Articles

5 Cara Agar Bisa Bersahabat dengan Dirimu Sendiri

Kehidupan yang sesuai dengan keinginanmu serta keberuntungan yang bertubi-tubi menjadi idaman bagi dirimu dan semua orang, bahkan semua orang bisa melakukan apa pun agar apa yang mereka inginkan terjadi. Tetapi, nampaknya kehidupan yang dibayangkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tidak bersahabatnya kamu dengan diri kamu sendiri bisa menjadi factor banyaknya kegagalan dan munculnya berbagai masalah dalam hidup, entah itu secara langsung atau tidak langsung. Lalu bagaimana caranya agar kit bisa bersahabat dengan diri kita dan hidup kita semakin bahagia?

1. Memaafkan dirimu sendiri

Hal sederhana yang harus kamu lakukan adalah memaafkan dirimu sendiri, terasa sulit memang tapi kamu bisa memulainya dengan mengatakan aku memaafkan diriku pada dirimu sendiri.

Ucapkan kalimat tadi dengan rasa ikhlas dan tenang, kamu juga bisa mengucapkan kalimat di atas ketika bangun tidur di pagi hari atau ketika kamu akan tidur di malam hari secara rutin. Perlahan kamu akan benar-benar memaafkan dirimu.

2. Berhenti menyalahkan orang lain

Karena tidak bisa menerima kenyataan yang pahit, kamu secara tidak langsung selalu menyalahkan orang lain atas kegagalan yang kamu alami.

Menyalahkan orang lain secara terus menerus hanya akan membuat dirimu semakin tertekan secara mental. Berhenti menyalahkan orang lain dan kamu bisa menggantinya dengan mengintropeksi dirimu sendiri.

3. Ikuti kata hatimu

Belajar dari masa lalu, jangan biarkan orang lain masuk ke dalam urusan pribadimu dan ikut campur dalam membuat keputusanmu nantinya. Menerima saran dari orang lain boleh saja, tetapi tetap kamu yang mengambil keputusan. Ikuti kata hatimu ketika kamu benar-benar merasa yakin dan kamu tidak akan salah dalam mengambil keputusan.

4. Belajar dari pengalaman dan buat perencanaan

Selalu melakukan hal secara mendadak? Mulai sekarang berhenti dan coba buat perencanaan, percaya atau tidak membuat rencana juga salah satu hal untuk membuat kamu bersahabat dengan dirimu. Dengan membuat rencana apa yang akan kamu lakukan atau putuskan, kamu akan lebih siap untuk menerima dengan hati yang besar.

5. Sayangi dirimu

Bagaimana bisa kamu menyayangi orang lain tetapi kamu belum bisa menyayangi dirimu sendiri? Mulailah menyayangi dirimu dengan hal-hal sederhana. Kamu bisa buat agenda khusus untuk memanjakan dirimu sendiri, melakukan hobi atau kegiatan lain yang bisa kamu lakukan dengan orang terdekatmu.

Jadi, sudah siap bersahabat dengan dirimu?


Source: https://www.idntimes.com/life/inspiration/rinrin-rismaya/bersahabat-dengan-diri-sendiri-c1c2/full


Author: Rinrin Rismaya

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 21/10/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2365
  • Available Position : 40270
  • Total Jobseekers : 467860
  • Total Employer : 11630