Articles

3 Cara Sederhana Meningkatkan Rasa Empati di Kantor

Jika Anda ingin karier naik, memiliki kemampuan teknis yang hebat atau bagaimana Anda harus memiliki keterampilan pribadi tidaklah cukup. Jika seorang manajer hebat dalam hal teknis tetapi tidak dapat bergaul dengan timnya, lalu bagaimana manajer ini dapat mengelola proyek jika tidak dapat mengelola sebuah tim?

Untuk alasan ini, jika Anda ingin menjadi manajer yang lebih baik atau rekan kerja yang lebih baik, Anda harus berusaha meningkatkan empati. Di bawah ini ada tiga cara sederhana untuk meningkatkan rasa empati Anda di tempat kerja, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Mendengarkan orang lain

Dengarkan orang lain dengan sangat hati-hati. Jangan mendengarkan dengan rasa terpaksa, dengarkan dengan hati dan pikiran terbuka. Hanya dengan cara ini, Anda dapat memahami apa yang dibicarakan lawan bicara.

Perhatikan nada suara dan bahasa tubuh mereka. Benar-benar mencoba merasakan apa yang dikatakan orang lain kepada Anda, dapat sangat membantu terutama jika Anda mendiskusikan topik yang memecah-belah. Anda tidak perlu menyetujui semua hal yang orang lain katakan tetapi penting untuk memahami apa yang sedang dibicarakan.

2. Perlakukan orang lain dengan baik

Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Bersikap baik kepada orang-orang dan tersenyum pada mereka. Jangan lupa bahwa sopan santun dan kebaikan yang baik selalu menang dalam hubungan.

Jika Anda memperlakukan orang lain dengan baik, Anda juga akan diperlakukan dengan cara yang sama. Dengan cara ini, Anda dapat membangun hubungan yang sehat dengan rekan kerja Anda. Misalnya, jika Anda akan memberikan hadiah ulang tahun kepada rekan kerja, pikirkan apakah orang yang menerima hadiah ini benar-benar menyukainya atau tidak. Daripada memilih sesuatu yang Anda suka, coba pikirkan tentang sesuatu yang di sukai orang tersebut.

3. Menghargai keberagaman

Menghargai keberagaman dapat dilakukan dengan menghormati dan mau bergaul dengan orang-orang dari bermacam-macam latar belakang, seperti perbedaan agama, suku dan budaya. Menghargai keberagaman dapat dijadikan sebagai peluang untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan semua orang untuk sama-sama maju meskipun berbeda-beda. Dan berani menentang sikap diskriminatif dan intoleran, dengan saling menghargai akan menciptakan suasana yang tentram dan damai.


Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3977562/3-cara-sederhana-meningkatkan-rasa-empati-di-kantor


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 01/07/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1820
  • Available Position : 40117
  • Total Jobseekers : 460530
  • Total Employer : 11578