Articles

Menjadi Bahagia di Tempat Kerja

Menjadi pribadi yang bahagia adalah hal yang tentu diinginkan semua orang. Adapun hal yang membahagiakan bagi seseorang sifatnya sangatlah subjektif. Ada yang bahagia ketika bisa berkumpul bersama orang terdekat, bahagia ketika berlibur ke tempat yang diinginkan atau bahkan bahagia ketika akhirnya bisa menonton film yang diidam-idamkan. Pada umumnya, beberapa hal yang disebutkan tersebut memang merupakan hal yang bersifat menyenangkan sehingga menciptakan kebahagiaan dalam diri seseorang. Namun, mungkinkah kita merasa bahagia di tempat kita bekerja?

Bekerja dapat didefinisikan sebagai melakukan sesuatu hal yang menjadi kewajiban. Selain itu, bekerja juga dapat didefinisikan sebagai tindakan melakukan rutinitas yang bersifat wajib sehingga dapat pula mendapatkan hal yang sifatnya adalah hak. Dengan definisi yang cukup jauh dengan hal yang bersifat menyenangkan, mungkinkah kita merasa bahagia saat sedang bekerja? Jawabannya adalah sangat mungkin dan penting untuk dapat dicapai oleh seseorang.

Berdasarkan penelitian, merasa bahagia dengan pekerjaan yang kita lakukan akan meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja. Merasa bahagia di tempat kerja akan memberikan kenikmatan dalam melakukan pekerjaan, mampu dengan baik menghadapi kegagalan, merasa nyaman dengan kolega, rekan kerja, klien ataupun customer dan mengetahui bahwa pekerjaan kalian bermakna bagi diri kalian sendiri, organisasi dan masyarakat secara luas. Lalu, melihat pentingnya menjadi bahagia di tempat kerja, apa sajakah hal yang bisa mempengaruhi kebahagiaan kalian di tempat kerja? Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips sehingga kalian bisa merasa bahagia di tempat kalian bekerja:

1. Temukan pekerjaan yang kalian enjoy saat melakukannya

Definisi pekerjaan yang menyenangkan dan dapat dinikmati bagi setiap orang adalah hal yang berbeda-beda. Ada individu yang senang ketika pekerjaan yang dilakukannya dapat membuat dirinya mengeluarkan skill dan potensi yang dimiliki secara maksimal. Ada pula individu yang sangat menikmati pekerjaannya ketika hal yang dilakukan sejalan dengan value ataupun tujuan yang dimilikinya dalam hidup. Kita mungkin tidak bisa selalu merasa bersemangat ketika melakukan sebuah pekerjaan, namun ketika kalian menyukai bidang yang kalian lakukan, kalian akan terus menemukan alasan untuk tetap melakukan pekerjaan kalian tersebut dengan baik

2. Tetap update dengan hal yang terjadi di tempat kerja

Saat kalian berada di tempat kerja, tidak selamanya terus-menerus mendapatkan informasi terkini seputar pekerjaan atau hal yang terjadi di lingkungan kerja. Ketika kalian terus-menerus tidak mengikuti perkembangan yang terjadi di tempat kerja, terkadang hal tersebut akan menyebabkan perasaan “tertinggal” ataupun “hilang arah”. Kalian menjadi tidak tahu apa yang harus dilakukan dan tidak merasa menjadi bagian dari perusahaan maupun pekerjaan kalian seutuhnya. Oleh karena itu, penting untuk bertanggung jawab pada diri kalian sendiri akan informasi yang ada di sekitar kalian. Apabila kalian merasa tertinggal informasi, aktiflah untuk bertanya pada atasan atau rekan kalian.

3. Temukan pekerjaan yang memungkinkan kalian melakukan hal di luar pekerjaan

Pada praktiknya, tidak semua orang dapat menemukan pekerjaan yang 100% cocok yang bisa membuat mereka bahagia saat melakukannya. Di sisi lain, saat kita mencintai pekerjaan kita pun, sangat mungkin ada satu saat di mana kita merasah jenuh dengan rutinitas yang ada di pekerjaan kita. Saat itu lah kita membutuhkan kegiatan yang bersifat refreshing sehingga kita bisa merasa recharge ketika sedang merasa jenuh dan penat di tempat kerja. Oleh karena itu, menemukan pekerjaan yang memungkinkan kalian untuk melakukan hal lain selain yang berhubungan dengan pekerjaan adalah salah satu karakteristik yang penting untuk dipertimbangkan.

4. Hindari hal negatif di tempat kerja

Terlibat dalam lingkungan sosial yang negatif ditempat kerja akan mengurangi kebahagiaan kalian. Adapun contoh lingkungan yang harus kalian hindari adalah yang didominasi dengan pribadi yang sering bergosip dan sangat banyak mengeluh. Terjebak dalam lingkungan seperti ini sangat tidak sehat karena dapat berpengaruh pada tingkat produktivitas di tempat kerja. Apabila kalian menemukan orang seperti ini dan tidak bisa kalian hindari, cobalah untuk mengalihkan pembicaraan mereka ketika mereka mengajak untuk bergosip. Alihkan dengan obrolan yang lebih positif dan bersifat membangun.

5. Hubungan baik dengan rekan kerja

Karyawan yang memiliki hubungan pertemanan yang baik di tempat kerja diketahui lebih bahagia dan memiliki motivasi tinggi. Bagaimana tidak? Karyawan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja. Ketika kalian memiliki hubungan sosial yang baik, kalian akan merasa lebih nyaman untuk beraktivitas dan menyelesaikan pekerjaan bahkan dalam waktu yang lama sekalipun setiap harinya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa merasa bahagia di tempat kerja memiliki pengaruh yang sangat penting sehingga kita lebih produktif, memiliki motivasi yang tinggi dan menjadi lebih resilien ketika menghadapi kegagalan di tempat kerja. Penjelasan di atas menjelaskan beberapa tips sehingga kalian bisa lebih bahagia di tempat kerja. Dimulai dari sekarang, kalian bisa mulai mencari tahu tipe pekerjaan seperti apakah yang dapat kalian nikmati. Saat kalian lulus nanti, kejar posisi tersebut dan lakukanlah tips-tips lainnya yang telah dijelaskan di atas. Selamat berjuang!

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Fisher, C. D. (2010). Happiness at Work. International Journal of Management Reviews Vol. 12, 384–412.
Heathfield, S. M. (2019, November 30). Top 10 Ways to be Happy at Work. Retrieved from Balance Career: https://www.thebalancecareers.com/top-ways-to-be-happy-at-work-1919219
Simon-Thomas, E. R. (2018, August 29). The Four Keys to Happiness at Work. Retrieved from Greater Good Magazine: Science-Based Insights for Meaningful Life: https://greatergood.berkeley.edu/article/item/the_four_keys_to_happiness_at_work

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 02/03/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1077
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838