Articles

Pentingnya Networking Sebagai Kunci Kesuksesan

Membicarakan cara untuk menjadi sukses, banyak orang yang memahami bahwa kemampuan hardskill adalah salah satu hal yang harus diasah. Hal tersebut memang benar adanya. Namun, jarang dari kita langsung menyatakan bahwa salah satu kunci terpenting dalam meraih kesuksesan adalah networking yang baik. Secara sederhana, networking adalah suatu kegiatan mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan orang lain dengan tujuan utama mendapatkan manfaat yang bersifat mutual (menguntungkan satu sama lain). Memang, tidak semua orang nyaman dengan menjalin networking dengan banyak orang. Namun, pada dasarnya kemampuan networking dapat dilatih dan dikembangkan. Di bawah ini, kita akan terlebih dahulu membahas mengenai pentingnya kemampuan networking tersebut sehingga kalian mengetahui alasan mengapa kemampuan ini perlu untuk dikembangkan:

1. Sumber informasi mengenai berbagai peluang karir

Besarnya lingkup sosial seseorang dapat memberikannya keuntungan yang besar terhadap perkembangan karir mereka. Adapun contoh informasi yang bisa didapatkan melalui networking yang baik adalah kesempatan karir, yang sangat erat hubungannya dengan besaran gaji, promosi ataupun kepuasan kerja.

2. Sumber ide baru

Network yang kamu miliki dapat menjadi salah satu sumber sudut pandang baru. Hal ini akan memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan insight baru yang sebelumnya belum pernah dibayangkan.

3. Koneksi bisnis yang kuat

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, networking adalah mempertahankan hubungan yang bersifat saling menguntungkan. Dari pengertian tersebut, kita mendapatkan pemahaman bahwa pada awalnya, networking adalah mengenai berbagi sesuatu sehingga kita mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Dengan berbagi atau membantu orang lain dan mendapatkan kepercayaannya, sama saja dengan menuai benih, bahwa suatu saat kalian pun bisa mendapatkan bantuan untuk mencapai suatu tujuan.

4. Pertukaran informasi & kontak bisnis

Pertukaran informasi sudah pasti akan terjadi dengan networking yang luas. Networking yang luas juga memudahkanmu untuk bertemu dengan orang-orang baru yang diperkenalkan melalui kenalanmu yang lain. Dengan terjadinya hal tersebut, semakin luaslah lingkup networking kalian dan semakin kaya jugalah informasi yang bisa kalian dapatkan dari orang-orang tersebut.

5. Membangun Percaya Diri

Dengan membiasakan dirimu untuk bersosialisasi dengan orang baru, secara tidak sadar kalian terbiasa pula untuk keluar dari comfort zone. Hal ini akan secara bersamaan melatih kemampuanmu berkomunikasi dan meningkatkan kepercayaan diri karena kalian sudah mulai terbiasa berhadapan dengan orang baru dan tahu bagaimana cara untuk membawa diri.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita mengetahui dengan jelas bahwa networking memiliki manfaat yang sangat besar dan dapat berdampak langsung terhadap perkembangan karir ataupun bisnismu. Networking dapat memberikanmu informasi mengenai peluang karir, memberikan ide baru, koneksi bisnis yang kuat, pertukaran informasi dan kontak bisnis dan membangun rasa percaya dirimu. Oleh karena itu, mulailah untuk membangun networking mulai dari sekarang.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :
Augustine, A. (n.d.). The Importance of Networking (and How to Do It Well). Retrieved from Top Resume: https://www.topresume.com/career-advice/importance-of-networking-for-career-success

Janasz, S. C. (2008). Learning the Art of Networking: A Critical Skill for Enhancing Social Capital and Career Success. Journal of Management Education Vol 32(5), 629-650.

Team, M. P. (2018, November 5). Top 11 Benefits of Networking. Retrieved from Michael Page: https://www.michaelpage.com.au/advice/career-advice/career-progression/benefits-networking

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 20/12/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1503
  • Available Position : 40800
  • Total Jobseekers : 544318
  • Total Employer : 11825