Articles

Tips Berpakaian Saat Interview

Saat mendapatkan invitation untuk melakukan interview, pasti kita ingin mempersiapkan semuanya secara maksimal. Baik itu untuk mempelajari profil perusahaan, jawaban untuk pertanyaan yang biasa keluar, hingga mengetahui lokasi interview sehingga dapat memperkirakan cara untuk pergi ke lokasi dan waktu tempuh yang digunakan. Akan tetapi, terdapat satu hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan, yaitu pakaian yang akan digunakan. Cara kalian berpakaian dapat memberikan first impression pada diri kalian. Hal ini dapat menunjukkan profesionalisme dan pengetahuan kalian akan industri yang dilamar. Lalu seperti apa sebaiknya kita berpakaian saat akan melakukan interview? Berikut terdapat beberapa tips yang dapat kalian gunakan:

a. Ketahui Industri dan Posisi yang Kalian Lamar

Lakukan research mengenai perusahaan dan posisi yang kalian lamar, salah satunya adalah budaya perusahaan, termasuk bagaimana orang-orang di perusahaan tersebut berpakaian. Apabila kalian melamar perusahaan yang wajib untuk berpakaian formal, bagi lelaki dianjurkan untuk memakai setelan jas, dasi dan celana kain. Sama halnya dengan wanita, dapat memakai blazer, kemeja, celana/rok kain yang senada. Namun, apabila kalian melamar untuk perusahaan yang memiliki budaya berpakaian tidak terlalu formal, kalian pun dapat menyesuaikan pakaian yang kalian akan gunakan dengan catatan tetap rapi dan sopan. Beberapa contoh busana yang dapat digunakan adalah semi dress dengan blazer untuk wanita, atau celana panjang, kemeja dan jas non-formal untuk lelaki. Salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk mencari tahu mengenai budaya berpakaian perusahaan adalah dengan mengecek website perusahaan tersebut dan mencari foto atau video karyawan di perusahaan tersebut. Hal ini dapat memberikanmu gambaran tentang budaya yang dimiliki oleh perusahaan. Kalian juga dapat menanyakan secara langsung apabila memiliki teman yang bekerja di perusahaan yang kalian lamar.

b. Pastikan outfit yang kalian gunakan dalam keadaan yang baik

Selalu setrika pakaian yang akan kalian gunakan dan pastikan pakaian dalam keadaan yang baik, contohnya tidak ada kancing yang hilang atau terdapat noda. Sangat dianjurkan bagi kalian untuk mencoba pakaian yang akan kalian gunakan beberapa hari sebelum interview akan dilakukan. Untuk sepatu, kalian diharapkan memakai sepatu yang nyaman dan yang tidak kalah pentingnya, bersih. Berpakaian yang rapi dan bersih menunjukkan bahwa kalian terbiasa untuk memperhatikan sesuatu secara detail.

c. Jangan Gunakan Parfum yang Menyengat

Hadir dalam keadaan yang bersih dan wangi sangatlah penting, sehingga interviewer bisa menjalani proses interview dengan nyaman. Akan tetapi, hindari parfum dengan wangi yang terlalu menyengat. Parfum yang terlalu menyengat justru dapat membuat interviewer tidak nyaman untuk berlama-lama melakukan proses interview dengan kalian.

d. Tips Tambahan

Hal lain yang harus kalian perhatikan adalah mengenai rambut. Untuk lelaki, pastikan rambut, kumis, dan janggut kalian dicukur dengan rapi. Sedangkan untuk wanita, apabila kalian memiliki rambut panjang, disarankan untuk mengikat rambut kalian. Sedangkan bagi wanita yang memakai jilbab, pakailah jilbab dalam keadaan tidak lecak dan pastikan berwarna senada dengan pakaian yang kalian gunakan. Selain itu, untuk wanita, disarankan untuk tidak memakai makeup dan perhiasan secara berlebihan.

Demikian beberapa tips berpakaian yang dapat kalian lakukan ketika akan menjalani proses interview. Salah satu hal terpenting adalah untuk melakukan research akan budaya perusahaan dan mencocokkan outfit dengan hal tersebut. Selanjutnya, persiapkan dan pastikan outfit sudah rapi dan yang akan digunakan beberapa hari sebelumnya. Setelah segala persiapan telah selesai, gunakanlah dengan percaya diri dan lakukan interview sebaik mungkin.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :

Career Center Cal Poly Pomona. (n.d.). Interview Dress Guide . Retrieved from https://www.cpp.edu/career/documents/interview-dress-guide.pdf. Diakses pada 24 April 2020

Career Design Center (The University of Texas at Austin). (n.d.). Dressing for an Interview: A How-to Guide to Looking Your Best for an Interview. Retrieved from https://cns.utexas.edu/images/CNS/Health_Professions/PDFs/InterviewDress_cobranded_CDC_HP.pdf. Diakses pada 24 April 2020

Lorenz, M. (2018, May 3). What to wear for different job interviews based on the company. Retrieved from Career Builder: https://www.careerbuilder.com/advice/what-to-wear-for-different-job-interviews-based-on-the-company. Diakses pada 24 April 2020

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 29/04/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1091
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780