Articles

Creative Thinking VS Critical Thinking

Umumnya kita sering kali menggunakan 2 cara berpikir ini yaitu creative thinking dan critical thinking ketika belajar, proses evaluasi, klarifikasi suatu ide atau konsep, proses mencari kemungkinan dan pertimbangkan alternative pemecahan masalah. Lalu apa sih bedanya creative thinking dan critical thinking. Sekarang kita bahas ya satu per satu, agar sama-sama tau bedanya nih.

Creative thinking atau berpikir kreatif adalah cara pandang dalam melihat suatu masalah dari perspektif baru untuk memahami sesuatu yang baru atau original. Creative thinking biasanya dilakukan oleh kita saat ingin mencari inspirasi, atau ide sebagai sesuatu yang baru. Cara pandang ini biasanya akan menghasilkan banyak sesuatu yang baru.

Banyak yang salah paham bahwa creative thinking hanya diperlukan untuk profesi yang berkaitan dengan seni atau arts. Seperti Penulis novel, pelukis, musisi atau penyanyi. Contoh berpikir kreatif yang dilakukan oleh musisi adalah mengubah aransemen lagu lama menjadi aransemen musik yang lebih kekinian, atau pelukis yang menciptakan kreasi baru menjadi karya yang bagus. Creative thinking juga diperlukan dalam kewirausahaan atau perusahaan, sehingga mereka mampu menyelesaikan setiap permasalahan atau konflik yang terjadi dalam pekerjaan. Atau dengan kata lain, bisa membantu kita dalam mencari jalan keluar.

Sedangkan critical thinking atau berpikir kritis adalah cara pandang yang logis dan rasional dalam proses melakukan analisa, evaluasi, penafsiran informasi untuk membuat judgement dan atau keputusan yang tepat. Cara pandang ini biasanya mempertimbangkan banyak sudut pandang, mengandalkan fakta yang ada untuk menghasilkan suatu keputusan dalam mencari beberapa alternative. Critical thinking berperan dalam perkembangan moral, perkembangan social, perkembangan mental, perkembangan kognitif dan perkembangan sains, dimana segala pengetahuan dan ketrampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan yang muncul.

Dengan creative thinking dan critical thinking ini akan berperan penting dalam mempersiapkan kita agar menjadi pemecah masalah yang baik dan mampu membuat keputusan maupun kesimpulan yang matang dan mampu dipertanggungjawabkan.

Disusun oleh : Ira Setyawati

Referensi :
Kiptiyah, B. M. (2019). CRITICAL AND CREATIVE THINKING IN THE WRITING OF THE EXPOSITION TEXT. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Volume 3 Nomor 1, 19-25.
Kompasiana. (2019). Creative Thinking vs Critical Thinking. Retrieved from https://www.kompasiana.com/mictransformer/5c6e7909aeebe1492c6e00da/creative-thinking-vs-critical-thinking#:~:text=Creative%20Thinking%20merupakan%20cara%20berpikir,proses%20berpikir%20yang%20menghasilkan%20kreativitas.&text=Critical%20Thinking%20(atau%20Berpikir%20Kritis,yang%20ingin%20diyakini%20sebagai%20kebenaran.
NN. (2021). Critical and Creative Thinking. Retrieved from https://www.australiancurriculum.edu.au/f-10-curriculum/general-capabilities/critical-and-creative-thinking/
NN. (2021). Critical Thinking vs Creative Thinking. Retrieved from https://thepeakperformancecenter.com/educational-learning/thinking/critical-thinking/critical-thinking-vs-creative-thinking/
NN. (2019). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Critical and Creative Thinking. Retrieved from Among Guru : https://www.amongguru.com/keterampilan-berpikir-tingkat-tinggi-sebagai-critical-and-creative-thinking/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 02/03/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1078
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838