Articles

Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja

Anda telah mendengar? Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan di tempat kerja! Komunikasi jauh lebih dari sekadar bisa mengobrol dengan rekan kerja Anda di ruang istirahat atau memberi tahu atasan bahwa Anda perlu hari libur tertentu minggu depan. Ini adalah keterampilan yang bisa kita tingkatkan dan apa waktu yang lebih baik untuk berfokus pada peningkatan kemampuan kita daripada saat ini? Baik itu di tempat kerja, atau dengan teman dan keluarga, komunikasi sangat penting. Ini meningkatkan hubungan kita, dapat menghindari konfrontasi dan dapat menempatkan kita semua di lapangan yang sama ketika digunakan secara efektif. Ketika dieksekusi dengan buruk, komunikasi dapat memiliki efek sebaliknya. Ini dapat menghancurkan hubungan, memulai konflik, dan memberi ketidakpastian.

Seberapa baik Anda berkomunikasi di tempat kerja? Apakah rekan kerja selalu menerima pesan Anda dan memahami dengan cepat dan mudah? Bisakah mengidentifikasi satu contoh saat Anda tahu Anda berkomunikasi dengan buruk? Jangan khawatir, itu terjadi pada yang terbaik dari kita. Mengakui dan belajar dari kesalahan kita adalah penting untuk pertumbuhan dan kemajuan profesional kita. Jika jawabannya "Ya" untuk yang terakhir, luangkan beberapa menit untuk meninjau cara-cara berikut untuk meningkatkan komunikasi di tempat kerja.

Menulis Email: Perhatikan Nada Anda

Ingat aturan lama?
Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.

Kesalahpahaman Bisa Terjadi

Jangan biarkan berlama-lama! Jika Anda atau rekan kerja Anda merasa ada kesalahpahaman, pastikan untuk menyelesaikannya dengan cepat dan efektif. Komunikasi yang efektif dapat membantu mengidentifikasi kesalahan yang terjadi. Membiarkan kesalahpahaman untuk tidak ditangani hanya akan mengarah pada masalah lebih lanjut dan potensi konflik.

Jangan takut untuk bertanya dimana titik masalahnya. Mungkin ada kata-kata yang tidak jelas yang membuat si penerima merasa diserang atau tidak kompeten. Semakin detail Anda dapat memperoleh penjelasan, semakin mudah bagi Anda untuk mencegah bencana komunikasi serupa di masa depan.

Cara terbaik untuk berkomunikasi melalui email adalah dengan memikirkan bagaimana Anda akan menafsirkan apa yang sedang disampaikan. Sangat sulit untuk menguraikan nada melalui komunikasi teks, jadi pastikan Anda berhati-hati dengan kata-kata, frasa, dan tanda baca Anda.

9 pagi - 5 sore bukan untuk semua orang

Ingatlah bahwa jadwal Anda mungkin tidak selalu sama dengan yang lain. Jika Anda sedang bekerja untuk menyelesaikan bagian dari sebuah proyek dan membutuhkan bantuan, pastikan Anda meminta untuk bertemu pada waktu yang menghormati jadwal kedua belah pihak.
Sekali lagi saya katakan, perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.

Jangan tidak sabar dan katakan "Saya perlu persetujuan tentang ini segera". Setiap karyawan memiliki jadwal sendiri untuk dipatuhi. Setiap karyawan memiliki daftar prioritas dan tugas yang harus diselesaikan untuk memenuhi tenggat waktu tertentu. Jangan terus-menerus memaksakan waktu mereka dengan agenda Anda mereka juga sibuk!

Hentikan Gosip!

Gosip BUKAN merupakan komunikasi yang efektif (atau produktif atau profesional dalam hal ini). Apakah itu memungkinkan Anda untuk terikat dengan karyawan tertentu? Mungkin. Tetapi Apakah itu ikatan yang sehat untuk terbentuk? Menggosip di belakang rekan kerja Anda menciptakan perpecahan antara Anda dan orang itu, apakah Anda menyadarinya atau tidak.

Tidak semua karyawan akan rukun satu sama lain, tetapi menyuarakan ketidaksenangan Anda dengan orang lain hanya membangun negativitas dan menunjukkan karakter buruk di pihak Anda. Belum lagi, waktu yang dihabiskan untuk bergosip seharusnya lebih baik dihabiskan untuk mengerjakan proyek yang diminta bos Anda sepanjang minggu! Gosip dan produktivitas tidak berjalan seiring.

Pelajari Anda dapat memanfaatkan komunikasi yang efektif dengan rekan kerja atau karyawan Anda dengan mengajukan pertanyaan, secara aktif mendengarkan, dan menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Gunakan ide-ide sederhana ini untuk membantu Anda menghindari masalah komunikasi dan membangun ikatan yang lebih kuat antara diri Anda dan rekan kerja Anda.

Source: https://www.evolution-coaching.com/

Author: Jessica Toohey

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 24/04/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2544
  • Available Position : 40825
  • Total Jobseekers : 547891
  • Total Employer : 11830