs/studyskills/time.pdf diakses pada 17 September 2019 pukul 10.00 WIB

https://www.rasmussen.edu/student-experience/college-life/time-management-tips-college/ diakses pada diakses pada 17 September 2019 pukul 15.00 WIB

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/11/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4022
  • Available Position : 40315
  • Total Jobseekers : 472626
  • Total Employer : 11647