Articles

Menjadi Orang yang Kreatif

Oleh : Esther Widhi Andangsari
 
"Being creative is seeing the same things as everybody else but thinking of something different"
 
Pada masa sekarang ini, tempat-tempat bekerja senantiasa menuntut karyawannya atau pekerjanya untuk dapat memunculkan inovasi. Inovasi atau ide-ide baru yang berguna meningkatkan kualitas pekerjaan. Mau tidak mau seorang pekerja akhirnya dituntut untuk memiliki kreatifitas. Akar dari inovasi adalah kreatifitas. Lebih lanjut juga dikatakan bahwa bila kita terjun ke dunia bisnis, maka kita juga bergulat dengan kreatifitas. Bisnis adalah kegiatan kreatifitas.

Robert Epstein, Ph.D, seorang psikolog mengatakan bahwa sebetulnya setiap manusia memiliki kemampuan kreatifitas. Dengan demikian tidak ada alasan kita mengatakan "Saya bukan orang yang kreatif", yang ada hanyalah belum mengasah potensi kreatifitas yang dimilikinya. Semakin sering kita mengikuti pelatihan yang mengasah kreatifitas, semakin baik potensi kreatifitas yang dimiliki.

Salah satu ciri dari orang yang kreatif adalah bahwa ia mampu memunculkan beragam alternatif dari permasalahan yang dihadapinya. Pada umumnya orang dewasa mampu memikirkan 3-6 alternatif pada setiap situasi yang membutuhkan pemecahan masalah. Sedangkan anak-anak mampu memikirkan sekitar 60 alternatif.
 
Apa Itu Kreatifitas ?
Sebenarnya belum ada kesepakatan bersama mengenai definisi kreatifitas yang baku. Tetapi setidaknya kreatifitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menempatkan sejumlah objek-objek yang ada dan mengkombinasikannya menjadi bentuk yang berbeda untuk tujuan-tujuan yang baru.
 
Kreatifitas meliputi 3 hal :
1. Kreatifitas merupakan Kemampuan (Ability)
  Yaitu suatu kemampuan untuk membayangkan atau menemukan suatu hal yang baru
   
2. Kreatifitas merupakan Sikap (Attitude)
  Yaitu kemampuan untuk menerima perubahan dan sesuatu yang baru
   
3. Kreatifitas merupakan sebuah Proses (Process)
  Orang yang kreatif merupakan orang yang terus-menerus membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap pada pekerjaan mereka.
 
Keuntungan yang Diperoleh Dari Menjadi Orang yang Kreatif
1. Dapat mengembangkan potensi kita diluar batasan inteligensi
2. Adanya pertumbuhan kompetisi yang cepat dalam bisnis dan industri
3. Penggunaan sumber daya manusia yang efektif
4. Menemukan cara yang baru dan lebih baik untuk memecahkan masalah
5. Perkembangan masyarakat
6. Dapat meningkatkan pengetahuan
7. Merupakan aspek penting dari kesehatan mental
8. Mempengaruhi kepemimpinan yang efektif
9. Meningkatkan proses belajar
 
Mitos yang Menghambat Diri Menjadi Orang yang Kreatif
1. Orang yang kreatif hanyalah orang-orang yang memang tipe kreatif
Pada kenyataannya, hampir semua penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki tingkat kecerdasan intelektual yang rata-rata mampu untuk melakukan pekerjaan dengan tingkat kreatifitas tertentu.
2. Uang adalah pendorong munculnya kreatifitas
Seringkali orang beranggapan kreatifitas muncul bila ada uang atau ketersediaan dana. Penelitian tentang kreatifitas menunjukkan bahwa uang bukanlah segalanya. Orang-orang yang kreatif mengatakan bahwa kreatifitas mereka bukan berdasarkan uang yang diberikan. Justru orang-orang yang banyak memikirkan tentang bonus uang yang akan mereka terima malah memberikan sedikit waktu untuk dapat berkreatifitas.
3. Kreatifitas muncul karena adanya tekanan 'deadline'
Penelitian mengatakan bahwa ketika orang bekerja di bawah tekanan, maka kreatifitas akan terpendam tidak hanya pada hari itu tetapi juga 2 hari sesudahnya. Tekanan waktu justru menghambat kreatifitas karena orang tidak dapat berkonsentrasi dengan masalah yang dihadapinya. Kreatifitas membutuhkan masa inkubasi yaitu waktu untuk orang dapat menganalisa msalah yang ada dan membiarkan ide-idenya muncul.
4. Kompetisi memunculkan kreatifitas
Dalam dunia finance dan industri high tech, ada keyakinan yang mengatakan bahwa kompetisi memunculkan inovasi. Pada kenyataannya survey mengatakan bahwa tim yang kreatif adalah tim yang merasa nyaman untuk membagikan ide-idenya dan mendiskusikan ide-idenya tersebut. Ketika orang berkompetisi untuk mendapatkan pengakuan, mereka akan berhenti untuk saling bertukar inforamsi sehingga tidak dapat berkolaborasi dan akhirnya tidak memunculkan kreatifitas.
 
Sikap yang Dapat Meningkatkan Kreatifitas
1. Berani mengambil resiko. Scott Adams (The Dilbert Principle) mengatakan bahwa, "Creativity is allowing oneself to make a mistake".
2. Mempercayai gagasan diri sendiri. Meyakini bahwa kita mampu untuk mengadakan perubahan. Jauhkan dari rasa iri hati terhadap kemajuan orang lain.
3. Secara aktif terlibat dalam pengembangan gagasan yang muncul. Miliki keinginan untuk berbagi informasi atau gagasan dengan orang lain.
4. Antusias
5. Bebas
6. Tidak cepat puas
7. Meyakini bahwa ide yang aneh sekalipun bukanlah ide yang jelek. Fokuskan diri pada berkreasi, jangan dikacaukan dengan bagaimana melakukan kreasi tersebut. Jabarkan dulu semua ide-ide yang Anda miliki.
8. Berkolaborasilah. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau dukungan orang lain terhadap ide atau proyek yang sedang Anda kerjakan.
 
Kreatifitas biasa terjadi karena kita mencoba sesuatu dengan sengaja. Dari sengaja kita mampu untuk mengerjakannya dan akhirnya terbiasa. Jadi kreatifitas dapat muncul karena kita terbiasa untuk berkreasi. Pada akhirnya biasakanlah diri sendiri untuk memiliki sikap-sikap seperti yang diuraikan di atas.
 

Uploaded By : Harkat Christian Z
Last Update : 07/10/2005

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1866
  • Available Position : 40117
  • Total Jobseekers : 460469
  • Total Employer : 11577