Articles

Personal Branding Untuk Mahasiswa

Oleh : Ira Setyawati

Personal branding merupakan sebuah konsep marketing baru yang berhubungan dengan strategi yang seseorang adaptasi untuk mempromosikan karakteristik personalnya yang paling utama. Personal branding adalah proses untuk memperkenalkan diri kalian sebagai suatu brand, yang meliputi bagaimana kalian tampil di depan orang lain, terutama berhubungan dengan konteks pekerjaan. Personal brand (atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai citra diri) adalah reputasi yang dimiliki oleh seseorang. Dengan melakukan personal branding, orang lain akan mendeskripsikan kalian sesuai dengan hal yang paling menonjol dari diri kalian. Mungkin dari definisi tersebut tersirat bahwa personal branding sangat penting bagi mereka yang sudah mulai bekerja, namun sebenarnya personal branding sangat penting untuk dilakukan bahkan bagi seseorang yang masih mahasiswa. Lalu, apa sajakah yang membuat personal pranding begitu penting bagi mahasiswa?

a. Menunjukan passion yang dimiliki

Dengan melakukan personal branding, berarti kalian mulai menunjukkan apakah passion dan hal yang benar-benar kalian ingin geluti. Hal ini sangatlah penting. Karena dengan menunjukkan passion, kalian akan dengan lebih mudah menemukan kesempatan yang dapat menunjang kalian untuk mengembangkan diri kalian.

b. Membuatmu lebih mudah diingat oleh orang lain

Personal branding yang kuat akan memberikanmu nilai yang membedakanmu dengan orang lain. Hal ini akan membuatmu lebih mudah diingat orang lain. Hal ini sangatlah penting. Contohnya saja ketika kalian bertemu dengan orang baru. Ketika kalian memiliki personal branding yang kuat, dengan hanya satu kali bertemu saja, orang lain dapat langsung mengingatmu karena ada suatu hal yang kuat atau unik yang dimiliki. Namun, ketika kalian tidak memiliki personal branding yang kuat, kalian akan dengan cukup mudah dilupakan.

c. Menjaga akun social media & profile online menarik bagi pencari pekerjaan

Tidak dapat dipungkiri, saat ini akun social media ataupun profile online (contohnya Linked-in) adalah salah satu hal yang akan dijadikan salah satu pertimbangan bagi karyawan dalam merekrut seseorang. Sebagaimana diketahui, proses pembentukan personal branding salah satunya dapat dilakukan melalui akun social media. Menjaga akun social media dan profile online-mu sesuai dengan personal brand yang sedang kalian bangun, membuat karyawan perekrut lebih mudah untuk mengenal value, passion, dan skill yang dimiliki oleh seseorang.

Brand seseorang dapat dibentuk melalui beberapa aspek dalam hidupnya, seperti value yang dianut, passion, pengalaman, perilaku, pendidikan, tujuan, penampilan, ataupun skill yang dimiliki. Apabila kalian masih bingung untuk menentukan brand apa yang ingin kalian kembangkan, cobalah untuk melakukan hal sederhana di bawah ini:

a. Tanyakan kepada orang yang dipercaya mengenai bagaimana mereka melihat diri kalian
b. Tanya kepada diri kalian sendiri, ‘Bagaimanakah diri kalian ingin dikenal?’ ‘Apa yang ingin kalian tunjukan kepada orang lain?’
c. Kelompokkan audiens untuk brand yang ingin kalian kembangkan, contohnya orang, recuiter, ataupun perusahaan yang bisa merekomendasikan atau merekrut kalian.
d. Rencanakanlah bagaimana kalian akan mulai membentuk serta mempromosikan brand diri kalian. Pastikan bahwa brand yang kalian promosikan jelas dan konsisten.
e. Perluas jaringan dan bangun reputasi positif, baik itu reputasi online ataupun reputasimu sehari-hari.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian dapat memahami bahwa personal branding adalah hal yang sangat penting untuk mulai dikembangkan, bahkan oleh kalian yang yang masih duduk di bangku kuliah. Banyak sekali hal yang bisa kalian angkat untuk kemudian dijadikan personal branding, seperti value yang dianut, passion, pengalaman, perilaku, pendidikan, tujuan, penampilan, ataupun skill yang dimiliki. Memiliki personal branding yang positif akan memberikan kalian peluang untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan. Oleh karena itu, mulailah untuk mengevaluasi diri kalian, menentukan brand yang ingin dikembangkan, dan lakukan langkah-langkah awal pembentukan personal branding yang telah dijelaskan di sebelumnya di atas.

Disusun oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber:

University Wescester Student Services. (n.d.). Personal Branding. Retrieved from University Wescester Student Services: https://www2.worc.ac.uk/careers/documents/Personal_Branding.pdf

Zakarda, A. (2012). Concepts and Constructs for Personal Branding: An Exploratory Literature Review Approach. SSRN Electronic Journal .

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 14/08/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1585
  • Available Position : 40803
  • Total Jobseekers : 517474
  • Total Employer : 11775