Articles

Media Sosial Dan Karir

Di zaman sekarang ini, Internet tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Sebagai anak muda, website yang sering kita buka pastinya media sosial seperti facebook, twitter, linkedin, dan lainnya.

Apakah kamu tahu bahwa sekarang ini media sosial juga bisa dijadikan alat pencari kerja yang efektif? Seringkali tim HRD di suatu perusahaan mem-posting lowongan kerja yang ada di perusahaannya di media sosial pribadinya. Bahkan, saat ini juga sudah banyak perusahaan yang memiliki memiliki media sosial. Jadi setelah kita membaca lowongan kerjanya dan tertarik untuk melamar, kita bisa langsung mengirim surat lamaran dan CV sesuai informasi yang tercantum di lowongan kerja tersebut.

Selain itu, ada saja perusahaan yang melihat profil media sosial pelamar kerja. Hal ini digunakan sebagai salah satu screening awal untuk menentukan kandidat tersebut akan dipanggil untuk mengikuti proses seleksi kerja atau tidak. Jangan sampai ketika kita baik dari sisi pengalaman dan keahlian, namun ditolak perusahaan karena posting-an atau komentar yang kita buat di media sosial. Sekarang pertanyaannya, bagaimana memaksimalkan media sosial ini untuk dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai?

  1. Buatlah akun yang profesional
  2. Usahakan untuk tidak hanya atau terlalu banyak memasukkan konten yang sifatnya sangat personal. Misalnya, status saat sedang galau, sedih, atau marah. Seimbangkan dengan konten yang menunjukkan bahwa kamu juga memiliki wawasan berpikir yang baik.

  3. Pikir dahulu sebelum mem-publish atau mem-posting sesuatu
  4. Kamu tentu pernah dengar ungkapan: Berpikir dahulu sebelum berbicara. Demikian juga posting-an di media sosial, berpikirlah dahulu sebelum mem-posting konten online yang nantinya akan bisa dilihat semua orang di penjuru dunia.

  5. Jangan mengandung SARA
  6. Tidak hanya karena ada kemungkinan dilihat perusahaan yang menjadi tujuan kerja kamu, namun norma dan nilai di masyarakat kita juga menuntut agar konten berbau SARA jangan pernah kamu masukkan ke media sosial.

    Ayo update profil di media sosial kamu ya! :)

    Dian Kartikasari BINUS Career Consultant

    Uploaded By : Aziz Rasyidin
    Last Update : 27/10/2014

    Printer Friendly Version

    Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10941
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496819
  • Total Employer : 11773