Articles

5 Alasan Anda Harus Mengikuti Program Magang Selama Kuliah

Magang merupakan program kerja praktek yang biasa dilakukan selama masa perkualiahan. Program tersebut biasanya dilakukan dalam durasi waktu satu sampai tiga bulan sesuai dengan ketentuan di perguruan tinggi masing-masing.

Sebagian besar mahasiswa biasanya merasa berat untuk melaksanakan program magang ini karena beberapa faktor seperti ketakutannya terhadap dunia kerja, merasa tidak siap, takut tidak dapat beradaptasi, dan lain sebagainya.

Padahal, dari program mangang singkat tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Simak 5 keuntungannya berikut ini.

1. Bekal setelah kuliah

Dunia kerja sangat kontras dengan dunia kampus. Apabila sebelumnya Anda dapat santai mengerjakan tugas dimana dan kapan pun, maka hal tersebut tidak berlaku di dunia kerja. Anda dituntut untuk profesional, tepat waktu dan bertanggung jawab penuh atas apa yang telah dikerjakan. Bekal-bekal tersebut tentu tidak akan ditemukan apabila tidak menjalani program ini sebelumnya.

Beberapa tokoh besar pun menghasilkan penemuan di usia yang tidak muda. Misalnya saja pendiri restoran cepat saji populer, Harland David Sanders dari KFC dan Ray Kroc dari McDonald. Kedua tokoh tersebut mencapai kesuksesan mereka di usia yang tak lagi muda. Pada dasarnya, terlambat untuk melakukan sesuatu masih lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Meski kadang hasil dari hal yang dilakukan secara terlambat tidak maksimal, setidaknya, itu lebih baik daripada tidak menghasilkan apapun, bukan? Jadi, jangan jadikan alasan terlambat untuk tidak memulai dan melakukan sesuatu hal yang diinginkan. Lakukan, dan temukan impian Anda.

2. Menambah pengalaman

Bisa karena terbiasa, merupakan ungkapan yang tepat ketika Anda menjalani program magang. Biasa menelan berbagai teori selama kuliah, maka sekarang saatnya Anda mengaplikasikan teori-teori tersebut dalam bentuk nyata. Sebab, kenyataan yang ada di lapangan tidak selamanya persis dengan apa yang diajarkan dalam buku teks perkuliahan. Melalui program magang, Anda dapat memperoleh gambaran yang konkret mengenai keilmuan Anda tanpa mengabaikan fakta yang ada di lapangan.

3. Menambah jaringan

Setiap program magang pasti memberikan banyak jaringan baru yang bermanfaat bagi Anda. Mulai dari kontak instansi yang Anda tuju, teman-teman magang dari berbagai universitas lain, dan orang-orang penting lainnya. Dari masing-masing pihak tersebut, pasti memiliki potensi dan kapasitas yang dapat mendorong karier Anda untuk depannya.

4. Ajang unjuk bakat

Bukan hal yang jarang ditemui kalau mahasiswa magang berprestasi akan direkrut oleh instansi terkait. Setelah Anda wisuda tidak perlu berpanas-panas melamar pekerjaan ke sana-ke mari. Oleh karena itu, Anda dapat menujukkan bakat terbaik Anda untuk memperbesar kemungkinan ini.

5. Meningkatkan nilai CV

Curriculum Vitae (CV) saat ini adalah senjata paling ampuh untuk menarik perhatian pihak HRD. Dengan deretan prestasi dan pengalaman magang yang bonafit pasti akan memberikan kesan pertama yang menguntungkan bagi Anda. Hal ini juga memperluas kesempatan Anda untuk dapat bekerja di instansi manapun yang Anda inginkan. Sebab, Anda telah memenuhi salah satu persyaratan yang paling sulit dipenuhi oleh fresh graduated yakni pengalaman bekerja. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Magang merupakan program yang menguras tenaga dan pikiran. Anda perlu mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi agar program magang Anda dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang diinginkan.

Sumber : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3608066/5-alasan-anda-harus-mengikuti-program-magang-selama-kuliah

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 26/02/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1374
  • Available Position : 40748
  • Total Jobseekers : 477778
  • Total Employer : 11727