Articles

Tips Membuat Profile Linked-In Menarik untuk Fresh Graduates

Saat ini, Linked-In merupakan salah satu sarana seseorang untuk memperlihatkan pencapaian serta skill sehingga membuka peluang untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang diinginkan. Untuk mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman di tempat kerja, mungkin sudah tidak terlalu membingungkan mengenai apa saja yang harus ditulis pada profile Linked-in tersebut. Namun, bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja terlalu banyak atau sama sekali, terkadang cukup membingungkan mengenai apa yang harusnya ditulis dan tidak ditulis. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan para fresh graduates dalam membuat profile Linked-In sehingga memberikan first impression yang baik pada recruiter:

1. Photo Diri Profesional

Terdapat beberapa tips untuk membuat foto profesional untuk profile Linked-In kalian. Hindari menggunakan foto tidak formal, seperti saat wisuda atau foto yang kalian ambil saat berada di pesta pernikahan kerabat kalian. Terdapat 3 tips utama untuk photo picture di Linked-In, yaitu menggunakan pakaian yang profesional (seperti kemeja atau jas), menggunakan foto setengah badan, dan background polos.

2. Headline yang Deskriptif

Headline terletak tepat di bawah foto kalian pada laman Linked-in. Hal ini merupakan salah satu yang pertama kali terlihat dan menjadi bahan pertimbangan recruiter saat membuka laman seseorang. Usahakan untuk membuat headline yang deskriptif sehingga mempermudah recruiter saat melakukan proses scanning kandidat. Hal yang harus kalian jelaskan pada headline adalah ‘Apa yang kamu lakukan saat ini?’ dan ‘Apa yang kamu harap untuk lakukan?’ Contoh dari headline adalah ‘Sarjana Komunikasi mencari Pekerjaan pada Bidang Jurnalistik’

3. Ringkasan Mengenai Dirimu

Memiliki ringkasan yang komprehensif mengenai dirimu dapat membuat kalian menonjol dibandingkan dengan jobseeker lainnya. Sama halnya seperti cover letter, ringkasan diri adalah kesempatan kalian untuk menceritakan tentang pengalaman profesional yang memberikan alasan mengapa recruiter harus merekrut kalian. Adapun yang harus kalian tuliskan dalam ringkasan diri adalah pencapaian, pengalaman, serta sedikit mengenai kepribadianmu.

4. Untuk mempermudah ditemukan recruiter, lengkapi pengalamanmu

Lengkapi profile Linked-in kalian dengan hal yang dapat mendukung atau sejalan dengan pekerjaan yang kalian inginkan. Apabila kalian belum pernah bekerja, pengalaman berorganisasi, magang, ataupun freelance yang kalian yakini dapat mendukung kapabilitasmu dalam pekerjaan yang kalian incar dapat dicantumkan pada profile Linked-inmu.

5. Rekomendasi akan kemampuan diri kalian

Rekomendasi akan membuktikan bahwa terdapat kolega, dosen, atau partner kerja yang mengapresiasi pekerjaan yang pernah kalian lakukan. Hal ini dirasa sangat penting karena menjadi bukti untuk recruiter akan potensi yang kalian miliki. Rekomendasi yang baik akan menggambarkan bagaimana orang tersebut mengenal kalian dan menjelaskan pencapaian serta kekuatan utama yang ada di dalam diri kalian. Kalian pun dapat memulai untuk memberikan rekomendasi pada profile Linked-in rekan kalian. Hal ini akan menunjukkan apresiasi kepada orang lain dan kesempatan kalian untuk mendapatkan rekomendasi balasan dari rekan tersebut.

6. Sertakan Pengalaman Pendidikan Lengkap

Kalian dapat menuliskan sekolah/universitas, jurusan yang diambil, serta IPK yang kalian dapatkan. Selain itu, penghargaan, beasiswa, atau projek yang relevan dengan posisi yang kalian lamar juga dapat dicantumkan dalam profile Linked-in kalian. Jangan ragu untuk memperlihatkan segala pencapaian dan kerja keras yang kalian lakukan untuk mencapai kelulusan

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian dapat mengetahui bahwa saat ini lapangan pekerjaan dapat dicari melalui berbagai media, salah satunya adalah media sosial Linked-in. Untuk memiliki profile yang menarik sebagai Fresh Graduate, sangat disarankan bagi kalian untuk melakukan 6 tips yang telah dijelaskan di atas sehingga recruiter lebih mudah untuk menemukan kalian berdasarkan skill dan pekerjaan yang kalian inginkan.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber
Chanmugham, M. (2017, April 24). 6 Things Every New Grad Should Have On Their LinkedIn Profile in 2017. Retrieved from MGC Couching: http://www.mgccoaching.com/blog/2017/4/21/6-things-every-new-grad-should-have-on-their-linkedin-profile-in-2017 diakses pada Senin, 27 Januari 2020.

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 16/03/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1374
  • Available Position : 40748
  • Total Jobseekers : 477778
  • Total Employer : 11727