Articles

Assessment Center

Presented By Agung R Harmoko

Saat ini dimana persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin kuat, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan calon tenaga kerja yang tepat mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi yang memadai. Begitu ragam individu semakin menyulitkan perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang benar-benar cocok. Selain menuntut keahlian dan ketrampilan si petugas rekrutmen perusahaan juga harus benar-benar mempersiapkan proses rekrutmen dan seleksi secara maksimal.

Globalisasi telah menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan yang begitu cepat di dalam bisnis, yang menuntut organisasi untuk lebih mampu beradaptasi, mempunyai ketahanan, mampu melakukan perubahan arah dengan cepat, dan memusatkan perhatiannya kepada pelanggan Pasar global didepan mata, AFTA merupakan bagian dari tantangan bisnis dimasa depan. Menghubungkan bisnis dengan pasar globalisasi dengan melalui rekrut dan pengembangan sumber daya manusia yang memiliki bakat dan potensi. Pengelolaan bisnis dan iklim persaingan yang keras dan menciptakan struktur budaya organisasi yang adaptive. Unit ini memang tidak dapat berdiri sendiri, karena yang penting dari assessment center ini adalah pada saat pre activity, yaitu adanya arah yang jelas terhadap rencana karir individu tersebut sebelum ditetapkan sebagai kandidat/peserta assessment center untuk satu posisi. Selanjutnya hal penting lainnya adalah post activity yaitu follow-up terhadap hasil assessment berupa development program serta evaluasi performansi terhadapnya, yaitu program pengembangan apa yang diperlukan bagi yang bersangkutan dan melalui evaluasi performansi akan diketahui apakah yang bersangkutan sudah dikembangkan dan mengembangkan diri atau belum. Dengan demikian perlu koordinasi dengan unit lain seperti Perencanaan SDM, Man Power Planning maupun unit yang menangani rencana bisnis perusahaan.

Unit ini memang tidak dapat berdiri sendiri, karena yang penting dari assessment center ini adalah pada saat pre activity, yaitu adanya arah yang jelas terhadap rencana karir individu tersebut sebelum ditetapkan sebagai kandidat/peserta assessment center untuk satu posisi. Selanjutnya hal penting lainnya adalah post activity yaitu follow-up terhadap hasil assessment berupa development program serta evaluasi performansi terhadapnya, yaitu program pengembangan apa yang diperlukan bagi kandiate dan melalui evaluasi performansi akan diketahui apakah kandidat sudah dikembangkan dan mengembangkan diri atau belum. Dengan mikian perlu koordinasi dengan unit lain seperti perencanaan SDM, maupun unit yang menangani rencana bisnis perusahaan.

Dalam hal ini ada beberapa kunci sukses agar suatu proses bisnis mampu menyesuakan dengan zaman yaitu dengan :

Creating managing change

Enhancing operating efficiencies and productivity

Building and supporting a customer serviced orientation

Establishing and working in fluid organization structure

Apakah assessment center itu :
Assessment Center merupakan suatu proses penilaian / rating yang dinilai sophiscated dimana dalam isinya diarahkan sedemikian rupa sehingga kita dapat meminimalisasikan timbulnya penyimpangan/ bias yang sangat mungkin terjadi, sehingga dapat dipastikan kandidate tenaga kerja yang terlibat dalam proses penilaian tersebut memperoleh suatu kesempatan yang sama untuk memunculkan potensi.
Assessment Center merupakan suatu pendekatan yang melibatkan proses penilaian yang sudah tersantadarisasikan sedemikian rupa yang didasarkan pada suatu acuan – acuan perilaku dan menggunakan metode multiple input dimaksud disini adalah :

1. Assessment dilakukan berdasarkan acuan atas sejumlah faktor faktor , program tersebut mencakup aspek yang diarahkan kepada sejumlah faktor yang terkandung dalam kriteria competency

2. Beberapa macam teknik serta metode assessment digunakan dalam program tersebut. Dengan metode yang cukup mendalam dan luas diharapkan dapat memastikan bahwa reliabilitas atau pengukuran sejumlah skills maupun atribut dapat diperoleh. Teknik ini biasanya digunakan yaiotu teknik behavioral interview, kuesioner dan metode simulasi.

3. Sejumlah assessor ataupun observer yang terlibat dalam proses assessment tersebut . Keterlibatan ini dimaksudkan untuk menambah derajad objektifitas penilaian serta meminimalisasi bias. Umumnya assessor kita harapkan sebagai seorang yang cukup profesional sebagai seorang spesialist atauapun line manager yang memiliki pengalaman dibidang ini serta memiliki pengetahuan yang luas dan psikolog yang sudah terlatih secara terarah.

4. Sejumlah kandidate ada yang terlibat dalam proses interaksi tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan observasi serta dengan pertimbangan ekonomi

5. Informasi dan data – data yang diperoleh di integrasikan sedemikian rupa sehingga disusun menrupakan suatu rekomendasi dan judgments dari program observasi, test maupun wawancara yang mengarah kepada indikasi perilaku yang diungkap melalui menggunakan perilaku masa lalu untuk memprediksi perilaku masa depan atau dapat memprediksi performace ketika bekerja nantinya.

Manfaat Dari Asessment Center
Seseorang dikatakan sukses atau berhasil dalam suatu posisi bukan dilihat dari job-nya melainkan perilakunya, karena perilaku inilah yang diamati, diverifikasikan sebagai kriteria keberhasilan individu, sedangkan pekerjaan senantiasa akan berubah sesuai dengan tuntutan perkembangan organisasi maupun lingkungan, sehingga apabila seseorang dinyatakan berhasil dalam suatu posisi, belum tentu yang bersangkutan akan juga sukses atau berhasil apabila menduduki posisi yang lima tahun mendatang. Program Asessment Center yang didasarkan pada pendekatan multiple merupakan pendekatan yang fleksibel dalam arti bisa diterapkan pada beberapa oragnisasi tergantung kebutuhannya :

1. Rekrutment dan promosi, hal ini dapat dilakukan dengan mencari kandidat baik itu bersumber dari internal maupun eksternal, prosessnya kita dapat lakukan dengan metode Asessment Center sehingga akan diperoleh calon yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan pekerjaan.

2. Early identification of potensial, ada beberapa aspek bakat yang dimiliki seseorang yang memiliki potensi cukup baik dengan menggunakan Asessment Center dapat kita mengoptimalkan potensi tersebut menjadi High potensial tentunya memerlukan suasanan yang konstan agar dapat memotivasi dirina sehingga dapat bermamfaat bagi organisasi.

3. Diagnose Of Training And Development Needs, Asessment Center dalam hal ini akan memberikan kesempaatan bagi seseorang untuk bisa diidentifikasikan akan kebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi dirinya. Dengan demikian akan memeproleh suatu kesempatan dan mengetahui untuk melakukan pengembangan bagi aspek aspek yang masih perlu diamati.

4. Organization Planning, Asessment Center dapat dimanfaatkan untuk melakukan suatu proses identifikasi mengenai aspek – aspek apakah yang ada dalam organisasi yang memang perlu pengembangan, sehingga nantinya secara spesifik kita mampu melakukan suatu program pengembangan yang betul – betul dibutuhkan bagi organisasi. Secara makro dapat dikaitkan dengan startegi bagi perencanaan SDM dimana akan memiliki pool of talent dari sejumlah orang yang siap untuk menempati posisi – posisi startegis dimasa depan.

5. Development, Asessment Center memiliki manfaat untuk kebutuhan team buiding ataupun pengembangan beberpa aspek skills yang dikaitkan dengan kebutuhan masa depan. Pendekatan ini dapat dilakukan dengan coaching dan counselling sebagai suatu program yang dianjurkan untuk diberikan dalam melengkapi program Asessment Center.

Uploaded By : Jong Budi Santoso
Last Update : 15/10/2004

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1820
  • Available Position : 40117
  • Total Jobseekers : 460530
  • Total Employer : 11578