Articles

Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Interview Kerja

Interview kerja adalah fase yang krusial saat seleksi kerja. Umumnya para pelamar kerja merasa tidak tahu apakah mereka telah menjalani interview secara baik atau tidak. Apakah performa mereka selama interview telah memuaskan perusahaan atau tidak.

Seorang pelamar kerja, apalagi seorang fresh graduate, seringkali terlalu fokus hanya kepada aspek konten saja. Mereka mempersiapkan jawaban-jawaban interview dengan sebaik-baiknya. Namun tahukah kamu, bahwa dalam proses interview itu faktor konten dan non konten berperan sama besarnya? Bisa dikatakan tidak akan banyak membantu, jika kita mempersiapkan konten (jawaban-jawaban interview) dengan sebaik-baiknya, jika secara non konten (bahasa tubuh) kurang menunjang atau menampilkan bahasa tubuh yang kurang menjual.

Artikel ini bermaksud menjelaskan bahwa jangan sampai karena sikap dan bahasa tubuh yang salah, kita menjadi tidak lolos seleksi interview kerja. Jadi, bahasa tubuh seperti apa yang harus dihindari selama interview kerja?

  1. Tidak menjaga kontak mata dengan interviewer
  2. Selama interview baik itu selama menyimak pertanyaan dan menjawab pertanyaan interviewer, tataplah mata interviewer. Jika merasa tidak enak atau grogi langsung menatap mata interviewer, tipsnya adalah mengarahkan mata kamu ke daerah di antara kedua mata.

  3. Posisi duduk bersandar atau justru terlalu maju ke depan
  4. Duduklah yang tegap. Posisi duduk bersandar bisa dianggap terlalu santai, kurang serius menjalani sesi interview. Sementara duduk terlalu maju ke depan, bisa dipandang kurang sopan oleh interviewer.

  5. Tidak senyum
  6. Tersenyumlah, jangan terlalu banyak senyum atau malah tidak tersenyum sama sekali. Jika tidak menunjukkan senyum selama interview, kamu bisa dipandang tegang, grogi, atau memiliki pribadi yang kaku. Perusahaan jadi bertanya-tanya apakah kamu akan bisa berbaur dan bekerja sama dengan rekan kerja yang lain. Hal ini penting, karena bekerja di perusahaan berarti mengharuskan kita untuk dapat bekerja sama dengan orang lain, bukannya bekerja sendiri.

  7. Tangan atau kaki yang terlalu aktif bergerak
  8. Selama interview, tangan sebaiknya diletakkan dengan tenang di atas meja. Jika kamu tidak yakin bisa menjaga ketenangan tangan kamu di atas meja, letakkanlah di atas paha kamu. Demikian pula sama halnya dengan kaki. Usahakan agar kaki kamu juga tenang, jangan terlalu aktif bergerak dan membuat suara-suara yang mengganggu.

  9. Jabat tangan yang lemah
  10. Sebelum memulai interview, biasanya interviewer dan pelamar kerja akan saling berjabat tangan. Jabat tangan adalah saat di mana kamu dapat memberikan kesan pertama yang positif di mana perusahaan dan interviewer. Jangan sampai kesan pertama kamu di mata perusahaan tidak baik atau negatif. Berjabat tanganlah dengan meyakinkan dan percaya diri. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tangan kamu kering, tidak basah. Sebelum masuk ruangan interview, lap tangan jika basah atau berkeringat.

  11. Bertopang dagu
  12. Jika kamu bertopang dagu selama interview, kamu bisa dinilai malas, kurang serius, dan kurang bersemangat mengikuti sesi interview. Hal ini dapat menimbulkan kesan yang buruk mengenai diri kamu di mata perusahaan, di mana perusahaan akan bertanya-tanya seberapa besar keinginan kamu untuk memasuki perusahaannya.

    Semoga sukses ya! :)

    Dian Kartikasari BINUS Career Consultant

    Uploaded By : Aziz Rasyidin
    Last Update : 27/10/2014

    Printer Friendly Version

    Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10941
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496819
  • Total Employer : 11773