Articles

Tips Sederhana Merelease emosi di lingkungan kerja

Stres bisa datang kapan saja akibat dari tekanan di lingkungan sekitar kita, seperti lingkungan keluarga, lingkungan kerja, hubungan sosial dan sebagainya. Ketika kita sedang menghadapi tekanan atau stres kerja, maka yang akan ditimbulkan adalah perasaan kesal, marah, sedih, tidak mood dan tidak konsentrasi terhadap pekerjaan, sehingga membuat pekerjaan berantakan (tidak selesai dengan tepat waktu). Hal-hal tesebut merupakan emosi yang kita rasa. Emosi adalah keadaan mental atau fisiologis yang berhubungan dengan beragam perasaan, pikiran dan perilaku. Emosi terdiri dari dua jenis, emosi positif dan emosi negatif.

Nah, kalau emosi negatif kita biarkan saja maka kita tidak akan optimal dalam menjalankan kehidupan termasuk dalam menyelesaikan pekerjaan kita di lingkungan kerja.

Berikut ada lima tips sederhana yang dapat kita lakukan di tempat kerja, saat kita sedang merasakan kesal, marah, kecewa, stres terhadap perkejaan.

1. Relaksasi sederhana Relaksasi ini dapat dilakukan dengan cara menarik napas lalu menghembuskannya secara perlahan. Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

2. Mendengarkan musik Mendengarkan musik yang ringan dapat membuat susasana hati menjadi lebih tenang. Atau mendengarkan musin favorit/musik yang kita sukai sambil bekerja juga dapat meningkatkan semangat kerja.

3. Membaca artikel lucu Dengan membaca artikel lucu, selain mendapatkan wawasan kita juga akan tertawa. Dengan tertawa, tubuh kita memproduksi hormon endhorpin yang akan membuat perasaan kita menjadi lebih rileks dan tentunya kita akan lebih mudah mengontrolnya.

4. Bercerita dan bercanda dengan teman Menceritakan masalah atau perasaan kita kepada rekan kerja dapat membuat perasaan kita menjadi lebih lega karena kita sudah membagikan beban yang dirasa kepada orang lain dan kita juga akan mendapat solusinya. Selain itu, dapat juga bercanda dengan teman. Dengan begitu, kita dapat tertawa dan merasa senang, sehingga kita dapat melupakan sesaat rasa kesal yang kita rasa.

5. Berdoa Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berserah diri kepada Tuhan.

Selamat Mencoba ^-^


oleh : Novi Kurnia Maulidta Binus Career Consultant


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 29/06/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780