Articles

5 Kiat Mengatasi Bad Mood saat Bekerja agar Tetap Profesional

Supaya tetap terlihat profesional saat bekerja, sebaiknya kesampingkan dulu emosi negatif yang kamu rasakan. Penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi bad mood yang efektif. Saat sedang bad mood, pasti kita akan sulit untuk produktif. Bahkan, terkadang kita juga kesulitan untuk menjaga sikap saat sedang kesal.

Hal itu bisa membuat atasan atau rekan kerja merasa terganggu dengan sikap menyebalkan yang kita tunjukkan. Bahkan, parahnya saat mengalami mood yang buruk, maka dapat menularkan ke orang lain sehingga suasana kerja pun menjadi tidak menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah pahami dulu cara mengatasi bad mood saat bekerja yang paling efektif seperti berikut ini.

1. Ketahui apa pemicu bad mood

Cara mengatasi bad mood yang pertama adalah dengan mengetahui apa penyebabnya. Cari tahu apa penyebabnuya, misalnya saat berangkat kerja naik ojek online, tapi ternyata sopirnya belum tahu jalan.

Hal itu membuatmu terlambat masuk kerja hingga akhirnya merasa bad mood dan tidak fokus bekerja. Saat mengalami suatu pengalaman yang tidak menyenangkan pasti bisa langsung merusak mood, tapi ingatlah bahwa kamu sedang bekerja. Berdamailah dengan diri sendiri dan atas cobalah maafkan driver ojek online itu dan move on.

2. Cobalah rehat dulu

Menurut Huffpost, salah satu cara mengatasi bad mood yang paling mudah ialah dengan menggerakkan tubuh. Kamu bisa mencoba berjalan-jalan di sekitar rumah, bila WFH atau kantor. Misalnya, mengambil air minum ke pantry, berjalan ke toilet atau sekadar berkeliling. Jika di sekitar rumah atau kantor terdapat cukup banyak pemandangan hijau, kamu bisa mencoba berjalan disekitar sana agar bisa lebih tenang.

3. Cari hal yang bisa membuatmu senang

Jika bad mood saat bekerja tidak segera diatasi tentunya akan memengaruhi orang lain. Bahkan, kadang kita tak sadar telah meninggikan nada suara sehingga dapat membuat rekan kerja merasa kesal. Jadi, sebisa mungkin segera perbaiki suasana hatimu. Misalnya melihat meme lucu di internet atau menonton video lucu bersifat komedi di YouTube. Setelah merasa baikan, menurut Psychology Today cobalah minta maaf kepada rekan kerja yang sudah terkena imbas dari amarahmu.

4. Coba lakukan kegiatan lain selain pekerjaan

Cara mengatasi bad mood saat bekerja yang satu ini bisa kamu coba untuk mendistraksi rasa kesalmu. Melakukan suatu hal yang disukai selain pekerjaan. Menurut CBS News, lakukan micro break atau istirahat sejenak dari pekerjaanmu dan lalu lakukan hal yang disukai. Misalnya, mengobrol dengan rekan kerjamu. Jangan ragu untuk menceritakan hal yang menyebabkan kamu merasa bad mood. Berbagi kisah yang membuat kita sedih dan kesal kepada orang lain terbukti ampuh membuat perasaan sedikit jadi lega.

5. Tarik napas yang dalam

Dilansir dari Forbes, melakukan teknik pernapasan bisa menjadi salah satu cara ampuh mengatasi bad mood. Saat sedang merasa kesal dan ingin menahan tangis, cobalah tenangkan dirimu dengan mengambil napas dalam-dalam.

Kamu bisa melakukan hal ini ditempat yang sepi agar bisa lebih mudah berkonsentrasi. Cara melakukannya cukup mudah, kamu perlu menarik napas yang dalam lewat hidung kemudian mengeluarkannya lewat mulut dengan perlahan. Cobalah lakukan dengan mata tertutup agar kamu bisa semakin merasa tenang. Setelah mencoba melakukan hal di atas pastinya perasaan akan lebih damai dan siap untuk kembali bekerja dengan fokus.

Sumber : https://glints.com/id/lowongan/cara-mengatasi-bad-mood/#.YAUoeegzbIU

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 25/02/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1079
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838