Articles

Menjadi Presentator Virtual Handal

Menjadi Presentator yang handal adalah skill yang harus kalian kembangkan sedini mungkin. Bangku perkuliahan, salah satunya, merupakan jenjang yang dapat kalian manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan memaparkan presentasi di depan orang banyak. Untuk mempresentasikan sesuatu secara langsung di kelas, contohnya, mungkin kalian sedikit banyak sudah terbiasa. Akan tetapi, di kondisi pandemik seperti sekarang , hamper seluruh proses pembelajaran dilakukan secara online. Presentasi tugas pun tetap banyak dilakukan, namun kembali lagi, akan dilakukan secara online.

Lalu, pertanyaannya, adakah hal spesifik yang harus kalian perhatikan agar presentasi secara online berjalan dengan lancar? Atau jangan-jangan sebenarnya presentasi secara langsung dan online sebenarnya sama saja? Jawabannya adalah tentu saja kedua jenis presentasi tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling utama adalah penggunaan teknologi dam media online yang berarti kalian pun harus memastikan bahwa media-media tersebut dapat berfungsi dengan baik. Secara lebih jelas, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips agar kalian menjadi presentator virtual yang handal:

a. Berpakaianlah dengan pantas, selayaknya kalian presentasi secara langsung

Salah satu kesalahan utama yang masih cukup sering ditemukan ketika seseorang melakukan rapat virtual atau presentasi secara online adalah menggunaan pakaian rumah yang kurang rapi. Hal yang seharusnya kalian lakukan adalah menggunakan pakaian rapi sebagaimana yang akan kalian pakai ketika melakukan presentasi, kuliah ataupun rapat secara langsung.

b. Arahkah pandangan kalian ke kamera pada laptop atau komputer

Kekeliruan lainnya yang cukup sering dilakukan seseorang ketika melakukan presentasi secara virtual adalah mengarahkan pandangannya pada partisipan lain di layar atau justru mengarahkan pandangannya pada layar yang menampilkan wajahnya sendiri. Sederhananya seperti ini, apabila kalian berbicara secara langsung dengan orang lain, maka kalian harus mempertahankan eye contact dengan lawan bicara. Ketika kalian melakukan presentasi secara online, eye contact bisa kalian pertahankan dengan mengarahkan pandangan kalian pada kamera laptop atau komputer. Hal ini mungkin terasa sepele, namun kalian bisa mencoba untuk melihat perbedaannya dengan me-record kalian saat melakukan presentasi via video conference. Lihatlah perbedaan ketika kalian mengarahkan pandangan mata ke layar dan pada saat kalian mengarahkan pandangan kalian ke kamera laptop atau komputer. Dengan melihat ke kamera laptop, audiens akan merasa kalian menatap langsung ke arah mereka ketika sedang berbicara.

c. Pastikan kalian sudah paham betul cara mengoperasikan aplikasi yang digunakan

Terdapat bermacam-macam aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan Video Conference, contohnya Zoom, Teams atau Google Meet. Ketiga aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama namun pengoperasian yang berbeda. Sebelum kalian melakukan presentasi, pastikan aplikasi yang akan kalian gunakan di hari presentasi dan pelajari cara penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini menghindari kalian kesulitan secara teknis di hari-H yang mengakibatkan konsentrasi kalian terpecah ketika sedang melakukan presentasi.

d. Pilih ruangan dengan pencahayaan yang baik, background yang tidak distraktif dan minim gangguan

Selama presentasi dilakukan pastikan ruangan yang kalian gunakan memiliki pencahayaan yang baik dan kondusif. Hindari ruangan yang penuh dengan distraksi, seperti dekat tempat mencuci baju atau di ruangan yang di dalamnya terdapat banyak orang. Apabila kalian memilih kamar sebagai tempat kalian melakukan presentasi, kalian pun harus memastikan kamar kalian sudah tertata rapi.

e. Gunakan headset/headphone dengan microphone

Pada dasarnya, hampir seluruh laptop sudah dibekali dengan microphone. Akan tetapi, apabila kalian menginginkan kualitas suara yang lebih baik, gunakanlah headset/ headphone/ airpods dan semacamnya ketika sedang melakukan presentasi secara online. Dengan menggunakannya, kualitas suara kalian pun akan lebih baik sehingga audiens yang hadir dapat mendengarkan presentasi kalian dengan lebih jelas.

f. Perhatikan gerakan non-verbal

Perhatikan gerakan non-verbal pada saat kalian melakukan presentasi online. Hindari gerakan-gerakan yang justru bisa menjadi distraksi bagi audiens, seperti terlalu sering memainkan rambut atau tidak menggerak-gerakkan tubuh lainnya secara berlebihan. Terkadang, gerakan-gerakan non-verbal yang berlebihan muncul ketika kita sedang merasa cemas. Oleh karena itu, coba latihlah diri kalian untuk mengatasi kecemasan, salah satunya yang dapat muncul ketika sedang melakukan presentasi. Melakukan relaksasi pernapasan bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kecemasan. Selain itu, kalian bisa menggunakan gesture tangan ketika sedang menekankan suatu hal dalam presentasi kalian. Hal ini akan membantu audiens untuk aware akan hal-hal penting pada materi presentasi kalian.

g. Fokus pada topik dan presentasi sesuai waktu yang diberikan

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah fokus pada topik dan atur waktu presentasi kalian. Pada saat menyampaikan presentasi, kalian pasti sudah menyiapkan slide materi untuk ditampilkan. Gunakan itu sebagai acuan sehingga topik yang disampaikan masih sesuai dengan tema yang diangkat. Kalian pun harus tetap aware dengan waktu presentasi. Atur ritme presentasi kalian sehingga kalian dapat menyampaikan keseluruhan materi dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

h. Format slide materi mudah untuk dibaca dan diikuti audiens

Terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan pada slide materi kalian, yaitu pastikan tulisan yang ada pada slide tidak terlalu banyak dan memiliki ukuran dan warna yang mudah untuk dibaca audiens, pemilihan warna yang tidak terlalu mencolok pada slide, dan gunakan media lain yang berhubungan dengan materi, seperti gambar atau video agar materi bersifat atraktif dan tidak monoton.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita mengetahui beberapa tips sehingga kita dapat menjadi presentator yang baik, walaupun harus menyampaikan materi presentasi tersebut secara online. Memang terkadang terasa lebih menantang untuk membuat audiens benar-benar terlibat dengan aktif dan memperhatikan ketika presentasi dilakukan secara online. Oleh karena itu, cobalah untuk praktikan beberapa tips di atas dan terus berlatih sehingga kalian dapat menjadi presentator yang handal, baik itu secara langsung, ataupun secara online.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Huckle, B. (2020, April 3). Learn how to present like a Video Conferencing Pro. Retrieved from SecondNature: https://secondnatureuk.co.uk/blog/how-to-present-better-by-video-conference/
Lindberg, G. (2020, October 2). 8 Virtual Presentation Tips for College Students on Zoom/Teams. Retrieved from Saint Leo University: https://www.saintleo.edu/blog/8-virtual-presentation-tips-college-students-zoom-microsoft-teams

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 02/03/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1078
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838