Articles

Manfaat mengikuti organisasi bagi mahasiswa

Bagi sebagian mahasiswa, organisasi menjadi suatu hal yang dianggap bisa mengganggu aktivitas kuliah. Hal ini mungkin disebabkan oleh sebagian mahasiswa yang aktif di organisasi tidak bisa mengatur waktu kuliahnya dengan baik, sehingga menjadi jarang masuk kuliah, nilai-nilai pelajaran menurun, tugas kuliah banyak yang tidak diselesaikan dengan tepat waktu dan bahkan ada yang sampai di DO dari kampus. Poin utama yang harus ditanamkan adalah apakah kuliah yang utama atau organisasi. Pilihan itu tergantung pada diri kalian masing-masing. Maka jalan tengahnya adalah dengan menjadikan organisasi sebagai pendukung prestasi di kampus dan untuk pengembangan diri, sehingga waktunya harus disesuaikan dengan kuliah.

Nah, Berikut ini ada lima manfaat bagi kalian yang mengikuti organisasi :

1. Menambah Pengetahuan Pengetahuan mahasiswa bertambah tidak hanya dengan membaca buku dan mengikuti kuliah dari dosen. Tetapi juga bisa diperoleh dari organisasi. Jika buku dan kuliah lebih banyak teori, maka dengan ikut organisasi, pengetahuan yang diperoleh bisa secara langsung. Orang-orang di organisasi biasanya sering menyusun kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Selain itu pengetahuan juga bisa di dapat dari teman-teman di organisasi, dengan sharing pengetahuan/pengalaman.

2. Memperluas jaringan Ketika mengikuti dan menjadi panitia acara tertentu, seorang anggota organisasi bisa saja terhubung dengan pihak lain yang berkompeten. Maka tidak heran bila anak-anak yang aktif organisasi memiliki banyak relasi dari yang sekelas mahasiswa hingga politisi dan pejabat.

3. Mempunyai banyak teman Dengan mengikuti organisasi, manfaat paling umum yang dapat dirasakan adalah memiliki banyak teman, baik teman yang terhubung dengan organisasi yang diikuti atau pun yang berasal dari organisasi lain. Jika mahasiswa yang fokus kuliah saja, mungkin teman yang dikenal hanya sebatas teman sekelas, teman sejurusan, teman satu angkatan dan teman satu kampus. Namun, mahasiswa yang masuk organisasi akan lebih banyak mengenal orang, baik itu dari satu kampus maupun beda kampus.

4. Melatih sofft skill Dengan bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang, secara tidak langsung keterampilan interpersonal seseorang semakin terasah. Kemudian dengan berdiskusi juga, kita akan belajar bagaimana melakukan penyelesaian terhadap suatu masalah yang tepat. Mahasiwa yang hanya sibuk kuliah saja mungkin akan cerdas secara intelektual, tetapi mereka akan kurang keterampilannya dari sisi sosial dan komunikasi dengan orang lain. Berorganisasi adalah cara untuk mengasah dan meningkatkan hubungan dengan berbagai orang dengan karakter yang berbeda.

5. Belajar kepemimpinan dan melatih kepercayaan diri Organisasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan dalam diri seseorang. Meskipun di dalam kelas juga ada pembagian kinerja seperti, ketua kelas, bendahara, sekertasis dan sebagainya. Sedikit berbeda dengan organisasi dimana ruang lingkupnya menjadi lebih luas. Dengan pembagian kerja berdasarkan tim, setiap anggota organisasi menjadi terasah kepercayan diri

Sekarang ini untuk memasuki dunia kerja yang dibutuhkan bukan hanya IPK yang tinggi. Untuk kalian yang aktif di organisasi pun juga akan banyak dicari oleh beberapa perusahaan karena dengan aktif di organisasi secara tidak langsung soft skill kalian juga akan terbentuk.

Jadi bagaimana dengan kamu ? apakah sudah bergabung dan aktif dalam organisasi mahasiswa? Kalau belum, Ayo bergabung sekarang ya....

oleh : Josua (http://cdc.eng.ui.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1053:manfaat-aktif-di-organisasi-bagi-mahasiswa)

Editor : Novi Kurnia Maulidta Binuss Career Consultant

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 29/06/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780