Articles

Biar Cepat Kelar! Ini 5 Tips Menghalau Sikap Perfeksionis dalam Karier

Menghasilkan karya yang berkualitas dalam bekerja merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun, kadang ada orang yang bersikap perfeksionis untuk menghasilkan karya tersebut. Sikap ini dimiliki oleh beberapa orang yang selalu mendambakan pekerjaan dengan hasil sempurna.

Padahal, sikap perfeksionis tak melulu baik buat kariermu. Agar tak terbebani dengan sikap perfeksionis, berikut lima hal yang bisa kamu lakukan!

1. Jangan berekspektasi berlebihan

Bekerja maksimal memang suatu kewajiban. Namun, jangan sampai kamu berekspektasi berlebihan, misalnya kamu terobsesi ingin selalu mendapatkan pujian. Apresiasi dalam pekerjaan memang hal yang biasa, tapi jika terbebani dengan pujian hasil dari pekerjaan yang kamu lakukan nantinya tidak maksimal jika tak sesuai ekspektasimu.

2. Utamakan prioritas

Tidak semua hal harus kamu lakukan secara sempurna. Adakalanya, kamu mengabaikan mana yang seharusnya tidak menjadi prioritas dalam pekerjaan. Jangan sampai kamu bersikap perfeksionis dalam bidang tertentu, kamu mlah menutup diri dari bidang lainnya. Mengerjakan sesuatu hanya terpaku pada standar diri sendiri sebenarnya hanya membuat mentalmu terbebani.

3. Menerima apapun hasilnya

Biasanya, orang yang perfeksionis berusaha tampil sempurna dan takut akan kritik. Segera ubah pikiran tersebut. Kritik dan saran bisa menjadikan mentalmu kuat.

4. Lebih banyak berdiskusi

Sikap perfeksionis kadang membuat seseorang banyak berdiam diri. Cobalah untuk lebih banyak bersosialisasi dengan rekan kerja. Sampaikan apa yang membuatmu bisa menghilangkan sifat perfeksionismu dengan orang yang bisa dipercaya. Kamu bisa saling berbagi tentang pengalaman apa saja yang bisa membuat pikiranmu lebih terbuka.

5. Kerja cerdas

Tanpa kamu sadari, perfeksionis bisa membuang waktu. Itu karena kamu berkutat dengan satu hal yang sebenarnya tak perlu kamu lakukan demi hasil yang berkualitas. Banyak waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk hal lainnya. Kerja cerdas dengan memanfaatkan peluang untuk hal-hal baru lebih bijak, loh.

Lima hal di atas bisa kamu terapkan agar tak selalu bersikap perfeksionis dalam pekerjaan. Tidak ada pekerjaan yang sempurna, namun kamu bisa maksimalkan potensimu untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.


Source: https://www.idntimes.com/life/career/akbar-30/tips-menghalau-sikap-perfeksionis-dalam-karier-c1c2/full?utm_source=relatedarticle&utm_medium=website&utm_campaign=internal


Author: Akbar

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 21/10/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2365
  • Available Position : 40270
  • Total Jobseekers : 467860
  • Total Employer : 11630