Articles

Tips Teruntuk Kalian yang Bingung Menentukan Tema Skripsi

Sebagai mahasiswa, untuk lulus kalian tentu harus memenuhi beberapa syarat sehingga kalian terbukti pantas untuk lulus jenjang kalian tersebut, salah satunya adalah dengan menyelesaikan skripsi. Hingga saat ini, masih banyak mahasiswa yang menganggap skripsi sebagai hal yang cukup menakutkan. Jangankan untuk menyelesaikannya hingga akhir, terkadang mahasiswa pun cukup kesulitan saat proses pemilihan tema/judul skripsinya. Padahal, tips untuk menemukan judul skripsi amatlah sederhana. Berikut, akan dijelaskan beberapa tips yang dapat membantu kalian menemukan judul skripsi yang cocok:

a. Tentukan tema yang kalian rasa menarik

Sepanjang kalian melakukan masa perkuliahan, kalian akan menemukan mata kuliah atau tema yang disukai dan ada pula mata kuliah lainnya yang tidak terlalu sukai. Untuk menentukan tema atau judul dari skripsi yang kalian ingin susun, cobalah untuk tanyakan pertanyaan, “Apakah tema yang pernah saya pelajari dan saya merasa sangat tertarik saat mempelajarinya?” pada diri kalian. Apabila kalian sudah dapat menjawab pertanyaan tersebut, kalian bisa mulai menentukan tema dan mengembangkannya menjadi judul skripsi. Mengapa hal ini penting? Saat menjalani skripsi, tidak jarang seseorang merasa jenuh atau putus asa ketika mengalami kesulitan. Dengan memilih judul yang memang kalian tertarik, hal ini akan membuat kalian lebih tahan tekanan dan tidak mudah berputus asa, bahkan ketika sedang menemukan kesulitan pada penulisan skripsi sekalipun.

b. Pelajari kembali tugas-tugas kuliah yang telah kalian selesaikan sebelumnya

Sudah menemukan tema yang kalian sukai? Atau mungkin belum berhasil menemukannya? Jangan khawatir. Kalian pun bisa mencoba untuk membaca kembali tugas-tugas kuliah yang telah kalian selesaikan sebelumnya. Dari tugas-tugas tersebut, coba kalian cari tahu “Adakah hal yang bisa dikembangkan dari topik-topik tersebut?” atau “Adakah situasi terbaru saat ini yang menarik ketika dihubungkan dengan topik tersebut?” Dengan melakukan hal ini, selain membantu kalian untuk menemukan topik dan judul, ketika kalian berangkat dari tugas yang pernah kalian kerjakan, kalian tidak akan sepenuhnya mengerjakan skripsi kalian dari awal. Kalian sudah memiliki referensi dan teori-teori dasar yang bisa kalian masukan sebagai referensi dalam skripsi kalian.

c. Diskusikan tema yang kalian sukai dengan orang di sekitar kalian

Terkadang, setelah melakukan banyak hal kita tetap merasa buntu dan tidak yakin dengan topik dan judul yang ingin kita pilih. Saat kita mengalami hal seperti itu, cobalah untuk berdiskusi dengan orang sekitar kalian, contohnya dengan teman ataupun senior kalian di tempat kuliah. Tanpa kita sadari, berdiskusi akan membantu kita untuk lebih memikirkan sesuatu secara runtut sehingga kita akan lebih clear dan yakin dalam memilih suatu topik ataupun judul. Orang lain pun dapat memberikan masukan kepada kalian yang dapat membantu kalian untuk mendapatkan insight tertentu. Oleh karena itu, janganlah ragu untuk mencoba berdiskusi dengan rekan ataupun senior kalian ketika kalian merasa tidak yakin atau buntu ketika proses menemukan topik ataupun judul skripsi.

d. Diskusi dengan Dosen

Diskusi dengan Dosen adalah suatu tips yang amat dianjurkan untuk kalian lakukan sedini mungkin. Ketika kalian sudah mengetahui secara garis besar topik yang ingin kalian ambil, namun belum bisa men-spesifikkan judul ataupun gap yang mendasari kalian mengambil topik tersebut, bertanya serta berdiskusi dengan dosen adalah hal yang akan sangat menolong kalian. Lalu, bagaimanakah caranya menemukan dosen yang cocok untuk diajak berdiskusi? Jawabannya adalah dengan terlebih dahulu melihat konsentrasi tema yang dimiliki tiap dosen. Setiap dosen memiliki berbagai penelitian yang akan mempermudah kalian mengelompokkan dosen mana saja yang cocok untuk kalian ajak berdiskusi. Apabila mungkin kalian belum sama sekali mengetahui topik apa yang ingin kalian ambil, kalian pun juga bisa menemui dosen untuk menanyakan saran mengenai topik apakah yang disarankan untuk diambil. Tidak jarang, dosen pun memiliki penelitian yang melibatkan mahasiswa sebagai tim penelitiannya. Apabila topik tersebut cocok dengan ketertarikan kalian, tentu saja kalian dapat bergabung dalam tim penelitian dosen tersebut. Dosen juga biasanya akan memberikan referensi-referensi bacaan yang bisa kalian gunakan untuk mendalami topik yang kalian pilih. Apabila dosen yang kalian temui ternyata tidak mendalami topik yang kalian inginkan, kalian juga bisa mendapatkan informasi mengenai siapakah dosen yang tepat untuk ditemui dan berdiskusi mengenai topik tersebut.

e. Lihatlah Kekurangan, Saran atau Hal yang belum terbahas dalam karya tulis yang Telah Dipublikasikan Sebelumnya

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk menemukan judul adalah dengan banyak membaca jurnal penelitian yang sudah dipublikasikan. Dalam jurnal tersebut, pasti terdapat keterbatasan dan kekurangan. Keterbatasan dan kekurangan yang ada dalam penelitian tersebut dapat menjadi dasar melakukan penelitian dalam skripsi kalian. Mudahnya, dalam setiap penelitian pasti terdapat bagian “saran untuk penelitian selanjutnya”. Dalam bagian tersebut, peneliti akan menuliskan apa saja hal yang belum terbahas ataupun keterbatasan dalam penelitian tersebut yang dianjurkan untuk diteliti pada penelitian berikutnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa tips untuk menemukan judul skripsi bisa kalian dapatkan dari internal dan juga eksternal. Kalian memang bisa mulai mencoba merefleksikan ketertarikan terhadap tema tertentu, namun ketika kalian merasa buntu untuk mengembangkannya menjadi sebuah judul kalian bisa berdiskusi dengan teman seangkatan, kakak angkatan ataupun dengan dosen sehingga kalian bisa mendapatkan insight baru mengenai topik kalian tersebut. Selain itu, kalian pun bisa melihat bagian saran pada penelitian terdahulu untuk menemukan topik-topik apa sajakah yang masih bisa untuk dikembangan.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Pineda, A. P. (2019, March 29). How to Choose Your Thesis Topic. Retrieved from Central European University: https://www.ceu.edu/article/2019-03-29/how-choose-your-thesis-topic
Grad School Hub. (2020, August 4). 5 Tips for Selecting a Thesis Topic . Retrieved from Grad School Hub: https://www.gradschoolhub.com/lists/5-tips-for-selecting-a-thesis-topic/
Effective Thesis. (2018). How to Choose a Research Topic . Retrieved from Effective Thesis: https://effectivethesis.org/theses/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 02/03/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1079
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838