Articles

Cara Berpikir Positif

Setiap individu tentu akan selalu berusaha untuk mewujudkan impian dan cita-cita selama hidupnya. Apapun dilakukan semata-mata untuk meraih kebahagiaan. Namun tak jarang kenyataan berbeda dengan harapan. Kondisi ini lah yang terkadang membuat pikiran-pikiran negative dan memicu terjadinya stress. Pikirian-pikiran negative yang sering muncul dapat menyebabkan cemas, stress atau mengalami depresi. Apabila dibiarkan terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan menyebabkan gangguan mental. Ada banyak kasus stress yang terjadi akibat pikiran-pikiran negative setelah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, berpikir positif diperlukan untuk menghindari gangguan mental yang bisa terjadi dan memberi pengaruh baik untuk keadaan psikologis.

Berpikir positif juga mampu mengubah persepsi seseorang, yuk ini beberapa cara berpikir positif agar hidup kamu semakin bahagia dan bermakna.

1. Selalu bersyukur

Manusia tak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dipastikan setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Namun yang perlu kita sadari bahwa kita tidak hidup sendiri, dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah lebih besar. Ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki merupakan salah satu upaya mendewasakan diri agar ke depannya dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini, yang patut disyukuri seperti memiliki keluarga, sahabat dan pekerjaan. Bahkan termasuk bernafas hari ini termasuk salah satu bentuk rasa syukur. Dengann begitu, pikiran serta hati kita akan jauh lebih tenang dan tentram.

2. Selalu mengingat hal-hal Baik

Setiap individu dapat dipastikan pernah melakukan hal-hal yang baik selama hidupnya. Mengingat kembali peristiwa atau kebaikan yang pernah kita lakukan, bisa membuat diri kita menjadi lebih bersyukur. Perubahan kecil dalam berpikir dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk lebih mengatur perasaan dan perilaku ketika berada dalam tekanan dan memperbaiki cara pandang kita terhadap persoalan yang sedang dihadapi.

3. Membiasakan untuk selalu Tersenyum

Dengan tersenyum dapat memberi efek positif ketika menjalani kehidupan sehari-hari dan bisa menetralisir segala ketegangan ketika berada dalam tekanan. Serta dapat menurunkan stress, kecemasan dan depresi.

4. Meningkatkan Optimisme

Dengan memiliki rasa optimis tinggi, kita menjadi pribadi yang tidak takut gagal saat akan melakukan sesuatu dan lebih siap dengan segala resiko yang bisa terjadi, sehingga membuat kita jauh lebih tenang dan menghindarkan stress.

5. Menumbuhkan Kesadaran Setiap Orang Memiliki Kelebihan

Kita melihat persoalan yang terjadi dan mengambil sisi baiknya dan tidak mencari kesalahan orang lain. Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

6. Meditasi

Merupakan salah satu metode relaksasi tubuh dan pikiran agar dapat melepaskan bebas. Dengan melakukan ini, kita akan dapat memperbaiki, mengoreksi dan membenahi semua hal yang pernah dialami.

Dengan melakukan cara-cara di atas, semoga dapat membantu kamu untuk lebih berpikir positif dan bisa membuat hidup kamu menjadi lebih bahagia dan bermakna.

Disusun oleh : Ira Setyawati

Sumber dari :
Nugraha, Jevi. (2020). 6 Cara Berpikir Positif agar Hidup Semakin Bahagia dan Bermakna. Retrieved from https://www.merdeka.com/jateng/6-cara-berpikir-positif-agar-hidup-semakin-bahagia-dan-bermakna-kln.html?page=3https://glints.com/id/lowongan/mengatasi-gugup-di-hari-pertama-kerja/#.YAUpfOgzbIU

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 02/03/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1079
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838