Articles

Peluang Kerja Lulusan IT

Perkembangan pesat industri bisnis yang juga diiringi dengan perkembangan Teknologi Informasi (IT) baik di Indonesia maupun diluar Indonesia, membuat banyak pelaku bisnis mengunakan IT untuk mendukung operasional dan strategi bisnis, sehingga IT itu sendiri menjadi sebuah kebutuhan. Karena inilah maka perusahaan banyak sekali membuka peluang kerja untuk posisi IT. .

Berdasarkan survey yang dilakukan di Amerika pada tahun 2012 oleh Computerworld (Online Magazine - http://www.computerworld.com/), terdapat 5 posisi IT yang popular dan sering dicari oleh perusahaan. 5 Job tersebut adalah:

a. Programming dan Application Developer
b. System Analist
c. Help Desk / IT Support
d. Networking
e. IT Operasional

Di Indonesia, survey yang dilakukan oleh BINUS Career sepanjang tahun 2011, tercatat sebanyak 1049 Programmer dan Developer yang dibutuhkan oleh industry untuk mengembangkan aplikasi.

Dari survey ini terlihat jelas bahwa, posisi programming dan application developer masih menduduki peringkat pertama. Serta kebutuhan SDMnya akan terus meningkat yang ditandai dengan banyaknya industri yang mulai bergantung pada IT melalui pengembangan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam menjalankan bisnisnya. .

Kebutuhan industri akan aplikasi yang akan digunakan juga mengalami perkembangan, mulai aplikasi yang hanya berbasiskan desktop hingga aplikasi yang berbasiskan web yang mengutamakan integrasi data. Selain itu ada platform lain yang juga sudah mulai dilirik oleh beberapa pelaku bisnis yakni mobile.

Pekerjaan programmer bukan hanya semata-mata membuat code aplikasi dan melakukan testing dan menganalisa probabilitas kesalahan yang mungkin terjadi pada saat aplikasi ini dijalankan. Tetapi dalam membangun aplikasi, programmer juga harus mampu melakukan analisa terhadap penggunaan syntax dan logika yang tepat dalam mentranslasikan proses bisnis yang ada. Dengan penggunaan syntax dan logika yang tepat, maka aplikasi dapat berjalan dengan optimal, yang pada akhirnya berguna untuk mendukung tujuan bisnis sebuah organisasi.

Dengan demikian ada pelajaran yang bisa didapatkan dari pekerjaan programmer yakni kemampuan analisa yang semakin kuat yang dapat dijadikan modal untuk menjadi seorang expert dibidangnya. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh BINUS Career ke perusahaan, diperoleh kesimpulan bahwa untuk menjadi seorang sistem analis juga dibutuhkan kemampuan programming. Oleh sebab itu perusahaan mencari seorang sistem analis yang sudah memiliki beberapa tahun pengalaman di bidang programming. Tetapi masih ada juga segelintir perusahaan yang masih dapat menerima seseorang menjadi sistem analis walaupun tanpa ada kemampuan programming sebelumnya.

Oleh: Sudiana.S.Kom Career Development Spesialist

Uploaded By : Ervan Yulius
Last Update : 16/05/2012

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2265
  • Available Position : 29617
  • Total Jobseekers : 79207
  • Total Employer : 9881