Articles

Mengembangkan Kemampuan Public Speaking, Bagaimana Caranya?

Public speaking merupakan suatu bentuk presentasi formal yang dilakukan oleh speaker kepada audiens. Sederhananya, public speaking adalah salah satu bentuk komunikasi manusia. Dengan konsep tersebut, dapat dikatakan bahwa kemampuan public speaking yang baik akan membuat orang tersebut mampu berkomunikasi secara efektif di setting lainnya. Oleh karena itu, pengembangan pada kepercayaan diri, pola intonasi, style berbicara, dan aspek-aspek komunikasi lainnya dapat menghasilkan perubahan positif pada profesionalisme dan kepribadian seseorang.

Banyak orang yang takut untuk berbicara didepan umum dengan ketakutan apa yang disampaikan tidak menarik sehingga membuat audiens bosan. Dengan adanya ketakutan tersebut, justru kita harus mengetahui kunci presentasi yang menarik. Dalam jurnalnya yang berjudul ‘How to be an Autenthic Speaker’, Morgan menyatakan bahwa untuk menjadi speaker yang baik, speaker harus terlebih dahulu memiliki kemauan untuk terbuka dengan audiens dan connect dengan audiens, passionate dengan topik yang dibawakan, dan turut mendengar pendapat dari audiens.

Keempat poin tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya presentasi merupakan komunikasi dua arah, selain speaker yang menyampaikan sesuatu pada audiens, speaker juga harus memberikan kesempatan bagi audiens untuk menyampaikan pendapat ataupun bertanya. Komunikasi yang hanya terjadi satu arah akan membuat audiens cepat merasa bosan sehingga presentasi tidak dapat berjalan secara kondusif. Speaker juga harus passionate dan telah menguasai materi yang disampaikan dengan baik. Selain keempat tips tersebut, terdapat pula pendapat dari Kushner yang menyatakan alangkah baiknya speaker menetapkan goal yang ingin dicapai di akhir presentasi, baik itu goal speaker dan goal dari audiens. Hal ini akan membantu audiens memahami garis besar dari presentasi serta mengetahui dengan jelas apa saja yang dapat diharapkan dari presentasi yang sedang berlangsung tersebut.

Seorang pakar komunikasi, Marjorie North mengatakan bahwa terdapat 10 tips yang dapat meningkatkan kemampuan public speaking seseorang:

1. Merasa nervous saat akan presentasi adalah hal yang normal

Semua orang merasakan kecemasan dan sensasi tubuh seperti jantung yang berdebar dan tangan yang bergetar. Hal yang harus kalian ketahui adalah itu merupakan hal yang wajar. Bahkan orang yang sudah profesional sekalipun merasa cemas saat akan tampil di depan umum. Merasakan dan mengalami hal ini bukanlah pertanda bahwa kalian akan berpenampilan buruk. Hal ini justru dapat menyebabkan kalian lebih terpacu untuk melakukan yang terbaik. Adapun langkah yang harus kalian lakukan adalah teruslah berlatih dan mempersiapkan presentasi sebaik mungkin sehingga kalian semakin nyaman dengan materi yang akan kalian sampaikan.

2. Persiapkan materi presentasi se-efektif mungkin

Buatlah garis besar hal yang ingin kalian sampaikan. Tuliskan topik, tujuan umum, tujuan spesifik, inti ide, serta poin utama dari presentasi kalian. Pastikan kalian berhasil menarik perhatian di awal presentasi dilakukan.

3. Ketahuilah audiens yang akan dihadapi

Saat sedang mempersiapkan presentasimu, ketahui secara jelas karakteristik audiens yang akan kalian hadapi. Hal ini akan menolong kalian untuk memilih kata-kata serta informasi yang akan kalian berikan.

4. Perlihatkan kepribadianmu saat proses presentasi

Jadilah diri sendiri. Kredibilitas akan meningkat dengan menunjukkan diri kalian sendiri dan audiens akan lebih mempercayai apa yang kalian katakan ketika mereka melihat diri kalian yang sebenarnya.

5. Perhatikan feedback yang diberikan dan atasi hal itu

Saat melakukan presentasi, kalian harus selalu peka akan reaksi yang diberikan oleh audiens. Melalui reaksi audiens tersebut, kalian dapat mengetahui preferensi penyampaian materi yang disukai audiens ataupun bagian materi manakah yang paling membuat audiens terlihat antusias. Sebagai speaker kalian diharapkan fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan situasi yang kalian temui di lapangan.

6. Usahakan tidak terpaku pada teks. Buatlah poin-poin penting saja dalam slide presentasi

Saat kalian terlalu terpaku pada teks, hal ini akan menghambat koneksi dengan audiens. Seperti terlebih dahulu dikatakan di atas, seorang speaker harus peka pada reaksi yang diberikan oleh audiens dan menyesuaikan dari hal tersebut. Ketika kalian terlalu terpaku dengan teks, kalian akan kesulitan untuk peka pada apa yang tejadi pada audiens. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk benar-benar memahami materi yang akan kalian sampaikan. Adapun slide presentasi hanyalah berisi poin-poin yang membantu alur kalian dalam menyampaikan materi.

7. Gunakan intonasi bicara dan gestur tangan secara efektif

Komunikasi non-verbal (contoh: gestur tangan) akan menarik perhatian audiens saat kalian menyampaikan suatu materi. Selain gestur, penting pula kalian memperhatikan intonasi bicara kalian. Adapun yang harus dihindari adalah menggunakan intonasi bicara yang sama terus menerus. Hal ini akan membuat audiens cepat merasa bosan.

8. Gunakan humor, cerita, dan bahasa yang mudah dimengerti

Memasukkan humor dalam presentasi dapat menarik perhatian audiens. Selain itu, cerita pribadi yang berhubungan dengan materi yang disampaikan juga bisa membuat audiens merasa connect dengan speaker. Dalam penyampaiannya, jangan lupa gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh audiens.

9. Dapatkan perhatian audiens dari awal dan tutup dengan akhir yang dinamis

Untuk menarik perhatian audiens sejak awal, kalian bisa mengutarakan fakta menarik atau kasus terbaru yang berhubungan dengan materi yang ingin kalian sampaikan. Untuk penutup, sampaikanlah kesimpulan dan statement yang kuat sehingga dapat diingat dengan mudah oleh audiens.

10. Gunakan sumber audiovisual secara bijaksana

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian telah mengetahui 10 Tips untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Untuk menjadi public speaker yang baik, tidak bisa dicapai dalam sekejap sehingga kalian harus terus berlatih, melakukan evaluasi akan performansi, dan memperbaikinya di kesempatan berikutnya. Teruslah berlatih hingga pada akhirnya kalian akan semakin nyaman dan mampu berbicara di depan umum dengan baik.


Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog


Sumber:
Morgan, N. (2008). How to become an authentic speaker. Harvard Bussiness Review, 115-119.

North, M. (2019). 10 Tips for Improving Your Public Speaking Skills. Retrieved from Harvard Division of Continuing Education: https://www.extension.harvard.edu/professional-development/blog/10-tips-improving-your-public-speaking-skills

Raja, F. U. (2017). Anxiety Level in Students of Public Speaking: Causes and Remedies. Journal of Education and Educational Development.

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/11/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4022
  • Available Position : 40315
  • Total Jobseekers : 472626
  • Total Employer : 11647