Articles

Tips Menyelesaikan Skripsi Lebih Cepat

Skripsi seringkali menjadi sesuatu yang menakutkan bagi mahasiswa. Tidak jarang mahasiswa membutuhkan waktu lebih lama dari yang ditargetkan oleh Universitas untuk menyelesaikan skripsi, sehingga berpengaruh pada waktu kelulusannya. Namun, tidak jarang juga mahasiswa yang mampu menyelesaikan skripsi dalam waktu yang singkat. Untuk mencapai waktu kelulusan yang cepat, sudah pasti diperlukan strategi yang tepat. Lalu apa saja strategi itu? Berikut di bawah ini akan dipaparkan beberapa strategi yang dapat membantu kalian untuk dapat menyelesaikan skripsi lebih cepat:

1. Buatlah target capaian per-minggu dan per-hari

Dengan membuat target pencapaian per-minggu, kalian menjadi tahu pasti apa saja yang harus dikejar dalam waktu singkat. Apabila kamu membuat target yang terlalu besar dan pencapaiannya membutuhkan waktu lama, hal ini akan membuatmu bingung dan menghambatmu dalam pengerjaan sesuatu. Saat kalian telah menemukan target capaian per-minggu, tulislah hal-hal yang kalian harus lakukan setiap harinya pada kalender ataupun notes kecil. Ini mempermudahmu tetap on-track dalam pengerjaan skripsimu.

2. Berikan reward saat berhasil mencapai target

Apabila kalian berhasil mencapai suatu target, berikanlah reward pada dirimu sendiri, seperti menonton film di bioskop, atau makan di restoran yang kamu sukai. Dengan melakukannya, kamu akan terus terpacu untuk memenuhi target-target lainnya. Hal ini juga akan memberikan kesenangan tersendiri setiap kali berhasil menyelesaikan suatu target.

3. Temui dosen sesedikitnya satu minggu sekali

Salah satu hal yang sering membuat mahasiswa cemas adalah menemui dosen pembimbing. Cemas karena merasa belum memiliki banyak progress, atau merasa hasil pekerjaan selama ini masih jauh dari bagus. Pada akhirnya, kecemasan tersebut membuatmu memilih untuk menghindari dosen pembimbingmu. Ini lah hal yang harus kamu hindari. Sesuai namanya, dosen pembimbing adalah orang yang justru akan membantu dan membimbingmu ketika kamu menemukan kesulitan. Saat kalian memperlihatkan kesungguhan kalian dalam menyelesaikan skripsi, dosen pembimbing pun akan bersemangat untuk membantumu lulus dengan baik. Oleh karena itu, rajin-rajinlah, sesedikitnya satu minggu sekali untuk menemui, atau minimal menghubungi dosen pembimbing untuk menceritakan progresmu.

4. Santun berkomunikasi dengan dosen pembimbing

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun kelancaranmu dalam mengerjakan skripsimu salah satunya akan ditentukan oleh hubunganmu dengan dosen pembimbing. Apabila kamu berkomunikasi dengan cara yang santun, dosen pun akan senang untuk berinteraksi dan membimbingmu. Seringkali, dosen pembimbing enggan untuk bertemu dengan mahasiswa ketika mahasiswa berkomunikasi dengan cara yang kurang sopan. Salah satu hal yang penting untuk dipahami adalah tata cara menghubungi dosen pembimbing. Apabila kamu menghubunginya melalui pesan singkat, terdapat beberapa hal yang harus tertera dalam pesan tersebut, yaitu salam pembuka, perkenalan diri, tujuan secara singkat; padat; dan jelas, ajukan pertanyaan mengenai kapan bisa bertemu, namun jangan kamu yang menentukan waktunya, dan akhiri dengan mengucapkan terima kasih.

5. Minta bimbingan dari kakak tingkat atau teman yang sudah lulus

Saat kita sedang mengerjakan tugas akhir, seringkali kita menemukan kesulitan. Saat menemukannya, tidak selalu kita bisa menyelesaikannya sendiri atau dapat bertanya langsung pada dosen pembimbing. Di sana lah peran kakak tingkat atau teman sangat berguna. Petakanlah kesulitanmu berada di bagian mana dan cari tahu kakak angkatan atau teman yang memiliki keahlian, pengetahuan, atau skripsinya pun berhubungan dengan skripsimu tersebut. Dari sana, kalian bisa mendapatkan gambaran mengenai cara untuk menyelesaikannya. Tidak jarang pula kakak tingkat atau teman yang sudah lulus memberikan tips yang penting untuk kelancaran skripsimu.

6. Batasi kegiatan yang dapat menyita waktumu

Saat kita memasuki masa penulisan skripsi, waktu yang dimiliki memang luang karena sudah tidak ada atau sedikitnya kelas perkuliahan yang harus diikuti. Dengan adanya waktu luang tersebut kita menjadi merasa leluasa untuk mengikuti berbagai kegiatan baru, bahkan kegiatan yang sebenarnya menyita cukup banyak waktu. Mengikuti terlalu banyak kegiatan yang menyita waktu adalah hal yang sebaiknya dihindari. Untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu, kamu harus benar-benar meluangkan waktumu untuk skripsi tersebut.

7. Piihlah topik yang menarik untukmu

Memilih topik yang disukai saat skripsi membuatmu lebih bersemangat dalam proses pengerjaan skripsi, terutama saat menghadapi kesulitan, atau rasa jenuh yang kadang akan kalian temukan. Oleh karena itu, memilih topik yang menarik membuatmu mudah saat menghadapi dua kondisi tersebut.

8. Temukan motivasi untuk segera lulus

Setelah lulus, banyak hal yang dapat kalian lakukan. Temukanlah tujuan kalian untuk dapat segera menyelesaikan jenjang sarjanamu. Apabila kalian tidak segera menyelesaikannya, kalian tidak dapat atau tidak dapat dengan leluasa mempersiapkan hal yang kalian inginkan.

9. Membuat kelompok mengerjakan skripsi bersama

Membuat kelompok mengerjakan skripsi bersama adalah salah satu hal yang sangat membantu seseorang saat pengerjaan skripsi. Selain dapat saling memberikan dukungan secara emosional (seperti mendukung dan mendengarkan cerita saat sedang kesulitan), antar anggota kelompok pun dapat saling memberikan tips yang berhubungan dengan pengerjaan skripsi. Selain itu, teman kelompokmu juga dapat mendorongmu untuk tetap semangat mengerjakan saat rasa jenuh mulai dirasakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian dapat mengetahui 9 tips utama untuk segera menyelesaikan skripsimu. Dalam prosesnya, kesulitan, rasa jenuh, malas memang dapat ditemui namun yang terpenting adalah untuk jangan berhenti. Ketika kalian merasa kesulitan, jangan segan untuk meminta bantuan teman atau meminta saran dari dosen pembimbingmu. Yakinlah, sedikit demi sedikit skripsimu pasti akan selesai. Terus semangat!


Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog


Sumber:
Farkas, D. (2009). Finish Your Thesis Faster: 35 Productivity-Boosting Tips to Help You Finish Your Thesis with Less Stress.

Wima, P. (2019, Maret 5). 9 Cara Supaya Skripsimu Bisa Selesai dalam 1 Semester, Berani Coba? Retrieved from IDN Times: https://www.idntimes.com/life/education/pinka-wima/cara-supaya-skripsi-bisa-selesai-satu-semester/full

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/11/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4022
  • Available Position : 40315
  • Total Jobseekers : 472626
  • Total Employer : 11647