Articles

Tips Sederhana untuk Berdiskusi dengan Sehat

Diskusi dapat didefinisikan sebagai suatu situasi ketika dua orang atau lebih individual mengekspresikan atau menyatakan pendapatnya mengenai suatu topik, permasalahan, solusi yang diinginkan, ataupun keseluruhan dari tema-tema tersebut. Sebuah situasi disebut sebagai diskusi ketika terdapat pertukaran informasi dan opini dari satu orang ke orang lainnya. Melakukan diskusi adalah hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja namun kemampuan untuk melakukan diskusi secara sehat lah yang harus kalian pelajar dari sedini mungkin.

Kemampuan diskusi yang baik dan sehat membuat kalian dapat bertukar ide hingga mendapatkan jalan keluar dengan cepat dan efektif. Berbeda dengan diskusi secara sehat. Kebalikannya, diskusi secara tidak sehat bisa mengakibatkan diskusi berputar-putar, adanya pribadi yang memaksakan kehendak hingga kurangnya usaha dari partisipan untuk benar-benar mendengarkan pendapat yang dimiliki oleh partisipan lainnya dalam diskusi. Diskusi seperti ini pada akhirnya tidak dapat menghasilkan kesimpulan akhir yang baik, bahkan tidak jarang diskusi hanya berlangsung secara berlarut-larut tanpa adanya jalan keluar. Lalu, apakah hal yang harus kita perhatikan dalam diskusi sehingga diskusi dapat berlangsung dengan baik? Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips sederhana untuk mengembangkan kemampuan diskusi:

1. Observasi: Hadiri seminar ataupun video tutorial dan buatlah catatan penting mengenai beberapa hal, seperti:
a. Bagaimana peserta memasuki suatu diskusi?
b. Bagaimana cara mereka menanyakan suatu pendapat?
c. Bagaimana mereka menyatakan bahwa mereka tidak setuju ataupun setuju terhadap suatu pendapat?
d. Bagaimana cara untuk menyatakan ketidaksetujuan dengan cara yang sopan?
e. Bagaimana mereka memberikan signal bahwa mereka ingin menanyakan sesuatu atau menyatakan pendapat?

2. Belajar untuk menjadi pendengar yang baik: Mendengarkan adalah kemampuan yang sangat penting, tidak terkecuali dalam berdiskusi. Pendengar yang baik adalah yang mampu mendengarkan secara efektif, artinya mereka tidak hanya mendengar apa yang dikatakan oleh seseorang, namun mereka benar-benar memikirkan dan memprosesnya. ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk dapat menjadi pendengar efektif, yaitu:
a. Pastikan diri kalian fokus pada hal yang sedang diutarakan oleh seseorang.
b. Identifikasi ide utama yang sedang dibahas oleh lawan bicara
c. Evaluasi apa yang sedang dikatakan. Pikirkan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan hal atau tema utama yang sedang dibahas dalam diskusi.
d. Dengarkan dengan pikiran yang terbuka dan pertimbangkan ide-ide baru yang bisa terwujud dari pendapat tersebut.
e. Tes pengertian yang kalian dapatkan dari pendapat orang lain dengan mencoba memparafrase apa yang orang lain katakana (parafrase dalam pikiran, tidak diutarakan)
f. Susunlah pertanyaan atau respon yang ingin kalian berikan dari pendapat pendapat yang kalian dapatkan dari orang lain.

3. Persiapkan diri dengan matang: Tips tambahan ketika kalian akan menghadiri suatu diskusi yang spesifik, persiapkanlah diri kalian dengan matang berkenaan dengan tema yang akan diangkat. Bacalah literatur ataupun sumber yang dapat mendukung pemahaman kalian akan tema yang akan diangkat dalam diskusi tersebut.

4. Berlatih: Kemampuan diskusi sangat mungkin dilatih, bahkan dalam situasi yang tidak formal sekalipun. Cobalah untuk mengajak teman-teman berdiskusi tentang situasi atau isu hangat yang ada di sekitar kalian.

5. Berpartisipasi: Mulailah untuk melakukan diskusi dari hal sekecil mungkin. Apabila kalian masih merasa sulit untuk berdiskusi dengan cara menyatakan pendapat baru, hingga menyatakan ketidaksetujuan akan sesuatu, kalian dapat berlatih untuk berpartisipasi dalam diskusi dengan cara:
a. Menyatakan setuju terhadap pendapat seseorang dan mengutarakan alasan kalian menyetujui pendapat tersebut.
b. Minta partisipan tersebut untuk menambahkan/mengembangkan pendapat yang telah dinyatakan sebelumnya.

Apabila kalian mulai merasa nyaman berada dan berpartisipasi dalam diskusi grup, kalian dapat mulai mencoba untuk menyatakan pendapat sesuai dengan topik yang diangkat dalam diskusi ataupun menyatakan ketidaksetujuan dengan hal yang sedang dibahas.

Demikian beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kalian saat berdiskusi dalam grup. Kemampuan sangat penting untuk dimiliki dan dikembangkan. Selain dengan tujuan mendapatkan suasana diskusi yang sehat, kemampuan diskus yang baik juga sangat sering digunakan saat tes seleksi masuk ke tempat kerja.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Joseph F. O'Brien (1939) A definition and classification of the forms of discussion, Quarterly Journal of Speech, 25:2, 236-243, DOI: 10.1080/00335633909380464
UNSW Sydney. (2014, August 19). Guide to Discussion Skills. Retrieved from UNSW Sydney Current Students: https://student.unsw.edu.au/discussion-skills

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 02/03/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1077
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838