Articles

Tetaplah Positif Saat Mencari Pekerjaan (Part 1)


Berikan Dirimu Waktu untuk Merenung

Sembari mengembangkan kemampuanmu, sibukkan diri dengan menjalani rutinitas adalah awal yang baik untuk membuat dirimu tetap termotivatisi. Namun, jangan lupa untuk sempatkan waktu bersantai dan meluangkan waktu untuk me time di sela-sela rutinitas kesibukkan.

Terkadang yang kamu butuhkan hanyalah waktu untuk menyendiri, agar kamu dapat merenung dan berpikir nasihat apa yang tepat bagi karirmu. Apakah kamu menemui hambatan dalam menemukan jalur karir yang tepat untukmu? Gunakan waktu lowongmu saat sedang mencari pekerjaan seperti saat ini untuk mencari tahu pada bidang apa minat kamu sebenarnya. Pikirkan dengan masak-masak rencana untuk karirmu ke depan dan langkah apa saja yang kamu butuhkan untuk merealisasikan rencaramu tersebut. Tetapi jangan malah terbawa santai. Kembalilah pada rutinitas setelah kamu selesai dengan semua proses refleksi yang kamu butuhkan.

Tetap Aktif

Setelah semua perjalanan dari satu kantor ke kantor yang lain dan job fair yang tiada hentinya kamu datangi, pencarian kerja memang sangat menguras tenagamu. Hal ini seringkali menimbulkan anggapan bahwa proses pencarian kerja layaknya seperti pekerjaan full time dengan semua aktivitas yang ada di dalamnya. Di sisi lain, khususnya bagi pengangguran, pencarian kerja dapat menjadi kesibukan ketika memang tidak ada yang sedang dilakukan, hal ini dapat dijadikan jalan keluar yang baik.

Sangat mudah untuk lalai ketika tanggung jawab tidak menuntutmu untuk bangun pagi, makan dan istirahat secara teratur. Mungkin pada awalnya ini bukan masalah bagi, lebih-lebih ketika kamu sedang dalam tekanan karena studi dan pekerjaan yang membutuhkan perhatian kamu untuk jangka waktu yang panjang dan periode ini dapat kamu jadikan sebagai istirahat. Tetapi, terlalu nyaman dengan situasi ini tidak akan membawa manfaat lebih untukmu. Kenyataannya, tidak melakukan apapun dalam jangka waktu tertentu hanya akan menimbulkan kegelisahan dan frustasi karena kamu akan merasakan sebuah proses yang lambat.

Lebih baik untuk tetap menyibukkan diri. Biarkan pikiran dan tangan untuk tetap aktif melakukan hal-hal yang berguna: lakukan beberapa pekerjaan rumah, berolahraga, ikuti program atau volunteer untuk mendapatkan pengalaman sambal menunggu panggilan dari perusahaan impian. Selesaikan semua kesibukan yang kamu punya walau sekecil apapun itu. Karena kegiatan-kegiatan tersebut dapat membangun harga diri dan percaya diri, serta dapat meringankan kekhawatiran kamu mengenai pekerjaan.


Writer : Riblita Damayanti


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 24/11/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780