Articles

Skill Negosiasi dan Cara Mengembangkannya

Pada dasarnya, kita tidak dapat menghindari betapa pentingnya skill negosiasi. Mengapa? Bayangkan saja, dalam kehidupan sehari-hari kita dipenuhi dengan keadaan dimana kita membeli atau menjual, menawarkan atau ditawarkan. Oleh karena itu, kemampuan kita dalam bernegosiasi merupakan skill utama kita mendapatkan keuntungan di kehidupan kita sehari-hari. Terdapat berbagai alasan yang dapat menyebabkan seseorang gagal dalam bernegosiasi. Namun, keadaan seperti kurangnya percaya diri, terlalu percaya diri, tidak memahami situasi lawan bicara dan merasa bahwa kita sudah memenangkan/kalah dalam negosiasi adalah beberapa hal yang biasanya akan membawa seseorang gagal saat sedang bernegosiasi.

Lalu, apakah aturan kunci seseorang saat sedang melakukan negosiasi? Berikut di bawah ini akan dijelaskan secara singkat aturan kunci tersebut:

1. Ketika berposisi sebagai pembeli, tanyakan dengan jelas harga yang ditawarkan

Prinsip utama ketika melakukan proses pembelian adalah mengetahui dengan jelas harga yang ditawarkan oleh penjual. Hal ini akan memberikanmu kesempatan untuk menganalisis sesuaikah harga yang ditawarkan oleh penjual dengan kualitas yang ditawarkan. Setelah melakukan analisis, baru kalian dapat melakukan proses negosiasi dengan penjual tersebut.

2. Ketahui apa yang kalian mau dan berapa yang bersedia kalian bayar

Spesifikasi dari produk ataupun service yang kalian inginkan haruslah jelas. Seberapa besar kalian bersedia untuk membayar dapat ditentukan dengan mengevaluasi seberapa besar ‘nilai’ yang kalian dapatkan dari produk atau jasa tersebut.

3. Perlihatkan perhatian secara penuh pada lawan bicara

Kesalahan terbesar ketika melakukan proses negosiasi adalah tidak mendengarkan secara penuh ketika lawan bicara sedang menyatakan pendapatnya. Mendengar secara penuh dengan mendengar untuk menjawab adalah dua hal yang berbeda. Dengan mendengarkan secara penuh, lawan bicara akan merasa dihargai dan dimengerti sehingga hal ini akan mempermudah kalian untuk mencapai tujuan dari negosiasi yang sedang dilakukan.

4. Sesuaikan jenis respon dengan klien

Hal lain yang harus kalian ketahui apa yang klien inginkan dan prioritas yang dimiliki. Setelah itu, kalian harus memahami karakteristik yang dimiliki oleh klien sehingga kalian dapat berkomunikasi seperti cara klien berkomunikasi. Menyesuaikan cara berkomunikasi dan pendekatan sesuai karakteristik klien dapat mempermudah proses negosiasi.

5. Persiapkan mental

Sebelum kalian bertemu dengan klien untuk melakukan proses negosiasi, kalian harus mempersiapkan mental kalian. Apa yang kita rasakan, pola pikir yang kita miliki akan terlihat jelas pada body language ataupun komunikasi verbal kita. Hal yang harus kalian pahami adalah saat melakukan proses negosiasi, prosesnya berjalan dua arah, kalian menawarkan produk atau jasa yang bermanfaat bagi klien dan klien pun mencari tahu lebih jauh mengenai produk tersebut. Dengan pengertian ini, kalian dapat menarik kesimpulan bahwa kalian memerlukan satu sama lain.

6. Gunakan prinsip diskusi, bukan menjual

Saat kita bernegosiasi, seringkali kita merasa tujuan utama adalah menjual hingga lupa bahwa lawan bicara pun memiliki kepentingan. Umumnya pendekatan yang dilakukan oleh seller adalah ’ini yang dapat kita berikan pada kalian’. Padahal, lebih baik ketika isi dari penawaran seller adalah ‘Ini yang dapat kita berikan. Bagaimana hal ini dapat menolong anda?’ Hal ini akan membuka peluang kalian untuk berhasil dalam negosiasi, karena lawan bicara akan memberi tahu apa yang mereka inginkan dalam suatu produk atau service.

7. Take a break for short time is okay

Terkadang saat melakukan negosiasi, kedua belah pihak menemukan ‘jalan buntu’. Apabila hal ini dipaksakan, akan terjadi kerentanan suatu keputusan diambil terburu-buru sehingga tidak menguntungkan salah satu pihak. Oleh karena itu, apabila kalian menemukan keadaan seperti ini, meminta jeda sesaat adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Hal ini akan memberikanmu kesempatan untuk berpikir secara lebih tenang mengenai situasi yang sedang dinegosiasikan.

8. Jangan membawa proses negosiasi menjadi sesuatu yang personal

Akan ada saat dimana kalian akan menemukan klien yang memiliki kepribadian yang cukup sulit untuk diajak untuk bernegosiasi. Padahal, proses negosiasi harusnya terfokus pada kemampuan problem solving yang akan berjalan dengan mudah ketika kedua belah pihak menghormati satu sama lain. Ketika kalian terlalu membawa urusan personal (karena tidak suka dengan attittude) ketika bernegosiasi, hal ini dapat menghambat kalian untuk melihat sesuatu secara objektif.

9. Jangan memberikan sesuatu tanpa mendapatkan hal lain sebagai timbal balik

Persetujuan harus berasal dari kedua belah pihak. Hal ini berarti ketika kalian akan melepaskan atau memberikan sesuatu, kalian harus yakin bahwa akan mendapatkan sesuatu juga dari mereka yang menguntungkan. Kalian harus memiliki dasar dimana kalian mengetahui bahwa apa yang akan mereka berikan masih menguntungkan.

10. Optimis

Negosiator yang sukses adalah orang-orang yang optimis. Kalian akan mendapatkan lebih ketika memiliki tujuan yang tinggi pula. Yakinlah pada produk yang kalian tawarkan dan seiring dengan proses negosiasi berjalan, jalankan strategi lain yang telah dituliskan sebelumnya.

Demikianlah beberapa kunci dari berhasilnya proses negosiasi. Perlu kalian pahami bahwa kemampuan untuk bernegosiasi tidak datang begitu saja secara natural. Dibutuhkan pengalaman dan latihan secara terus menerus untuk dapat menjadi negosiator yang handal. Oleh karena itu, teruslah berlatih dan jangan menyerah ketika mengalami kegagalan.

Disusun Oleh : Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog.

Sumber:

EDUCBA. (2020). 10 Effective Tips To Improve Your Negotiation Skills. Retrieved from EDUCBA: https://www.educba.com/how-to-develop-effective-negotiation-skills/ diakses pada 24 Januari 2020

Santa Clara University. (2020). Session 5: Develop Negotiating Skills. Retrieved from My Own Business Institute: https://www.scu.edu/mobi/business-courses/business-expansion/session-5-develop-negotiating-skills/ diakses pada 23 Januari 2020

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/01/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1484
  • Available Position : 40805
  • Total Jobseekers : 524562
  • Total Employer : 11775