Articles

Mengingat Netiket Dalam Kelas Daring

“PAK SAYA MAU NANYA” Kira-kira respon seperti apa yang timbul ketika kamu meninggalkan pesan semacam ini di kolom chat box dosen? Bisa jadi beliau merasa tersinggung, kesal dan menganggap bahwa kamu tidak sopan. Tentunya kekesalan ini menjadi wajar, mengingat penggunaan CAPS LOCK memberi kesan marah, sedang berteriak, atau kesan ingin menekankan sesuatu. Dalam hal ini, penekanan bahwa kamu memiliki pertanyaan.

Bukan tidak mungkin jika hal kecil semacam ini bisa berujung pada penurunan nilai akademik kamu. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, ada beberapa netiket atau etika berkomunikasi secara daring yang perlu diperhatikan ketika kelas daring berlangsung.

1. HATI-HATI MENGGUNAKAN CAPS LOCK

Seperti contoh diatas, berhati-hatilah dalam menggunakan caps lock, karena sekalipun komentar kamu patut dipertimbangkan, bisa-bisa kamu dianggap tidak sopan.

2. Gunakan bahasa yang sopan

Sampaikan pertanyaan atau pendapat dengan bahasa yang santun. Gunakan diksi yang baik dan cenderung formal. Kurangi penggunaan emoticon maupun emoji. Sesuaikan penggunaan bahasa dengan suasana kelas yang dibawakan oleh dosen kamu. Cobalah untuk mengenali karakter tiap dosen, untuk mempermudah komunikasimu dengan dosen. Jangan sekali-kali mengumpat dan menggunakan bahasa yang kasar.
Tips: Sebelum mengirimkan pesan, buatlah draft terlebih dulu. Setelah itu dibaca ulang. Kalau kamu sudah yakin dengan penyampaianmu, baru dikirimkan.

3. Hindari penggunaan sindiran dan humor gelap

Dalam lingkungan baru seringkali terasa asing, dan memerlukan waktu untuk beradaptasi. Walaupun begitu, kamu tetap dapat menjalin hubungan baik dengan rekan kerja kamu. Tak lupa ketika berdiskusi, kamu tidak boleh menyela pembicaraan loh. Bila ingin menyampaikan pendapat, tunggu hingga rekan kamu selesai berbicara dan kamu diminta untuk berbicara.

4. Memaklumi dan jangan menjadi Grammar Nazi

Typo, grammatical error, atau misspellings lumrah terjadi dalam komunikasi daring. Bisa jadi fitur auto-correct yang belum di setting ulang atau keyboard yang tidak sengaja tertekan. Apapun alasannya, cobalah untuk memaklumi dan jangan langsung menyerang ataupun menunjuk kesalahan seperti ini.

5. Gunakan chat box sesuai fungsi

Fungsi chat box dalam kelas daring adalah sebagai tempat bertanya dan tempat menyampaikan opini yang berhubungan dengan topik kelas daring. Jadi, hindari memenuhi chat box dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak penting dan off topic atau bahkan mengalihfungsikan menjadi forum curhat. Selain bisa mengganggu keberlangsungan kelas, bisa-bisa kamu di kick karena dianggap tidak sopan.
Tips: Jika kamu ingin menanyakan hal diluar topik, sampaikan langsung melalui chat pribadi.

6. Mute ketika sedang tidak berbicara

Ditengah penjelasan materi, ada kalanya dosen menginginkan suasana kelas yang interaktif. Beliau bisa secara tiba-tiba bertanya dan memintamu untuk unmute audio. Terkadang ada banyak noise yang masuk ketika kita menghidupkan audio. Nah, agar suasana kelas tetap kondusif, segera aktifkan mode mute kembali ketika kita tidak diminta untuk berbicara.

7. Usaha dulu

Bingung dengan materi nya? Sebelum kamu bertanya, cobalah untuk mencatat dan mendaftarkan pertanyaan mu terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah mencari jawabannya sendiri dengan menggunakan search engine. Jika masih belum menemukan jawaban, kamu bisa coba menanyakan temanmu. Sudah berusaha tapi masih stuck? Silahkan tanyakan pada dosen kamu.
Tips: Jika disediakan FAQ, cobalah untuk melihatnya dulu.

8. Baca instruksi dengan seksama

Agar tugas kamu diterima dengan baik, biasakan untuk membaca terlebih dahulu panduan pengumpulan tugas yang sudah ditentukan dari dosen. Kalaupun kamu tidak menemui instruksi yang jelas, biasakan untuk menamai file kamu dengan format nama lengkap dan ID mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dosen dalam memberikan kamu nilai.

Sumber:

Hollister, D. (2020, March 17). Helping students develop proper internet etiquette. Retrieved from https://www.pearsoned.com/helping-students-develop-proper-internet-etiquette/

Ashley Brooks, A. (2019, January 28). 10 Netiquette Guidelines Online Students Need to Know. Retrieved from https://www.rasmussen.edu/student-experience/college-life/netiquette-guidelines-every-online-student-needs-to-know/

Vonda Nabila, V. (2020, April 4). 8 Etika Online Meeting saat Bekerja dari Rumah. Retrieved from https://www.motherandbaby.co.id/article/2020/4/35/15065/8-Etika-Online-Meeting-saat-Bekerja-dari-Rumah

By : Gadis Kurnia Kristi

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 14/08/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1585
  • Available Position : 40803
  • Total Jobseekers : 517474
  • Total Employer : 11775