Articles

Kiat Tahan Banting Dibawah Tekanan

Stress ketika bekerja tidak dapat dihindari. Terutama apabila kamu newbie, pekerjaanmu lebih sulit dari kemampuanmu sekarang dan alasan-alasan lain. Bagaimana cara mengatasinya agar tetap tahan banting meski bekerja di bawah tekanan?

1. Hadapi tantangan dengan bijak Tantangan merupakan hal yang lumrah dalam setiap pekerjaan. Tanpa tantangan, seseorang akan sulit berkembang. Jadi, kalo kamu memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat, jangan takut. Anggaplah hal ini sebagai langkah awal menuju kesuksesan.

2. Berani keluar dari zona nyaman Karena merasa tertekan kamu akan cenderung untuk bermain aman. Padahal menghindar terus menerus tak akan mengusir beban pekerjaanmu. Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan pelajarilah hal-hal baru yang dapat meningkatkan potensi diri.

3. Menyusun pekerjaan Tugas yang menumpuk serta deadline yang ketat bisa membuat kamu makin tertekan. Oleh karena itu, kamu harus pintar menyusun satu demi satu pekerjaan dan tentukan mana yang menjadi prioritas. Kalo kamu bisa mengatur waktu dan pekerjaan dengan baik, kamu tidak akan kewalahan menuntaskannya.

4. Jangan hanya memikirkan gaji Ketika kamu mulai setengah hati menjalankan tanggung jawab, yang kamu tunggu hanya tanggal gajian saja. Padahal banyak faktor lain yang harusnya tetap menjaga semangat kamu. Terlepas dari beratnya pekerjaan, kamu mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang berharga, serta rekan-rekan kerja yang suportif.

5. Berpikir positif Kalo kamu merasa tekanan yang dihadapi semakin berat, coba pikirkan kembali karier yang kamu impikan. Jangan cepat menyerah, karena hal ini justru dapat membuat kamu semakin kuat dan cekatan. Jika atasan melihat kinerja dan kerja keras kamu selama ini, bukan tidak mungkin jabatan kamu akan cepat dinaikkan. Bukankah kita harus bersakit-sakitlah dahulu, bersenang-senang kemudian?

6. Membangun relasi yang lebih dekat dengan teman kerja Manusia adalah makhluk sosial. Menjalin hubungan dengan orang lain saat kamu merasa tertekan bisa sangat membantu. Kapapun itu, cobalah untuk membangun hubungan positif dengan orang disekitar kamu. Habiskan waktu dengan teman-teman yang membuat Anda merasa nyaman. Hal tersebut akan meringankan ketegangan yang kamu rasakan dan energi positif dari teman-teman disektiar kamu bisa ikut mengalir, lho.

7. jauhkan diri dari Energi Negatif. Kapanpun kamu merasa penuh dengan energi negative cobalah melakukan sesuatu untuk merubah mood kamu. Beristirahatlah sejenak, dengarkan lagu yang kamu suka, pandangi foto seseorang yang kamu sukai, tidur siang di kantor atau berjalan-jalan mencari udara segar.

Beban pekerjaan yang tinggi memang harus dilihat sebagai tantangan yang mampu dilewati, tapi keseimbangannya dengan kehidupan pribadi juga merupakan hal penting. Jadi sebelum melamar pekerjaan, pastikan dulu kalau perusahaan pilihan kamu tak hanya menawarkan jenjang karier, tapi juga mengutamakan work-life balance karyawannya. Hal yang paling penting, yang mesti kamu sadari adalah lingkungan pekerjaan yang penuh tekanan tidak harus mendikte apa yang kamu rasakan. Kamu memiliki kendali untuk mengubah perasaan kamu, supaya kamu dapat tetap bertahan.


http://blog.id.jobplanet.com/5-kiat-tahan-banting-meski-bekerja-di-bawah-tekanan/


http://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/cara-mengatasi-tekanan-dalam-lingkungan-kerja/

Editor : Kartika Mulyawan

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 29/06/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780