Articles

Mencari Perusahaan Dengan Budaya Kerja yang Cocok


Lingkungan kantor bukan cuma sekadar tempat bekerja selama delapan jam per hari. Anda juga harus berhadapan dengan rekan kerja, bos, politik kantor dan budaya kerja perusahaan yang terkadang membuat kita menjadi salah jalan. Jika tidak bisa beradaptasi dengan budaya kerja, maka pekerjaan malah jadi meracuni Anda. Cari tahu bagaimana budaya kerja di satu perusahaan sebelum melamar kerja.

Mengapa budaya kerja penting?

Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu sekitar 50 jam per pekan di kantor. Tentu kita ingin menikmati waktu selama berada di tempat kerja. Punya rekan kerja yang pengertian, peraturan yang mendukung pengerjaan tugas. Anda juga ingin berada di komunitas yang ramah, sehingga bisa menjalin hubungan pertemanan baru. Sebagian perusahaan tidak peduli akan pentingnya budaya kerja antarpegawai di perusahaan. Bagi mereka, hubungan antara satu orang dengan orang lain di kantor harus terjalin secara profesional. Sementara sebagian perusahaan lain justru menyediakan berbagai fasilitas agar tercipta budaya kerja yang menyenangkan. Seperti beberapa kantor perusahaan startup yang menyediakan pojok untuk bermain game. Selain itu, pimpinan perusahaan seringkali menginisiasi acara makan bersama menjelang akhir pekan atau kegiatan lainnya. Ada orang yang suka mengikuti acara makan atau minum bersama di akhir pekan. Mereka melihat budaya kerja semacam itu sangat baik untuk memperkecil jarak atasan dan bawahan. Tetapi, sebagian orang tidak terlalu suka dengan hal itu. Mereka merasa terpaksa, karena jika tak hadir akan dianggap sebagai orang yang anti-sosial dan pada akhirnya kehilangan kesempatan promosi. Jadi, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah terjebak di perusahaan dengan budaya kerja yan tidak sesuai kepribadian. Penting untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum melamar di satu perusahaan. Berikut beberapa tips untuk mencari perusahaan dengan budaya kerja yang cocok dengan Anda seperti dikutip dari Lifehacker.com.

Melihat situs perusahaan

Sebelum melamar kerja ke perusahaan tertentu, Anda pasti melakukan riset. Anda akan masuk ke situs resmi perusahaan. Pastikan Anda tidak berhenti sampai menu company profile saja. Anda harus mengulik lebih jauh. Banyak perusahaan yang punya halaman khusus yang berisi hal-hal terkait budaya kerja. Mereka menampilkan testimoni beberapa orang yang menceritakan bagaimana rasanya menjadi bagian dari tim di perusahaan ini. Biasanya menu ini tidak langsung tampak di halaman beranda. Beberapa perusahaan menaruhnya di dalam menu About Us.

Mencari tahu dari situs pencari kerja

Anda bisa mengulik budaya di sebuah perusahaan di Qerja.com. Pada menu review, Anda bisa mencari tahu testimoni pegawai yang bekerja di sebuah divisi di sebuah perusahaan. Mereka menceritakan pengalaman menjadi bagian dari tim di perusahaan tersebut. Komentar pegawai tidak selalu positif. Mereka tidak takut mengungkapkan sisi negatif dari perusahaan, sebab identitas dirahasiakan.

Mengecek media sosial perusahaan

Anda bisa melihat media sosial resmi perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa tahu bagaimana perusahaan melayani konsumen atau mitra kerjanya. Selain itu, Anda juga bisa mengulik akun media sosial profesional milik pegawai dan mantan pegawai perusahaan. Anda bisa tahu bagaimana perkembangan karier seseorang yang bekerja di perusahaan tersebut. Berapa lama yang mereka butuhkan untuk mendapat promosi? Apakah seorang pegawai sanggup bertahan lama di perusahaan tersebut? Jika hasil pencarian tersebut sudah bisa menjawab pertanyaan Anda dan Anda merasa cocok dengan budaya kerja yang ada di perusahaan, jangan ragu lagi. Anda bisa segera menyusun resume dan mengirim lamaran ke perusahaan tersebut. Qerja.com

Sumber foto: Flickr


Sumber : http://www.qerja.com/journal/view/4837-mencari-perusahaan-dengan-budaya-kerja-yang-cocok/2/


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 01/02/2017

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1157
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 541116
  • Total Employer : 11795