Articles

Persiapan Sebelum Menghadapi Psikotes

Psikotes, interview, atau seleksi kerja lainnya seringkali dianggap sebagai suatu hal yang menakutkan. Kabar yang beredar, bahwa psikotes itu sulit, harus belajar siang dan malam agar bisa menguasai, dan gossip lainnya. Berita dan kabar seperti itu mau tidak mau membuat kita khawatir duluan, bahkan sebelum menghadapi psikotes.

Dengan demikian, sebenarnya apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi psikotes? Tujuan dari psikotes adalah mengetahui potensi yang kamu miliki. Untuk menghadapinya, tipsnya sebenarnya sederhana dan tidak rumit kok

  1. Istirahat Yang Cukup
  2. Dalam setiap tahapan seleksi kerja, baik itu psikotes, interview, technical test, atau lainnya, kita dituntut untuk memiliki konsentrasi dan stamina yang kuat. Proses tes bisa berlangsung selama satu hari dari pagi sampai sore,ataupun setengah hari. Stamina yang baik akan dapat membantu menjaga konsentrasi dan tampil prima menampilkan segenap kemampuan terbaik kamu. Konsentrasi dan stamina yang baik dapat diperoleh dengan makan, tidur, dan istirahat yang cukup.

  3. Menjadi Diri Sendiri
  4. Menjadi diri sendiri adalah suatu hal penting. Tujuan dari psikotes adalah untuk mendapatkan profil psikologis Anda, mengetahui kelebihan dan kelemahan kamu. Kamu mungkin bisa saja mencari buku atau browsing internet mencari tips, kisi-kisi, dan contekan cara menjawabnya. Namun itu berarti kamu tidak menampilkan diri kamu yang sesungguhnya. Dengan cara ini, kamu mungkin bisa berhasil memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan. Namun sekarang pertanyaannya, sanggupkah kamu bertahan di posisi tersebut dengan berusaha menampilkan citra orang lain dan bukan diri kamu yang sesungguhnya? Mungkin tidak akan jadi masalah besar jika kamu bisa menyesuaikan dan memenuhi tuntutan tugas dan pekerjaan tersebut. Namun jika tidak? Stress dan burnout-lah yang akan kamu hadapi. Dalam bekerja, performa kamu juga jadinya tidak maksimal.

    Jadi sebenarnya tidak ada banyak artinya jika kamu belajar seharian sebelum psikotes. Pahami dan kuasailah pengetahuan sejak jauh-jauh hari. Belajar yang baik sejak di bangku sekolah dan kuliah. Semoga sukses ! :)

    Dian Kartikasari BINUS Career Consultant

    Uploaded By : Aziz Rasyidin
    Last Update : 27/10/2014

    Printer Friendly Version

    Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10941
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496813
  • Total Employer : 11773