Articles

Cara Membuat Pilihan Karier Saat Anda Tidak Bimbang

Dengan ribuan opsi, bagaimana Anda memilih karier yang tepat untuk Anda? Jika Anda tidak tahu apa yang ingin Anda lakukan, tugas itu mungkin tampak tidak dapat diatasi. Untungnya, tidak. Masukkan cukup pemikiran ke dalamnya, dan Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk membuat keputusan yang baik.

Nilai diri Anda

Sebelum Anda dapat memilih karier yang tepat, Anda harus belajar tentang diri Anda sendiri. Nilai - nilai, minat, keterampilan halus, dan bakat Anda, dikombinasikan dengan tipe kepribadian Anda, membuat beberapa pekerjaan cocok untuk Anda dan orang lain yang sama sekali tidak pantas.

Gunakan alat penilaian diri, sering disebut tes karir, untuk mengumpulkan informasi tentang sifat Anda dan, kemudian menghasilkan daftar pekerjaan yang cocok berdasarkan pada sifat-sifat Anda. Beberapa orang memilih untuk bekerja dengan penasihat karier atau profesional pengembangan karier lain yang dapat membantu mereka menavigasi proses ini.

Buatlah Daftar Pekerjaan untuk Dijelajahi

Anda mungkin memiliki beberapa daftar pekerjaan di depan Anda pada saat ini yang dihasilkan oleh masing-masing alat penilaian diri yang Anda gunakan. Agar Anda tetap teratur, Anda harus menggabungkannya ke dalam satu daftar induk.

Pertama, cari karier yang muncul di banyak daftar dan salin ke halaman kosong. Beri judul "Pekerjaan untuk Menjelajahi." Penilaian diri Anda menunjukkan bahwa mereka cocok untuk Anda berdasarkan beberapa sifat Anda, jadi pertimbangkanlah itu.

Selanjutnya, temukan pekerjaan apa pun di daftar Anda yang menarik bagi Anda. Mereka mungkin karier yang sedikit Anda ketahui dan ingin Anda jelajahi lebih lanjut. Juga, sertakan profesi yang Anda tidak tahu banyak. Anda mungkin belajar sesuatu yang tidak terduga. Tambahkan itu ke daftar master Anda.

Jelajahi Pekerjaan di Daftar Anda

Sekarang dapatkan beberapa informasi dasar tentang masing-masing pekerjaan dalam daftar Anda. Anda akan senang Anda berhasil mempersempit daftar Anda menjadi hanya 10 hingga 20 opsi!

Cari deskripsi pekerjaan dan pendidikan, pelatihan dan persyaratan perizinan dalam sumber-sumber yang diterbitkan. Pelajari tentang peluang kemajuan. Gunakan informasi pasar kerja yangdiproduksi pemerintah untuk mendapatkan data tentang pendapatan dan prospek pekerjaan.

Buat "Daftar Pendek"

Pada titik ini, mulailah mempersempit daftar Anda lebih jauh lagi. Berdasarkan apa yang Anda pelajari dari penelitian sejauh ini, mulailah menghilangkan karier yang tidak ingin Anda kejar lebih lanjut. Anda harus memiliki kurang dari dua hingga lima pekerjaan dalam "daftar pendek" Anda.

Jika alasan Anda untuk menemukan karier yang tidak dapat diterima tidak dapat dinegosiasikan, silangkanlah dari daftar Anda. Hapus semuanya dengan tugas yang tidak menarik bagi Anda. Menghilangkan karier yang memiliki pandangan pekerjaan yang lemah . Singkirkan pekerjaan apa pun jika Anda tidak dapat atau tidak mau memenuhi persyaratan pendidikan atau lainnya, atau jika Anda tidak memiliki beberapa keterampilan lunak yang diperlukan untuk berhasil di dalamnya.

Melakukan Wawancara Informasional

Ketika Anda hanya memiliki sedikit pekerjaan yang tersisa di daftar Anda, mulailah melakukan penelitian yang lebih mendalam. Atur untuk bertemu dengan orang-orang yang bekerja dalam pekerjaan yang Anda minati. Mereka dapat memberikan pengetahuan langsung tentang karier dalam daftar pendek Anda. Akses jaringan Anda , termasuk LinkedIn, untuk menemukan orang-orang yang memiliki wawancara informasional ini.

Tentukan Pilihan Karir Anda

Akhirnya, setelah melakukan semua penelitian Anda, Anda mungkin siap untuk membuat pilihan Anda. Pilih pekerjaan yang menurut Anda akan memberi Anda kepuasan paling besar berdasarkan semua informasi yang telah Anda kumpulkan. Sadarilah bahwa Anda diizinkan melakukan perubahan jika Anda berubah pikiran tentang pilihan Anda kapan saja dalam hidup Anda. Banyak orang mengubah karier merekasetidaknya beberapa kali.

Identifikasi Tujuan Anda

Setelah Anda membuat keputusan, identifikasikan tujuan jangka panjang dan pendek Anda. Melakukan ini akan memungkinkan Anda untuk akhirnya bekerja di bidang yang Anda pilih. Sasaran jangka panjang biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima tahun, sementara Anda biasanya dapat memenuhi sasaran jangka pendek dalam enam bulan hingga tiga tahun.

Biarkan penelitian yang Anda lakukan tentang pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan menjadi panduan Anda. Jika Anda tidak memiliki semua detail, lakukan penelitian lebih lanjut. Setelah Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan, tetapkan tujuan Anda. Contoh tujuan jangka panjang adalah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan Anda. Tujuan jangka pendek termasuk melamar ke perguruan tinggi, magang, atau program pelatihan lainnya, dan melakukan magang.

Tulis Rencana Tindakan Karir

Kumpulkan rencana tindakan karier, dokumen tertulis yang menjabarkan semua langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda. Anggap saja sebagai peta jalan yang akan membawa Anda dari titik A ke B, dan kemudian ke C dan D. Tuliskan semua tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda dan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai masing-masing. Sertakan semua hambatan yang dapat diantisipasi yang dapat menghalangi pencapaian tujuan Anda dan cara Anda dapat mengatasinya.

Sumber: https://www.thebalancecareers.com/steps-to-choosing-career-525506

By: Dawn Rosenberg

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 24/04/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10941
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496819
  • Total Employer : 11773