Articles

Kalau Nggak Mau Ditolak Kerja Berkali-kali, Buatlah Surat Lamaranmu Seperti Ini!

Semua orang tentu setuju bahwa masa-masa mendapatkan pekerjaan adalah salah satu masa yang paling sulit dalam kehidupan terutama di zaman yang semakin canggih Sumber Daya Manusianya yang membuat persaingan semakin tinggi di dunia kerja. Untuk kamu mahasiswa yang akan segera lulus, tentu harus menyiapkan banyak hal untuk melamar pekerjaan mulai dari nilai di sekolah, sertifikat, mental dan yang tidak kalah penting adalah surat lamaran kerja.

Ada banyak faktor kenapa lamaran pekerjaan bisa ditolak, salah satunya pada surat lamaran yang kamu buat. sudah menjadi rahasia umum kalau kebanyakan orang pasti menganggap remeh dalam pembuatan surat lamaran kerja, hal ini disebabkan mungkin karena bukan hanya 1 atau 2 perusahaan, tapi banyak perusahaan yang dilamar, tentu akan membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkan berkas surat lamaran kerja dengan benar, jadi banyak yang kurang maksimal dalam membuat surat lamaran. padahal peran surat lamaran kerja sangatlah penting sebagai salah satu pertimbangan diri kamu nantinya.

Untuk menambah wawasan, berikut ini adalah beberapa hal yang sangat dilarang untuk kamu saat membuat dan menyiapkan berkas atau dokumen surat lamaran kerja.

1. Buat Surat Lamaranmu Seniat dan Serapi Mungkin!

Saat melihat info lowongan pekerjaan di brosur atau media internet. tentu ada syarat dan itu termasuk dalam pembuatan surat lamaran kerja, apa saja dokumen yang dilampirkan baik itu CV dan lain sebagainya. Usahakan ikuti sesuai instruksi, jangan menambahkan dokumen lain yang tidak disebutkan dan tentu saja jangan sampai ada dokumen yang tidak kamu lampirkan padahal di keterangan surat lamaran kerja ada dokumen tersebut. Dan tentu saja, jangan sampai kamu mengirim surat lamaran kerja telat. kalau telat, lupakan saja kemungkinan diterima di perusahaan yang kamu lamar deh!

2. Sebisa Mungkin Kamu Hindari Typo

Typo atau salah penulisan kalimat memang seringkali terjadi. jangankan dalam pembuatan surat lamaran kerja, saat menulis pesan singkat seperti SMS saja kita sering typo, apalagi membuat surat lamaran kerja yang sifatnya resmi? Namun mau tidak mau kamu harus maksimal dalam hal ini di mana usahakan jangan sampai ada typo pada penulisan kalimat di dalam surat lamaran pekerjaan yang kamu buat. Hal ini untuk menunjukan ke profesionalitasan kamu sebagai calon pekerja.

3. Jangan Melamar Jabatan yang Terlalu Tinggi

Memang benar memiliki jabatan yang tinggi adalah idaman bagi setiap orang dalam hal dunia kerja. tapi kalau kamu masih fresh graduate dan tiba-tiba melamar pekerjaan dengan jabatan tinggi semisal manager? Ini sangat tidak direkomendasikan karena dengan ini, kamu akan dianggap terlalu menyepelekan pekerjaan, lha ya wong kerja saja belum pernah kok mau melamar posisi yang paling tinggi? Sesuaikan saja dengan skill yang kamu miliki, nggak ada salahnya memulai pekerjaan dari bawah meskipun kamu sarjana sekalipun.

4. WAJIB! Lampirkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Hampir kebanyakan orang pasti mengalami kasus dimana ada salah satu dokumen yang ternyata kurang dan alhasil tidak dilampirkan dalam surat lamaran kerja, bisa jadi karena lupa atau terselempit. Hal-hal seperti ini tidak boleh kamu lakukan. Kumpulkan atau lampirkanlah semua file atau berkas lampiran yang tertera di surat lamaran kerja kamu, sesuaikan dengan instruksi yang ada di keterangan lowongan pekerjaan.

5. Usahakan Lamar Posisi yang Sesuai dengan Kehalian dan Pendidikan

Terakhir, cobalah untuk realistis dengan melamar pekerjaan yang sesuai keahlian kamu atau latar belakang pendidikan. Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orang yang menyimpang saat membuat lamaran kerja, jurusannya ekonomi tapi melamar menjadi teknisi? Tentu kurang tepat. Kecuali kalau kamu benar benar punya keahlian tersebut, cobalah untuk melampirkan keterangan tambahan bahwa kamu memang berkompeten dalam hal tersebut seperti menuliskan pengalaman dan lebih baik lagi melampirkan dokumen atau sertifikat pendukung.

Edited : Dwicahyo Ekagatta Citta


Sumber: https://www.hipwee.com/list/hindari-5-hal-ini-saat-membuat-surat-dan-melamar-pekerjaan-kalau-tidak-ingin-di-tolak/


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 05/06/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 5134
  • Available Position : 36156
  • Total Jobseekers : 385829
  • Total Employer : 11271