Articles

Tips Sukses Menjalani Proses Magang

Banyak di antara kalian pasti menginginkan untuk segera mendapatkan pekerjaan saat sudah lulus kuliah. Salah satu cara yang membuat seseorang cepat mendapatkan pekerjaan adalah dengan mengikuti program magang (internship). Seseorang yang memiliki kinerja baik biasanya akan ditawari oleh pihak perusahaan untuk lanjut bekerja secara permanen di perusahaan tersebut. Namun, tidak semua mahasiswa yang menjalani proses magang memiliki kesempatan demikian. Terdapat beberapa karakteristik mahasiswa magang di perusahaan yang disukai oleh perusahaan hingga pada akhirnya direkrut menjadi pegawai tetap. Adapun karakteristik tersebut adalah:

1. Menjalin hubungan baik dengan orang yang kamu temui

Salah satu hal paling penting dalam dunia kerja adalah hubungan yang positif dengan rekan kerja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berinisatif memperkenalkan diri saat hari pertamamu bekerja dan mengembangkan hubungan yang baik dengan segala kalangan di perusahaan, baik itu dari level direktur hingga petugas kebersihan di tempatmu bekerja.

2. Cari tahu mengenai perusahaan dan job-desc yang kamu miliki

Saat baru masuk ke dalam suatu perusahaan, sangat penting bagi kalian untuk mempelajari bagaimana karyawan lainnya bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini meliputi budaya berpakaian, pola komunikasi dengan rekan ataupun klien, ataupun hal-hal sederhana lainnya, seperti dimana harus memarkir kendaraan dan penggunaan fasilitasi yang ada di kantor. Selain itu, sebelum memasuki proses magang, kalian pun sangat disarankan untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya mengenai jobdesc yang dimiliki.

3. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan

Melanjutkan dari poin sebelumnya, saat kita mempelajari segala hal yang baru mengenai perusahaan, baik itu jobdesc, ataupun budaya perusahaan, ada saat dimana masih terdapat hal-hal yang kurang jelas. Saat hal ini terjadi, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada karyawan lainnya, supervisor, atau siapapun yang kalian rasa lebih mengerti akan hal tersebut. Begitu pula saat kalian diberikan suatu pekerjaan, jangan takut bertanya apabila kalian masih mengalami kesulitan. Gunakanlah masa magang kalian untuk belajar sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan yang kalian miliki.

4. Jaga profesionalisme

Profesionalisme saat bekerja tercermin dalam berbagai macam tindakan, seperti selalu datang on time dan izin kepada supervisor ketika datang telat atau tidak bisa masuk. Kalian pun harus berkomunikasi dengan santun dengan semua orang di tempat kerja kalian dan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diberikan.

5. Tawarkan Bantuan Ketika sedang Senggang

Saat kalian sedang melaksanakan proses magang, kalian tidak akan selalu sibuk dan memiliki banyak pekerjaan. Ketika mengalaminya, kalian dianjurkan untuk memberitahu kepada supervisor bahwa semua pekerjaan kalian sudah selesai dan tawarkanlah bantuan kalian kepada supervisor, bisa saja terdapat hal yang dapat kalian bantu untuk selesaikan. Hal ini akan membuat kalian semakin kaya pengalaman dan terlihat antusias dalam menjalani pekerjaan di tempat magang.

6. Stay in Touch setelah selesai magang

Saat kalian sudah menyelesaikan masa magang, terdapat hal yang sangat penting untuk kalian lakukan, yaitu untuk tetap in touch dengan atasan (supervisor atau atasan lainnya di tempat kerja) dan karyawan lainnya. Kirimkan email sesekali untuk menanyakan project yang sebelumnya kalian lakukan saat masih melakukan proses magang atau sekedar menanyakan kabar secara keseluruhan. Kalian juga dapat menceritakan kesibukan kalian saat kalian mengirimkan kabar tersebut. Orang-orang yang pernah bekerja dengan kalian memberikan kesempatan yang besar untuk menjadi referensi, sumber networking, bahkan memberikanmu kesempatan kerja di tempat mereka bekerja.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kalian ketahui bahwa proses magang adalah salah satu kesempatan besar kalian untuk mendapatkan referensi, bahkan pekerjaan tetap di saat kalian sudah lulus nantinya. Untuk mendapatkannya, tentu kalian harus memberikan impresi yang baik selama kalian menjalani proses magang. Beberapa hal yang harus kalian ingat adalah untuk menjalin hubungan baik dengan semua orang di lingkungan kerja, memahami jobdesc yang dimiliki, tidak ragu untuk bertanya ketika ada sesuatu yang masih kurang jelas, menjaga profesionalisme, aktif dan antusias dalam melakukan pekerjaan dan terus menjaga komunikasi bahkan ketika sudah menyelesaikan proses magang.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber
Berkeley University of California. (2020). Tips for Internship Success. Diambil kembali dari Berkeley University of California: https://career.berkeley.edu/Internships/IntTips
Columbia University Center for Career Education. (t.thn.). 10 Tips to Make the Most of an Internship. Diambil kembali dari Columbia University Center for Career Education: https://www.careereducation.columbia.edu/resources/10-tips-make-most-internship
Kelly. (2011). Penn & Beyond. Diambil kembali dari 10 Ways to be a Successful Intern– Tips from a fellow student: https://ulife.vpul.upenn.edu/careerservices/blog/2011/06/24/10-ways-to-be-a-successful-intern-tips-from-a-fellow-student/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 16/03/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10849
  • Available Position : 40786
  • Total Jobseekers : 495580
  • Total Employer : 11769