Articles

Phone Interview Definisi, Tips & Trick

Saat ini, banyak perusahaan menggunakan phone interview sebagai langkah awal menyeleksi karyawan, bahkan sebelum video interview dilaksanakan. Perusahaan melakukan hal ini untuk benar-benar memastikan kandidat yang akan diproses lebih lanjut merupakan individu yang cocok dengan posisi yang ditawarkan. Secara definisi, phone interview adalah salah satu proses tanya jawab (interview) dalam sistem rekrutmen yang dilakukan melalui media komunikasi telfon.

Phone Interview dapat menjadi tantangan tersendiri bagi kandidat. Pada satu sisi, phone interview adalah pertama kalinya kandidat berbicara dengan representatif dari perusahaan, namun kandidat tidak dapat mengandalkan body language untuk membangun suasana nyaman dengan pewawancara. Di sisi lainnya, berbeda dengan proses membalas email yang memungkinkan kalian untuk memikirkan terlebih dahulu jawaban yang tepat, phone interview mengharuskan kalian untuk menjawab pertanyaan secara langsung. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips & trick yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan proses phone interview:

a. Persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan selayaknya interview face to face

Terdapat pertanyaan-pertanyaan mendasar yang biasanya keluar saat interview dilakukan, seperti deskripsi diri, kelebihan kekurangan, hal yang diketahui tentang perusahaan yang dilamar dan alasan melamar suatu pekerjaan. Persiapkanlah jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang biasanya keluar dalam interview tersebut.

b. Pastikan jadwal dari phone interview

Saat kalian mengiyakan jadwal pelaksanaan phone interview, pastikan kalian sudah mengetahui dengan jelas tanggal, jam, dan dengan siapakah kalian akan berbicara saat phone interview tersebut. Terdapat kemungkinan jadwal tersebut sudah tiba, perusahaan tidak kunjung menghubungi kalian. Apabila hal tersebut terjadi, kalian dapat menghubungi perusahaan via email untuk mengkonfirmasi dan penjadwalan ulang.

c. Cara Mengatasi Unscheduled Phone Interview

Secara umum, phone interview memang dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan terlebih dahulu oleh kedua belah pihak. Namun, terdapat kemungkinan perusahaan yang tiba-tiba menelfon kalian untuk melakukan phone interview. Apabila hal ini terjadi, memang sudah pasti akan kurang menguntungkan bagi kalian karena kalian belum mempersiapkan diri ataupun hal yang mungkin dibutuhkan untuk phone interview. Apabila kalian memang sedang berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk menerima telfon (contohnya sedang di transportasi umum yang penuh sesak, dalam kelas atau meeting), jangan ragu untuk menjelaskan situasi kalian dan tanyakan kepada pewawancara kapan kalian dapat menelfon kembali.

d. Persiapkan lokasi yang minim distraksi

Saat melakukan phone interview, kalian harus memposisikan diri kalian pada lokasi yang minim suara atau distraksi dari orang lain. Hal ini sangat penting agar kalian dapat mendengar pertanyaan ataupun hal yang diucapkan oleh pewawancara dengan jelas.

e. Persiapkan CV, Catatan Kecil, dan Alat tulis.

Pada saat phone interview sudah hampir dapat dipastikan kalian akan diminta untuk menceritakan latar belakang serta pengalaman yang dimiliki. Mempersiapkan CV ketika phone interview dilakukan dapat membantu kalian untuk menjelaskan secara runtut pengalaman penting yang mendukung kalian dalam mendapatkan suatu posisi secara runtut. Selain itu, persiapkanlah notes kosong serta alat tulis sehingga kalian dapat mencatat informasi penting yang disampaikan oleh pewawancara, seperti proses lanjutan dan hal yang harus kalian persiapkan di proses lanjutan tersebut.

f. Saat Melakukan Interview

Terdapat hal yang penting saat kalian melakukan proses interview. Biasakan untuk mendengarkan terlebih dahulu apa yang diutarakan oleh pewawancara sebelum kalian menjawab. Memotong pembicaraan saat interview adalah hal yang sangat tidak disarankan dilakukan. Saat mengakhiri proses interview, pastikan kalian tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh pewawancara.

g. Kirimkan Thank You Note

Setelah interview berakhir, segera kirimkan ucapkan terima kasih melalui email akan kesempatan yang diberikan pewawancara untuk melakukan phone interview. Dengan mengirimkan thank you note, kalian juga memiliki kesempatan untuk menginformasikan hal penting mengenai diri kalian yang terlewat untuk disampaikan ketika phone interview dilakukan.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa phone interview adalah salah satu proses dalam rekrutmen yang saat ini sudah mulai banyak dilakukan oleh perusahaan sebagai proses screening awal. Meskipun phone interview tidak dilakukan secara face to face, bukan berarti kalian tidak perlu mempersiapkan diri kalian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperhatikan tips and trick yang telah diberikan di atas.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Doyle, A. (2019, Mei). Get Some Great Phone Interview Tips. Retrieved from The Balance Career: https://www.thebalancecareers.com/how-to-ace-a-phone-interview-2058579 diakses pada 20 Mei 2020

Jacobs, D. L. (2014, Mei). How To Ace A Phone Interview. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/deborahljacobs/2014/05/27/how-to-ace-a-phone-interview/#3239b42b2617 diakses pada 20 Mei 2020

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 26/05/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1091
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780