Articles

Pertanyaan Yang Harus Berani Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja

Panggilan untuk tes wawancara kerja akan membuat kita merasa bahagia sekaligus was-was. Bayangan untuk bisa mendapatkan uang dengan hasil keringat sendiri sudah jelas terpampang didepan mata. Namun wawancara kerja bisa jadi merupakan kegiatan yang tidak mengenakan dan terkesan mengintimidasi.

Tes wawancara kerja biasanya diakhiri dengan sesi tanya jawab. Nah inilah waktunya kamu untuk menonjolkan dirimu dari para pelamar yang lainnya. Agar dirimu nampak sebagai calon berkualitas, berikut kami akan memberikan beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan saat wawancara.

1. Tunjukan ketertarikanmu terhadap perusahaan tempat kamu melamar

Semua perusahaan pasti memiliki tujuan kedepannya. Kamu bisa menanyakan visi dan misi perusahaan tersebut yang akan memberikan kamu gambaran tentang kondisi kedepannya.

2. Bertanya pekerjaan macam apa yang akan kamu lakukan jika nanti diterima

Ketika kamu melihat lowongan pekerjaan disana sudah tertulis jelas bagian lowongan pekerjaan yang akan kamu lamar, sperti akuntan, IT, atau posisi lainnya. Namun di dalam informasi lowongan tersebut tidak dijelaskan secara detail pekerjaan apa yang akan dikerjakan oleh kandidat jika sudah diterima. Dari pada kamu menebak-nebak lebih baik kamu tanyakan langsung pekerjaan apa yang bakal kamu kerjakan jika sudah diterima nanti.

3. Bertanya mengenai ada atau tidaknya pelatihan bagi karyawan yang sudah diterima

Perusahaan selalu ingin mendapatkan karyawan-karyawn terbaik. Bahkan perusahaan rela mengeluarkan biaya lebih agar karyawannya mengikuti kursus, seminar atau lainnya agar kualitas karyawan semakin baik. Menanyakan apakah nanti ada atau tidaknya pelatihan bagi karwayan akan menunjukan bahwa dirimu adalah orang yang mau maju dan berkembang.

4. Apa yang diharapkan perusahaan darimu?

Apa yang diharapkan perusahaan dari kamu jika kamu sudah diterima menjadi karyawan?. Pertanyaan tersebut akan memberikan nilai plus buat kamu karena pertanyaan ini jelas menunjukan bahwa kamu benar-benar ingin mengerti apa yang perusahaan inginkan dari karywaannya yang mengisi posisi ini.

5. Bertanya tentang budaya kerja yang ada di perusahaan tersebut

Kamu bisa menanyakan budaya kerja pada perusahaan tersebut. Seperti contoh, bagaimana cara kerja karyawan-karyawan di perusahaan tersebut, Apakah jam kantor sangat flexibel atau sebaliknya. Aktivitas apa saja yang dilakukan karyawan setelah jam kerja atau pertanyaan lainnya. Namun tentunya kamu cukup menanyakan satu pertanyaan saja. Pertanyaan ini mungkin akan sedikit sulit dijawab oleh orang yang mewancaraimu.

Persona di media sosial

Sebagian orang punya akun Twitter, Facebook, Instagram, Path dan lain sebagainya. Anda tahu itu. Manajer perekrutan juga memahaminya. Mungkin Anda datang ke sesi wawancara kerja dengan menampilkan diri yang baik luar-dalam.

Tapi, manajer perekrutan zaman sekarang mau bergerak lebih jauh untuk meneliti siapa Anda sebenarnya. Mereka akan melihat bagaimana persona Anda di media sosial. Mungkin Anda tampak sebagai pribadi yang santun, tapi Google pernah mencatat kata-kata kasar Anda di media sosial. Misalnya, Anda pernah menjelekkan guru di sekolah, dosen di kampus atau bos di perusahaan sebelumnya. Jika manajer perekrutan mengetahui hal ini, maka dia akan berpikir Kalau kandidat ini pernah menghina dosen di belakang, mungkin suatu saat juga akan mengatakan hal buruk tentang perusahaan. Jadi Anda harus berhati-hati di media sosial. Persona buruk yang ditampilkan di media sosial bisa membuat Anda tampak tidak profesional.

Jadi, ketika sedang menjemput impian bekerja di satu perusahaan, pastikan Anda tampil sebagai kandidat yang profesional dan sesuai harapan perusahaan. Anda harus mempersiapkan lebih daripada sekadar resume bebas typo. Bawalah salinan aplikasi untuk bahan wawancara. Anda bisa memoles diri di bagian yang bisa membuat Anda tidak profesional. Qerja.com

Edited by: Zia Ully Kahfi Binus Career

Sumber: http://www.beritatrendz.com/2015/05/pertanyaan-yang-harus-berani-kamu-ajukan-saat-wawancara-kerja.html

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 11/10/2017

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 5194
  • Available Position : 34387
  • Total Jobseekers : 371731
  • Total Employer : 11045