Articles

Mengenal Time Blocking. Metode Mudah untuk Manajemen Waktu

Bagaimana caramu membagi waktu ketika bekerja? Apakah dengan menggunakan aplikasi seperti Google Calendar untuk mengatur jadwalmu? Cara ini adalah metode manajemen waktu yang disebut sebagai time blocking. Time blocking merupakan salah satu metode manajemen waktu yang cukup populer. Bahkan, mungkin kamu telah menggunakan metode ini tanpa kamu sadari. Yuk, mengenal lebih jauh tentang time blockin!

Mengenal Time Blocking dan Manfaatnya

Time blocking menurut Todoist adalah metode yang dilakukan dengan membagi waktu yang kamu miliki menjadi blok-blok kecil. Alih-alih membuat to do list tanpa memberikan keterangan detail, kamu bisa “memblokir” waktu yang dimiliki untuk mengerjakan tugas tersebut. Metode ini memastikan kamu memiliki waktu untuk setiap tugas yang harus dikerjakan. Kamu juga bisa mengatur jadwal agar tidak saling bertabrakan. Berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan metode ini.

1. Membantumu fokus dalam bekerja

Time blocking membuat jadwal waktumu lebih spesifik untuk mengerjakan satu tugas tunggal. Saat melakukan ini, semua fokusmu akan terpusat pada tugas tersebut. Ini akan melatih otot-otot mental yang dibutuhkan untuk tiap pekerjaan. Sehingga akan lebih mudah mengerjakan sebuah tugas besar dengan membaginya diberbagai tugas kecil. Cara ini akan membuatmu lebih fokus ketika bekerja dan membuat pekerjaanmu dapat selesai tepat waktu.

2. Membantumu mengerjakan tugas-tugas kecil yang rutin

Umumnya tugas kecil seperti membalas email atau menyelesaikan berkas tertentu dapat menyita harimu. Akibatnya, kamu sulit mengerjakan tugas yang lebih penting. Jika kamu memblokir waktu khusus untuk mengerjakan tugas-tugas seperti ini, maka kamu memberikan batasan durasi untuk tugas itu. Kamu juga bisa menggabungkan berbagai tugas yang serupa dalam satu blok waktu yang sama. Cara ini akan membuatmu bekerja jadi lebih efisien.

3. Membuatmu lebih sadar terhadap waktu yang kamu gunakan

Melakukan manajemen waktu dapat menjadi sebuah tantangan sendiri. Terkadang, sulit untuk mengestimasikan waktu yang dibutuhkan untuk sebuah tugas. Ini dapat membuat waktu kerjamu jadi tidak efisien. Time blocking memaksamu untuk menghadapi prioritasmu saat ini. Hal ini akan membuatmu menyadari bagaimana caramu menghabiskan waktu yang kamu miliki. Secara sadar atau tidak, kita dipaksa untuk menemukan “ruang fisik” dalam kalendermu untuk setiap tugas ataupun janji yang kamu buat. Ini akan membuatmu lebih mudah menolak pekerjaan yang tidak bisa kamu lakukan.

4. Membantumu menyelesaikan pekerjaanmu

Seperti yang disebutkan di atas, time blocking dapat membantumu untuk lebih fokus ketika bekerja. Jadwal yang tertata akan membuat pekerjaanmu lebih efisien. Melalui metode ini, akan dapat melihat progress dari setiap pekerjaanmu. Kamu dapat melakukan follow up ketika ada pekerjaan yang belum selesai.

Cara Melakukan Time Blocking

Kamu bisa menggunakan berbagai tools manajemen waktu untuk membantumu melakukan time blocking. Namun, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara yang dilansir dari Rescue Time berikut ini :

1. Mulailah dengan prioritas yang paling penting

Kenali tujuanmu melakukan time blocking. Apakahuntuk membantu pekerjaanmu? Atau untuk membantumu menjalani keseharian dengan lebih efisien? Kamu bisa menggunakan metode time blocking untuk berbagai kebutuhan. Mengetahui apa yang menjadi prioritas akan membantumu menyusun jadwal dengan mudah dan langkah menyesuaikannya adalah dengan time blocking.

2. Buat blok waktu untuk rutinitasmu

Setelah mengetahui apa yang menjadi prioritasmu, kamu bisa mulai membuat time blocking sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya, kamu tidak langsung mulai dengan memblokir waktu untuk tugasmu. Mulailah dengan memblokir waktu untuk tugas-tugas yang sudah menjadi rutinitasmu. Apa rutinitasmu pada pagi hari? Apa yang kamu lakukan setelah pekerjaanmu selesai? Mungkin ini terlihat sepele, tetapi sebenarnya akan membantumu menjaga work-life balance.

3. Blokir waktu untuk tugas-tugas yang penting dan berat

Setelah mengatur jadwal untuk semua prioritas pribadimu, langkah selanjutnya dalam time blocking adalah mengatur jadwal untuk pekerjaanmu. Kamu bisa memulainya dengan memblokir jadwal untuk mengerjakan tugas-tugas penting terlebih dahulu. Cara ini akan memberimu cukup waktu untuk mengerjakan tugas tersebut dan dapat membuatmu bekerja secara fokus dan efisien.

4. Sisihkan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil

Setelah tugas-tugas penting yang menjadi prioritasmu terjadwal, saatnya kamu menyisihkan waktu untuk mengerjakan berbagai tugas kecil. Ini termasuk membalas email atau menerima panggilan telepon.

Memilih waktu khusus untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut akan membuatmu lebih fokus ketika bekerja. Tidak akan ada lagi email yang terlewatkan karena kamu memiliki waktu khusus untuk memeriksa inbox-mu.

5. Sesuaikan jadwalmu dengan keseharianmu

Setelah semua tugasmu terjadwal, saatnya menyesuaikan dengan keseharianmu. Hal ini bisa mulai dengan menyesuaikan jadwal yang kamu miliki dengan to do list yang harus diselesaikan pada hari itu. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa melihat apakah metode ini sesuai denganmu atau tidak. Tidak semua metode manajemen waktu bisa digunakan oleh semua orang. Kamu bisa menggunakan metode time blocking atau metode lain yang sesuai untukmu. Manajemen waktu yang baik sangat penting untuk work-life balance kamu. Selain itu, masih banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan agar dapat menjaga work-life balance.

Sumber : https://glints.com/id/lowongan/time-blocking-adalah/#.X_5iaOgzbIV

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 25/02/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1079
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838