Articles

Komunikasi yang Efektif dengan Atasan

Skill berkomunikasi yang baik adalah hal mutlak yang harus kita kembangkan. Komunikasi yang baik dapat memudahkanmu mengutarakan pendapat ke rekan pekerjaan dan tentu saja kepada atasan. Lalu, ketika berkomunikasi kepada atasan, adakah hal ekstra yang harus kalian perhatikan sehingga komunikasi terjadi secara lancar? Jawabannya adalah ada. Berbeda dengan berkomunikasi dengan rekan kerja kalian, berikut adalah beberapa tips sehingga kalian bisa berkomunikasi secara efektif dengan atasan kalian:

1. Katakan dengan jelas apa yang kalian butuhkan

Atasan kalian memiliki waktu yang padat dan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Apabila kalian memiliki hal untuk dikonsultasikan, katakanlah secara jelas dan tidak berbelit-belit. Sebelum bertemu dengan atasan kalian, rumuskanlah dengan jelas apa yang ingin kalian katakan. Ketika kalian memiliki suatu permasalahan yang belum bisa kalian putuskan cara untuk memecahkannya, cobalah untuk memberikan alternatif-alternatif yang kalian sudah miliki dan tanyakan pedapat atasan. Hindari untuk bertanya suatu hal yang kalian tidak sama sekali coba untuk kalian cari jalan keluarnya.

2. Perhatikan gaya komunikasi yang disukai oleh atasan kalian

Sebagaimana kalian ketahui, semua orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda, begitu pula dengan atasan kalian. Contohnya saja: ada atasan yang cenderung kasual dan memperbolehkan kita berkonsultasi kapanpun dengannya. Namun, terdapat pula atasan yang cukup kaku yang menghendaki kita untuk meminta izin terlebih dahulu apabila ingin berkonsultasi, contohnya izin melalui chat ataupun email. Sesuaikan alur yang kalian gunakan untuk berkomunikasi dengan atasan sesuai dengan tip dari atasan kalian sendiri.

3. Perhatikan body language kalian

Ketika berkomunikasi dengan atasan kalian, perhatikan body language kalian. Jangan sampai body language yang kalian tunjukkan memiliki kesan yang negatif. Adapun contoh body language yang sebaiknya dihindari adalah melipat tangan kalian di depan dada (memiliki kesan defensif), berpangku tangan, ataupun menghindari kontak mata dengan atasan. Terkadang, terdapat pula watu di mana kalian cemas ketika sedang berkomunikasi dengan atasan. Hal ini menyebabkan kalian tidak bisa mengutarakan pendapat dengan jelas ataupun menunjukkan body language yang cukup mengganggu, seperti terus menerus mengetukkan kaki di lantai menggerakan tangan kalian di atas meja secara terus menerus. Apabila hal ini terjadi, cobalah untuk belajar mengatasi kecemasan kalian, contohnya adalah dengan menarik nafas panjang dan menghembuskannya. Ulang hal ini hingga kalian merasa kecemasan kalian berkurang. Selain itu, mempersiapkan terlebih dahulu apa yang ingin kalian lebih siap untuk mengutarakan pendapat ataupun pertanyaan sehingga akan mengurangi pula kecemasan.

4. Tawarkan bantuanmu

Apabila kalian sudah menyelesaikan tanggung jawab yang dimiliki dan kalian melihat atasanmu masih sibuk melakukan banyak hal, cobalah untuk menawarkan bantuanmu kepada atasanmu tersebut. Hal ini akan memperlihatkan bahwa kalian memiliki inisiatif yang tinggi dan dapat diberikan tanggung jawab. Atasan kalian pun akan sangat menghargai bantuan kalian tersebut. Dengan memiliki citra yang positif pada atasan, kalian akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan baik dengan atasan kalian tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita mengetahui beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan atasan kalian. Intinya, persiapkan terlebih dahulu apa yang ingin kalian utarakan, sesuaikan gaya berkomunikasi dengan atasan kalian, perhatikan body language dan cobalah untuk juga menawarkan bantuan ketika tanggung jawabmu sudah selesai. Adapun tips yang terakhir, apabila kalian merasa gugup ketika akan berbicara dengan atasan, cobalah untuk menarik nafas panjang, hembuskan dan ulang alur pernafasan tersebut hingga kalian merasa lebih tenang.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Eisenhauer, T. (n.d.). How to Communicate with Your Boss at Work - 10 Tips to Improve Corporate Communication. Retrieved from Axero: https://axerosolutions.com/blogs/timeisenhauer/pulse/285/how-to-communicate-with-your-boss-at-work-10-tips-to-improve-corporate-communications

Smith, J. (2013, October 16). 14 Tips For Improving Your Relationship With Your Boss. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/jacquelynsmith/2013/10/16/14-tips-for-improving-your-relationship-with-your-boss/?sh=3a2d7e7e59b0

Zambas, J. (2020, December 2). How to Effectively Talk to Your Boss: 25 Dos and Don’ts . Retrieved from Career Addict : https://www.careeraddict.com/talk-to-boss

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 19/01/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2544
  • Available Position : 40825
  • Total Jobseekers : 547891
  • Total Employer : 11830