Articles

Mahasiswa, Ini 6 Manfaat Punya Perencanaan Karier sejak Kuliah

Siapa yang ingin melanjutkan kuliah setelah lulus sekolah? Sebagian besar dari kalian pasti ingin menuntut ilmu lebih lanjut di dunia kuliah. Dunia kuliah merupakan tempat kalian belajar ilmu yang akan kalian gunakan saat kerja. Ada ilmu yang bersifat hard skill maupun soft skill. Nah, buat kamu yang baru ingin melanjutkan kuliah atau justru sedang menjalani perkuliahan, perencanaan karier yang terarah dan matang perlu disiapkan, hal ini nantinya akan membawa banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaatnya seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Menambah wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja

Saat kamu merencanakan karier impian, tentu kalian akan berusaha mencari sebanyak mungkin. Apalagi, jika kalian merasa kurang mendapatkan informasi hanya lewat bangku kelas. Manfaat pertama yang kamu akan rasakan adalah wawasan tentang dunia kerja akan lebih luas. Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia kerja, kalian akan banyak mengetahui perkembangan dunia kerja, jenis pekerjaan yang banyak dicari, dan lainnya.

2. Kesempatan untuk mencari tahu passion dan karier impian

Perencanaan karier yang terarah dan matang akan membantu kamu mengetahui passion dan karier impian yang sesungguhnya. Merencanakan karier sejak kuliah juga akan membuatmu paham tentang bidang apa saja yang kamu geluti setelah lulus nanti. Kamu juga bisa menilai apakah bidang yang kamu ambil nanti sudah sesuai dengan jurusan yang kamu ambil saat ini. Dengan perencanaan tersebut, kamu bisa menggali potensi yang ada di dalam diri kalian.

3. Memiliki waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri

Pernah dengar kata mutiara "Lebih cepat lebih baik"? Kalimat tersebut rasanya tepat untuk mempersiapkan perencanaan karier yang terarah dan matang sejak kuliah. Semakin cepat mengetahui karier impian, tentunya kamu punya waktu mempersiapkan waktu lebih banyak. Apalagi jika karier impian kamu perlu skill khusus yang dibutuhkan. Kamu bisa punya waktu untuk mencari referensi dan kegiatan pelatihan yang berhubungan dengan skill tersebut. Sebagai contoh, kamu ingin sekali menjadi programer tetapi jurusan yang kamu pilih tak terlalu berhubungan dengan karier impianmu itu. Dengan begitu, kamu bisa mencari pelatihan-pelatihan tentang programer yang bisa kalian ikuti disela waktu perkuliahanmu.

4. Terbiasa berpikir jauh ke depan

Melakukan perencanaan karier sejak kuliah juga bermanfaat untuk membentuk mindset-mu. Kamu akan terbiasa berpikir untuk merencanakan apapun yang bisa dilakukan untuk mencapai karier impian. Dengan begitu, kamu tak hanya berpikir apa yang dilakukan setelah kuliah seperti rebahan, main media sosial, dan lainnya. Kamu akan terbiasa berpikir jauh ke depan jika sudah biasa merencanakan karier sejak kuliah. Hal tersebut akan membuat kamu lebih matang, siap, dan terarah dalam menghadapi masa depan.

5. Tak merasa kagok dan buntu setelah kuliah

Merencanakan karier setelah kuliah akan membantumu terhindar dari keadaan kagok atau buntu setelah lulus kuliah. Hal itu karena kamu sudah punya perencanaan yang matang sejak kuliah. Dengan perencanaan yang matang, kamu bisa menentukan arah setelah lulus kuliah. Apakah langsung bekerja, ambil kursus lanjutan, atau bahkan melanjutkan ke jenjang S2.

6. Termotivasi untuk cepat lulus dan meniti karier Poin

Jika kamu sudah menetapkan rencana karier yang ingin kamu capai, serta mempersiapkan diri semaksimal mungkin, tentu kamu akan termotivasi untuk segera lulus kuliah. Oleh karena itu, agar kamu bisa langsung mengambil keputusan setelah lulus kuliah, segeralah rencanakan kariermu sejak kuliah.

Sumber : https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/14/19004051/mahasiswa-ini-6-manfaat-punya-perencanaan-karier-sejak-kuliah?page=all

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 21/10/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1157
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 541116
  • Total Employer : 11795