Articles

Memahami Konsep Teamwork Lebih Dekat

Team dapat didefinisikan sebagai sekumpulan grup dengan kemampuan yang saling melengkapi dan memiliki komitmen untuk mencapai tujuan yang sama. Idealnya, kumpulan orang ini akan mengembangkan identitas yang seragam dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebuah tim dapat dikatakan sukses ketika mereka memiliki spirit yang berdasarkan kepada kepercayaan, rasa hormat, saling menolong dan akrab satu sama lainnya.

Pada praktiknya, memiliki kumpulan orang dalam satu kelompok tidak serta merta membuat team tersebut berfungsi secara efektif. Mengapa? Karena tim akan berisi orang dengan berbagai karakteristik dan kebutuhan sosial dan emosional yang mungkin ada yang tidak cocok satu dengan lainnya. Apabila sebuah tim tidak berhasil mengatasi hal ini, maka tim tersebut akan sulit untuk produktif dan mencapai hasil yang optimal. Lalu, selain mampu untuk berkompromi dengan perbedaan antara satu anggota tim dan lainnya, apa sajakah hal yang bisa menghasilkan teamwork yang baik?

1. Sebuah tim yang anggota, ukuran dan sumber daya yang sesuai dengan tugas yang ingin dicapai

2. Komitmen dari anggota tim untuk mencapai tujuan

3. Tujuan dari tim yang dikomunikasikan dengan jelas. Hal ini sangat penting karena akan menjadi pondasi bagi sebuah tim untuk bergerak

4. Rasa kepemilikan tugas dan perasaan bahwa dirinya bertanggung jawab akan pencapaian

5. Kepemimpinan yang baik dan perhatian pada pembangunan tim

6. Saling berbagi akan usaha yang telah dilakukan dan rencana antar anggota tim. Dengan melakukan hal ini, tim akan saling mengevaluasi langkah yang telah dilakukan. Apa yang bisa disempurnakan, atau apa hal yang harus dihilangkan.

7. Jujur dan apa adanya akan kondisi yang dialami seiring dengan usaha pencapaian goal

Tercapainya 7 poin di atas dapat menghasilkan teamwork yang baik sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan mencapai hasil yang optimal. Adapun kedua hal ini bisa terwujud karena teamwork yang baik memiliki keuntungan, di antaranya:

1. Meningkatnya kepercayaan diri, motivasi, dan kepuasan pribadi pada setiap anggota tim

2. Lebih mudah untuk menyampaikan ide secara jelas melalui diskusi kelompok. Ide-ide yang diutarakan tersebut menghasilkan lebih banyaknya opsi dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

3. Lebih efisien menggunakan sumber daya yang dimiliki, terutama masalah waktu

4. Respon yang lebih efektif terhadap perubahan. Hal ini bisa terwujud karena komunikasi yang sehat dalam tim akan membantu orang dalam tim tersebut untuk beradaptasi menghadapi perubahan yang terjadi.

5. Lebih optimis. Hal ini bisa terjadi karena tim fokus terhadap hasil yang diinginkan bersama dan tidak terlalu menitikberatkan terhadap masalah atau tantangan yang sedang dihadapi

Teamwork mungkin seperti hal yang sederhana namun pada praktiknya teamwork bukanlah hal yang mudah. Memastikan semenjak awal bahwa anggota tim memiliki kapabilitas yang dibutuhkan, mengutarakan tujuan dengan jelas semenjak awal, dan terus menerus mengevaluasi langkah yang telah dilakukan adalah beberapa hal yang bisa terus dilakukan untuk meningkatkan kinerja dalam tim. Selain itu, membudayakan untuk jujur akan segala hal yang dialami adalah hal yang harus dibiasakan. Ingat, tim yang baik akan saling mengisi kekosongan satu dengan lainnya. Awalnya, usaha dalam membangun teamwork yang baik mungkin tidak mudah tapi ketika hal tersebut dapat tercapai, jalan untuk mencapai suatu goal pun akan menjadi lebih ringan.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 21/10/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1157
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 541116
  • Total Employer : 11795