Articles

Persiapan Dalam Melakukan Interview Online

Saat ini, proses recruitment tidak hanya dilakukan secara langsung melalui metode tatap muka, namun juga banyak dilakukan secara tidak langsung secara virtual, melalui real time video interview. Di satu sisi, interview dengan cara seperti ini dapat mempermudah kedua belah pihak, yaitu interviewer dan pelamar kerja, terutama ketika kedua belah pihak berada di lokasi yang berjauhan. Akan tetapi, di sisi lain proses interview semacam ini juga cukup menegangkan apalagi ketika kita belum terbiasa untuk menggunakan teknologi yang digunakan dalam interview tersebut. Oleh karena itu di bawah ini terdapat beberapa tips untuk dapat melalui interview online dengan baik:

1. Test Perangkat yang Dibutuhkan Saat Interview Online

Mempersiapkan perangkat yang dibutuhkan dalam interview online adalah salah satu hal yang paling utama kalian lakukan. Pada saat kalian mendapatkan jadwal dari interview tersebut, segera pastikan konektivitas internet, microphone, dan webcam pada laptop atau komputermu berfungsi. Hindari mempersiapkan hal ini di hari-H interview kalian, sehingga ketika ada suatu hal yang belum berfungsi dengan baik kalian bisa segera mengatasinya. Kalian juga harus mulai berlatih menggunakan aplikasi yang digunakan untuk video Interview Online. Beberapa jam sebelum interview online dilakukan, kembali pastikan koneksi internet dan perangkatmu dapat berjalan dengan baik.

2. Persiapkan Lokasi yang Minimum Distraksi

Saat mempersiapkan perangkat serta mengetes internet di lokasimu, kalian juga bisa secara bersamaan mempersiapkan lokasi yang akan digunakan saat interview online dilakukan. Pastikan lokasi yang kalian gunakan memiliki pencahayaan yang baik dan minim distraksi, contohnya suara televisi, atau perangkat elektronik lainnya. Apabila kalian tinggal bersama orang lain, contohnya dengan keluarga atau teman, informasikan jadwal interview dan tuliskan tanda “Don’t Disturb” (atau tulisan sejenis) di pintu ruanganmu untuk menghindari distraksi saat interview online berlangsung. Selain itu, saat interview dilakukan, jangan lupa untuk meletakkan handphone kalian dalam keadaan silent.

3. Persiapkan Pakaian yang Akan Digunakan saat Interview Online

Melakukan Interview secara online bukan berarti kalian tidak mempersiapkan pakaian yang akan digunakan saat interview. Gunakan pakaian sebagaimana kalian akan gunakan apabila melakukan interview secara face-to-face. Kesan pertama sangatlah penting sehingga penampilanmu adalah salah satu hal yang krusial dalam proses interview online.

4. Berlatihlah Interview

Berlatih interview adalah hal yang tetap harus kalian lakukan meskipun interview akan dilakukan secara online. Salah satu hal yang kalian dapat lakukan adalah meminta bantuan dari keluarga atau teman untuk melakukan role play interview. Proses ini akan memberikan kalian kesempatan untuk lebih terbiasa dan mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang umum diutarakan saat interview. Kalian juga disarankan untuk mempersiapkan satu copy CV yang akan mempermudah atau membantu dalam mengutarakan poin-poin utama diri kalian, seperti pendidikan atau pengalaman kerja.

5. Perhatikan Body Language

Saat melakukan interview secara online tentu kalian tidak dapat melakukan beberapa body language penting yang biasanya dilakukan saat interview secara langsung, seperti berjabat tangan. Namun, masih terdapat beberapa body language yang harus kalian perhatikan saat interview online dilaksanakan, yaitu senyum, duduk dengan tegak, dan mempertahankan kontak mata. Interviewer akan lebih fokus pada apa yang diutarakan ketika kalian mempertahankan kontak mata.

6. Siap Minimal 10 Menit Sebelum Interview Dimulai

Kondisikan diri kalian dan segala hal yang diperlukan untuk interview online untuk siap selambat-lambatnya 10 menit sebelum interview dilakukan. Taruh handphone dalam mode silent, nyalakan laptop, dan persiapkan data login kalian. Setelah semuanya siap, gunakan waktu yang tersisa untuk menenangkan diri kalian (salah satunya dapat dilakukan dengan relaksasi penapasan sederhana) sehingga kalian dapat lebih relax ketika waktunya untuk interview online telah dimulai.

7. Follow Up

Jangan lupa untuk mengirimkan email kepada interviewer yang berisikan ucapan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan proses interview 1 hari setelah interview tersebut dilakukan. Hal ini akan memberikan impresi yang baik tentang diri kalian, bahwa kalian menghargai waktu yang telah disediakan oleh pihak interviewer. Selain itu, kalian juga dapat menuliskan hal penting yang lupa kalian utarakan ketika proses interview berlangsung yang kalian yakini hal tersebut dapat menjadi nilai tambah untuk posisi yang kalian lamar.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa beberapa tips dan persiapan untuk melakukan interview secara online adalah memperisapan perangkat dan koneksi, lokasi yang minimum distraksi, pakaian yang akan digunakan, berlatih interview sebelum interview online dilakukan, memperhatikan body language, siap sekurang-kurangnya 10 menit sebelum interview online dilakukan, dan melakukan follow up. Interview secara online pada dasarnya adalah proses yang sama dengan interview face-to-face, hanya saja dengan format yang berbeda. Oleh karena itu, terdapat beberapa periapan khusus, seperti perangkat dan lokasi yang harus kalian lakukan. Namun selebihnya, persiapkanlah diri kalian secara maksimal sebegaimana interview face-to-face biasa dilakukan.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M,Psi., Psikolog

Sumber :

Landry, L. (2018, October 03). 9 Tips for Mastering Your Next Virtual Interview. Retrieved from Harvard Business School Online: https://online.hbs.edu/blog/post/virtual-interview-tips. Diakses pada 15 April 2020

Prossack, A. (2019, April 26). How To Prepare For A Video Interview. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/ashiraprossack1/2019/04/26/video-job-interview-tips/#54da71f59782. Diakses pada 15 April 2020

Shine, S. (2017, November 20). Six Tips for Acing an Online Job Interview. Retrieved from Johnson & Wales University Online: https://online.jwu.edu/blog/career-advice-six-tips-acing-online-job-interview. Diakses pada 15 April 2020

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/04/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1090
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780